10 Penyakit Ini Bikin Kepala Puskesmas Losarang TOBAT
Berdasarkan data 10 besar penyakit di tahun 2018, Kepala Puskesmas Losarang, dr.H.Andri, memanfaatkan halaman Puskesmas sebagai Taman Tanaman Obat Tradisional (TOBAT).
Spread the love

Melihat masalah kesehatan masyarakat di wilayahnya, berdasarkan data 10 besar penyakit di Tahun 2018, Kepala Puskesmas Losarang, dr.H.Andri, memanfaatkan halaman Puskesmas Losarang sebagai Taman Tanaman Obat Tradisional (TOBAT).

Taman TOGA Puskesmas Losarang

Data 10 besar penyakit tahun 2018 di Puskesmas diantaranya:

  1. Hipertensi esensial
  2. ISPA
  3. Gasritis
  4. Skrining antenatal anomali kromosom
  5. Myalgia
  6. Gangguan pembentukan gigi
  7. TBC paru positif
  8. Influenza
  9. HIV
  10. Skrining antenatal
BACA JUGA:  Cegah Resiko Penyakit Degeneratif Puskesmas Losarang Ajak Warga Rutin Olah Raga

Penyakit hipertensi/ darah tinggi berada di peringkat pertama. Hal ini mendasari bahwa masih sedikitnya masyarakat yang mengetahui tentang pemanfaatan tanaman obat tradisional sebagai obat alami untuk pemeliharaan kesehatan serta penanganan dari berbagai macam penyakit.

Kepala Puskesmas menggerakan Uria Sofa, SKM selaku Promotor Promkes untuk melaksanakan kegiatan rutin setiap hari Jum’at pagi, memanfaatkan jenis-jenis obat tradisional seperti tanaman kersem, daun dewa, daun kelor, daun tin, mengkudu, tanaman keciplukan, daun katuk dan lain-lainya, dibuat minuman berupa teh, dan dibagikan kepada pengunjung Puskesmas. Selain pembagian minuman, pengunjung juga diedukasi tentang khasiat dari tanaman obat tradisional ini.

Pengunjung Puskesmas Losarang Melihat Toga

Dengan dukungan tim pelaksana dalam gedung yang juga ikut mengajak pengunjung untuk memanfaatkan minuman teh, diharapkan pengunjung juga tergerak untuk mencoba & menerapkan di rumah masing-masing.

BACA JUGA:  Selaras Dengan Tradisi, Puskesmas Mapaddegat Bentuk Kelompok Asman Toga dan Akupresur

Yang menjadi proritas di Puskesmas yakni Dun Kelor & Daun Tin, karena proses menggunakannya mudah, melalui proses pengeringan melalui penjemuran dengan tidak terkena matahari secara langsung sehingga kandungan yang ada di ke 2 daun tersebut tidak hilang.

Sebagaimana kita ketahui bersama manfaat Daun Kelor & Daun Tin yaitu:

  • Untuk menurunkan tekananan darah tinggi, gula darah yang tinggi bagi penderita diabetes & menurunkan kadar asam urat,
  • Menurunkan berat badan secara alami,
  • Memperbanyak produksi bayi ibu menyusui dan lain sebagainya.

Dengan inovasi semacam ini, diharapkan pengetahuan masyarakat tentang tanaman obat tradisionalmeningkat. Alangkah lebih baik jika kita dapat memanfaatkannya secara benar sehingga dapat digunakan untuk pemeliharaan kesehatan.

BACA JUGA:  Program Prolanis Puskesmas Losarang, Badan Sehat Kualitas Hidup Meningkat

Pembagian Teh Obat Tradisional ke Pengunjung Puskesmas Losarang

Sharing is caring!

(Visited 159 times, 1 visits today)