100% Desa di Kecamatan Cempaka Bentuk Posyandu Remaja

100% Desa di Kecamatan Cempaka Bentuk Posyandu Remaja

Posyandu Remaja merupakan program peduli kesehatan remaja di masyarakat. Di Kabupaten OKU Timur, Posyandu Remaja pertama kali dibentuk di Desa Sukabumi Kecamatan Cempaka pada 2018 lalu.

Posyandu Remaja di Desa Sukabumi juga menjadi salah satu Program Inovasi Desa Kecamatan Cempaka dan tahun 2019 posyandu pertama di OKU Timur itu terpilih menjadi Posyandu Inovatif Program Inovasi Desa Provinsi Sumatera Selatan dan akan dikirim ke tingkat nasional.  

Posyandu Remaja ini dilakukan setiap bulan menyesuaikan waktu remaja karena pelaksanaan Posyandu Remaja dilakukan dari remaja, oleh remaja dan untuk remaja. Pelaksanaan kegiatan Posyandu Remaja dibantu oleh Bidan Desa dan petugas kesehatan sekitar.

Minggu Sehat bersama Posyandu Remaja Ceria

Melihat perkembangan kegiatan Posyandu Remaja di Desa Sukabumi yang berjalan baik, maka 12 desa lainnya di Kecamatan Cempaka berkomitmen untuk membentuk Posyandu Remaja.

Pembentukan Posyandu Remaja ini dilakukan serempak dengan dilakukan kegiatan sosialisasi, penandatanganan komitmen dan pelantikan kader Posyandu Remaja se-Kecamatan Cempaka.

Dalam sambutannya, Camat Cempaka Arisman, S.Sos, MM menyampaikan apresiasi kepada Desa Sukabumi karena telah menjadi penggagas Posyandu Remaja pertama di Kec. Cempaka bahkan di Kab. OKU Timur bahkan telah terpilih sebagai Posyandu Inovatif yang akan dilombakan di tingkat nasional mewakili provinsi sumatera selatan dan berharap desa lainnya bisa ikut membentuk Posyandu Remaja karena bisa menjadi tempat remaja berkegiatan yang positif.

Camat Cempaka Arisman, S.Sos, MM

Pelantikan kader Posyandu Remaja se Kecamatan Cempaka diikuti 65 kader dari 13 desa. Pelantikan dilakukan oleh ibu Lilik Setyorini Feri Antoni selaku wakil ketua TP PKK Kab. OKU Timur.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati OKU Timur Bapak Feri Antoni, Wakil Ketua TP PKK OKU Timur Ibu Lilik Setyorini Feri Antoni, Kepala BNNK OKU Timur, TA PSD Kab. OKU Timur, Camat Cempaka, Polsek Cempaka, Danramil Cempaka, UPTD Puskesmas Cempaka, Bidan Desa, Dompet Dhuafa Sumsel, Pendamping Desa, Kepala Desa dan TP PKK Desa se Kecamatan Cempaka serta kader Posyandu Remaja.

“Saya sangat bangga, Kecamatan Cempaka bisa menjadi pelopor Posyandu Remaja di Kab. OKU Timur dan juga telah dikunjungi oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumsel. Saya berharap Posyandu Remaja bisa menjadi wadah yang postif untuk para remaja. Dan juga selamat kepada Posyandu Remaja Ceria Desa Sukabumi telah terpilih sebagai Posyandu Inovatif mewakili Provinsi Sumatera Selatan” ungkap Lilik.

Lilik Setyorini Feri Antoni, Wakil Ketua TP PKK Kab. OKU Timur

Selain sosialisasi dan pelatikan dilakukan juga serah terima bantuan alat kesehatan yang terdiri dari timbangan, microtoise, pita LILA, meteran, dan tensi meter. Penyerahan simbolis dilakukan Bapak Feri Antoni selaku Wakil Bupati OKU Timur yang berkesmpatan hadir. Beliau menyampaikan ucapan selamat atas pelatikan Kader Posyandu Remaja se Kec. Cempaka. Semoga posyandu remaja menjadi ruang para remaja untuk berekspresi.

Terakhir dilakukan penandatangan komitmen bersama lintas sektoral, dimana dengan ditandatangani itu berarti semua stakeholder terkait siap mensukseskan program Posyandu Remaja di setiap desa.

Penandatanganan Komitmen Bersama Pembentukan Posrem
Yuk Share Postingan Ini:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis