29 Mahasiswa Prodi Kesmas Umitra PBL di Pringsewu Lampung

29 Mahasiswa Prodi Kesmas Umitra PBL di Pringsewu Lampung
Sebanyak 29 mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Umitra akan Praktik Belajar Lapangan di Puskesmas Fajar Mulia mulai 14 Agustus-7 September 2017.

Praktek Belajar Lapangan adalah proses belajar untuk mendapatkan kemampuan profesional di bidang kesehatan masyarakat, yang merupakan kemampuan spesifik yang harus dimiliki oleh seorang tenaga profesi kesehatan masyarakat.

Hal itu diungkapkan oleh sekretaris program studi kesehatan masyarakat , STIKes Umitra, Febria Listina, SKM., MKes. Menurut Febria ada beberapa kemampuan speseifik yang diharpkan diantaranya,  menerapkan diagnosis kesehatan masyarakat yang intinya mengenali, merumuskan dan menyusun prioritas masalah kesehatan masyarakat, mengembangkan program penanganan masalah kesehatan masyarakat yang bersifat promotif dan preventif. Melakukan pendekatan masyarakat, serta bekerja dalam tim multidisipliner.

BACA JUGA:  Bingung Pilih Peminatan Kesmas? Ini Nih Panduan Buat Kamu Mahasiswa Kesehatan Masyarakat

Berkenaan dengan PBL, sebanyak 29 mahasiswa prodi kesehatan masyarakat akan melakukan PBL di wilayah kerja Pringsewu, di Puskesmas Fajar Mulia, selama sebulan penuh, sejak 14 Agustus mendatang.

Sementara  itu, sebanyak 131 mahasiswa akan melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di wilayah kerja Dinkes Kabupaten Sleman di 25 PKM selama 2 minggu.  PKL akan dimulai pada 5 Agustus mendatang.

“Seluruh mahasiswa baik yang mengikuti kegiatan PBL atau pun PKL harus bersungguh-sungguh di lapangan , agar secara umum t mahasiswa lebih mengenal masalah kesehatan masyarakat dan memiliki bekal keterampilan dasar untuk menyelesaikan masalah kesehatan berdasarkan teori yang diperoleh saat kuliah dan menerapkannya di lapangan,” pungkas alumni Umitra itu.

Praktik belajar lapangan (PBL) adalah suatu proses kegiatan untuk
meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memecahkan berbagai masalah
kesehatan masyarakat  langsung di masyarakat dan sekaligus sbg program
pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Prodi Kesehatan
Masyarakat STIKES Mitra Lampung.

BACA JUGA:  ISMKMI Nilai Sejumlah Kampus Langgar Moratorium Pembukaan Prodi Kesmas

PBL merupakan salah satu mata kuliah wajib di Prodi Kesmas yakni 2 SKS yang ditujukan pada mahasiswa reguler semester 5.
Menurut Dian Utama Pratiwi, M.Kes , Ketua PBL Prodi Kesmas Umitra, setelah sebelumnya berlokasi di wilayah kerja Padangcermin Kab. Pesawaran, untuk tahun ini pelaksanaan PBL akan dilaksanakan di Pekon Margosari wilayah kerja Puskesmas Fajar Mulia Pagelaran Kab.
Pringsewu.

“PBL ini nantinya akan diikuti oleh 29 mahasiswa reguler mulai tanggal 14 Agustus – 7 September 2017 dan didampingi oleh 4 dosen pembimbing,” ujar Dian.

Adapun bentuk dari kegiatan PBL ini meliputi kegiatan analisis situasi masalah kesehatan masyarakat melalui survey mawas diri (SMD) selanjutnya mahasiswa menentukan prioritas masalah
kesehatan dan prioritas tsb nantinya akan dimusyawarahkan dlm kegiatan MMD (musyawarah masyarakat desa), hasil dari MMD adalah rencana tindaklanjut (RTL) aksi yang dilakukan bersama masyarakat, aparat pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan petugas kesehatan sehingga masalah kesehatan yang ada di Margosari dapat dilakukan intervensi secara komprehensif.

BACA JUGA:  Peringati HTTS 2018, Mahasiswa Kesmas STIKes Kuningan Aksi Sosial Turun ke Jalan

Sebelum pelaksanaan PBL dilaksanakan, telah dilaksanakan pembekalan PBL pada  28-29 Juli 2017 mulai dari arah dan kebijakan pembangunan kesehatan oleh Ketua STIKes Umitra, Konsep PBL oleh Kaprodi Kesmas, Program kerja Puskesmas oleh Kepala Puskesmas Fajar Mulia, materi SMD, MMD dan RTL serta teknis penyusunan laporan PBL. Sedangkan unsur penilaian PBL meliputi Pembekalan 10%, kegiatan lapangan 50%, penyusunan laporan 20% dan seminar laporan PBL 20%.

Sharing is caring!

(Visited 177 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *