5 Fakta Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Umitra Lampung, No. 2 Paling Spesial!

Buat kamu yang tinggal di daerah Lampung dan sekitarnya, berikut ini 5 fakta yang harus diketahui tentang STIKes Umitra Lampung khususnya Prodi Kesmas.

5 Fakta Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Umitra Lampung, No. 2 Paling Spesial!
Lena Hutasoit

Lena Hutasoit

Mahasiswa Prodi Kesmas STIKes UMITRA Lampung
Lena Hutasoit

Memilih tempat kuliah, berarti menentukan langkah awal kita dalam mewujudkan cita-cita. Karena secara tidak langsung kita akan memilih jurusan yang akan di tekuni selama beberapa tahun sesuai dengan target yang telah ditentukan. Itulah mengapa ada beberapa orang yang pindah tempat kuliah bahkan jurusan juga.

Di era modern seperti sekarang ini, ada banyak cara dalam memilih tempat kuliah dan jurusan, seperti browsing di internet untuk mengetahui tempat kuliah yang kita inginkan,  cari tahu biaya kuliah di kampus tersebut, termasuk aktivitas kegiatan kemahasiswaan serta mitra strategis yang dimiliki kampus tersebut.

BACA JUGA:  Bingung Pilih Peminatan Kesmas? Ini Nih Panduan Buat Kamu Mahasiswa Kesehatan Masyarakat

Nah, buat kamu yang tinggal di daerah Lampung dan sekitarnya, berikut ini 5 fakta yang harus diketahui tentang STIKes Umitra Lampung khususnya Prodi Kesehatan Masyarakat:

Pertama, Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Umitra Lampung dibuka sejak 6 Juni 2001, dengan visinya “Unggul dan berdaya saing bidang Manajemen Kesehatan Masyarakat pada tahun 2017”.

Kedua, Umitra Lampung khususnya Prodi Kesehatan Masyarakat memiliki lima peminatan yang menjadi unggulan yaitu Promosi Kesehatan, Kesehatan Keselamatan Kerja (K3), Epidemologi, Manajemen Pelayanan Kesehatan dan Kesehatan Reproduksi .

Ketiga, aktivitas belajar mengajar di Umitra lampung, khususnya prodi kesehatan masyarakat sejak 2015 sudah menggunakan Kurikulum Nasional Kesehatan Masyarakat. Dan tahun 2016 pertama kali mengikuti Uji Kompetensi Kesehatan Masyarakat di kampus Umitra Lampung.

BACA JUGA:  Stikes Umitra Tuan Rumah Ujikom SKM di Lampung

Ada tiga jenis praktikum mahasiswa kesehatan masyarakat yakni praktik di kampus Umitra (Mata Kuliah Biomedik), Praktik Belajar Lapangan (PBL) langsung ke masyarakat di beberapa kabupaten di Provinsi Lampung dan Pratik Kerja Lapangan (PKL) di Institusi Kesehatan di luar Provinsi Lampung (biasanya di P.Jawa).

Sedangkan aktivitas organisasi mahasiswa kesehatan masyarakat bernaung di bawah organisasi internal di STIKES UMITRA yakni Himpunan Mahasiswa Kesehatan (HIMAKES) dan juga bergabung di organisasi eksternal kampus menjadi Penggerakan Anggota Muda IAKMI (PAMI) Lampung.

Keempat, mengenai biaya kuliah di STIKes Umitra Lampung tidak jauh berbeda dengan kampus kesehatan lainnya. Mahasiswa bisa memilih sistem pembayaran langsung full satu semester atau biaya perbulan menyesuaikan kondisi keuangan orang tua/mahasiswa.

BACA JUGA:  Catatan Mahasiswa Umitra Lampung: Jalan Panjang Menjadi Seorang Tenaga Kesehatan Masyarakat

Kelima, hal yang perlu lebih diketahui kawan-kawan yaitu Prodi Kesehatan Masyarakat di Umitra Lampung adalah memiliki kerjasama dalam negeri diantaranya dengan Pemda Kab. Sleman Yogyakarta, Pemda Kab. Pringsewu, Kab. Pesawaran, Kab. Lampung Tengah, Kota Bandar Lampung, Kota Metro dan beberapa RS Pemerintah dan juga RS Swasta. Untuk kerjasama luar negeri STIKes Umitra bermitra dengan beberapa kampus di Filipina dan Malaysia.

Demikianlah sedikit informasi mengenai kampus Umitra Lampung khususnya Prodi Kesehatan Masyarakat yang tertarik untuk kuliah dibidang kesehatan.

Sharing is caring!

(Visited 184 times, 1 visits today)

Author: Lena Hutasoit

Mahasiswa Prodi Kesmas STIKes UMITRA Lampung

One thought on “5 Fakta Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Umitra Lampung, No. 2 Paling Spesial!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *