5 Orang Staf Puskesmas Krangkeng Ikuti Pelatihan Keluarga Sehat

6 Orang Staf Puskesmas Krangkeng Ikuti Pelatihan Keluarga Sehat
Program Indonesia Sehat dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan.

Program Indonesia Sehat dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan.

Pelaksanaan Program Indonesia Sehat diselenggarakan melalui pendekatan keluarga yang diintegrasikan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan dengan target keluarga. Berdasarkan data dan informasi dari Prokesga (Profil Kesehatan Keluarga).

BACA JUGA:  Terimakasih, Puskesmas Krangkeng Indramayu Emang Luar Biasa!

Pendataan Profil Kesehatan Keluarga

Dalam upaya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan di Kabupaten/Kota, UPTD Pelatihan Kesehatan Dinkes Provinsi Jawa Barat melaksanakan Pelatihan Keluarga Sehat Periode IV Angkatan 20, yang dilaksanakan pada 13-15 September 2018, di Balai Pelatihan Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

Adapun peserta kegiatan pelatihan kali ini diikuti oleh perwakilan 6 Puskesmas di wilayah Kabupaten Indramayu (Puskesmas Bongas, Babadan, Krangkeng, Cikedung, Cipancuh dan Drunten Wetan), 5 orang perwakilan dari masing-masing puskesmas,ditambah 3 orang dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

Kunjungan ke Puskesmas Sukajadi Bandung

Narasumber pelatihan yaitu dari Tim TOT Keluarga Sehat Dinkes provinsi Jawa Barat dan MOT dari Upelkes Dinkes provinsi Jawa Barat sebagai panitia penyelenggara.

Materi Pelatihan diantaranya:

  • Kebijakan PIS-PK
  • 12 Indikator KS
  • Komunikasi Efektif
  • Manajemen Pendekatan Keluarga
  • PKL di Puskesmas Sukajadi kota Bandung
  • Presentasi hasil PKL dan RTL
BACA JUGA:  Peluang dan Tantangan Puskesmas dalam Menangani Masalah Rokok Dalam Kacamata PIS PK

Setelah mengikuti pelatihan, diharapkan adanya persamaan persepsi tentang PIS-PK (Pendataan, Entry Data), dapat mengaplikasikannya pada masyarakat, mampu menganalisa dan memecahkan masalah kesehatan yang ada di wilayah kerja nya, serta adanya evaluasi dan outcome pada masyarakat sesuai dengan harapan.

Terimakasih sebesar-besarnya kami ucapkan kepada Bapak Uus Sukmara, SKM, MM, IBu Warti, S.Kep.Ners., Bapak dr. Ahmad, MMRS, Ibu Wiwin Winarsih. S.Kep.Ners. Msi, Bapak Taufik Hilmi, SKM selaku narasumber atas ilmu yang disampaikan kepada kami. Juga kepada semua pihak yang terlibat sehingga kami perwakilan dari Puskesmas Krangkeng dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Praktek Lapangan PIS-PK

Sharing is caring!

(Visited 118 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *