8 Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan, Nomor 2 Paling Kusuka
Suka sulit tidur, stress akibat kerja, ternyata dengan rutin bersepeda hal tersebut dapat berkurang. Berikut ini 6 manfaat bersepeda yang perlu anda tahu.

Saya adalah seorang wanita pekerja kantoran, selain itu saya merupakan ibu rumah tangga yang tidak memiliki asisten rumah tangga untuk menyelesaikan pekerjaan rumah saya. Ada suami yang siap membantu, meski begitu tidak jarang saya mengalami kewalahan, harus membagi waktu antara mengurus pekerjaan rumah, mengurus keluarga serta saat saya bekerja di kantor. Hingga akhirnya pernah pekerjaan rumah saya menumpuk, karena saya tidak bisa membagi waktu saya dan stress pun menghampiri.

Saya teringat dengan sepeda saya yang lama tidak saya pakai, dengan bantuan suami untuk membersihkannya, sepeda itupun kembali siap digunakan.

Saya memulai membagi waktu, kapan saya harus bekerja di kantor (sesuai jadwal kantor saya), kapan saya menyelesaikan tugas saya sebagai ibu rumah tangga, dan kapan saya bisa mengurus keluarga saya. Hingga akhirnya saya bisa menggunakan sepeda saya lagi untuk berolah raga.

Dalam waktu seminggu saya bisa bersepeda 2-3 kali dengan lama waktu 60 menit bersepeda. Ada perberubahan saya rasakan, salah satunya adalah kualitas tidur saya yang sering sekali terbangun ditengah malam 1-3 kali setiap malamnya karna terbiasa terjaga sejak anak saya yang pertama lahir, hingga saat ini anak saya yang kedua. Hal itu mambuat saya merasa tidak segar, karena kurang tidur.

Selain itu, stress saya berkurang. Ketika ada pekerjaan saya yang belum terselesaikan maka saya langsung mengerjakan tanpa ada beban pikiran apapun.

Oleh karena saya penasaran dengan dampak positif dari bersepeda, maka saya pun membaca beberapa artikel tentang manfaat bersepeda, diantaranya :

1. Meningkatkan kekuatan otot

Manfaat bersepeda dapat banyak dirasakan tubuh karena hampir semua anggota tubuh dan otot yang terlibat saat Anda bersepeda. Jika dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

2. Meredam stres

Manfaat olahraga sepeda lainnya adalah tubuh akan mengeluarkan hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memicu rasa nyaman dan suasana hati yang positif. Selain itu, endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit. Timbulnya rasa nyaman dalam tubuh otomatis akan membuat pikiran Anda lebih tenang. Ketenangan pikiran ini ditambah dengan pemandangan baru yang Anda dapatkan saat bersepeda. Kondisi ini membuat penurunan tingkat stres dalam tubuh akan makin terasa.

3. Menjaga berat badan ideal

Manfaat bersepeda yang paling besar adalah membuat kinerja kardiovaskular dan otot Anda menjadi kian optimal. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif, kardiovaskular yang baik dan otot terlatih adalah meningkatnya metabolisme tubuh dan pembakaran kalori.

Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Kombinasikanlah kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan gizi seimbang, untuk mencegah dan mengatasi kegemukan.

4. Menurunkan risiko kanker

Sebuah studi mengungkapkan, bahwa manfaat olahraga sepeda yang bisa didapatkan adalah mengurangi risiko kanker. Studi itu menujukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal.Studi lain juga menunjukkan bahwa manfaat bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

5. Menurunkan risiko diabetes

Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab diabetes. Bersepeda adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat bersepeda lebih dari 30 menit per hari memiliki risiko lebih rendah untuk terkena diabetes.

6. Mengatasi insomnia

Bagi Anda yang mengalami insomnia, manfaat olahraga sepeda dipercaya mengatasi gangguan yang Anda alami. Cobalah bersepeda selama 20-30 menit setiap 2 hari sekali. Dengan begitu waktu tidur Anda akan datang lebih cepat. Sedangkan, manfaat sepeda di pagi hari ketika matahari yang belum terlalu terik dapat membantu jam biologis kembali normal, serta menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.

Meski begitu, saya pun tidak menghindari bersepda di saat sore. Karena bersepeda di sore haripun dapat membuat saya merasa senang, apalagi menuju tempat yang indah untuk melihat sunset seperti yang saya lakukan bersama teman teman saya ini.

Yuk , cintai dirimu dengan olah raga yang kamu suka, gak perlu mahal , cukup luangkan waktu mu.

Sharing is caring!

(Visited 70 times, 1 visits today)