You are here
Home > Inspirasi Kesmas > 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Gabung di Pencerah Nusantara

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Gabung di Pencerah Nusantara

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Gabung di Pencerah Nusantara

Sharing is caring!

Artikel ini Ditulis Oleh:
Ramadhan, S.Sos
Sosiolog @ Pencerah Nusantara Batch 4
Penempatan Mamuju Utara

Bagi kebanyakan orang, masa muda adalah masa terbaik dalam kehidupan. Banyak energi dan gairah yang kita miliki di usia sekarang ini. Lantas, bagaimana kita menggunakan kesempatan yang menakjubkan ini?

Berbuat dan menularkan kebaikan adalah salah satu cara yang tepat untuk menikmati masa muda kita, agar masa muda kita bisa berdampak bagi orang lain. Nah, Pencerah Nusantara merupakan salah satu jalannya!

Pencerah Nusantara adalah wadah kolaborasi anak muda dari berbagai latar belakang ilmu, yang bertujuan untuk memberdayakan potensi masyarakat dalam memperkuat sistem pelayanan kesehatan primer yang berkelanjutan.

Atas eksistensi dan keberhasilan program ini dalam mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan primer, program ini berhasil mendapatkan Silver Award untuk Open Government Awards 2015 yang mengalahkan 30 negara lainnya. Tak ayal, akhirnya banyak anak muda Indonesia yang tertarik untuk mengikuti program berkelas ini.

BACA JUGA:  Catatan Pencerah Nusantara 4: Optimisme Kesehatan Masyarakat Desa

Berikut 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Gabung di Pencerah Nusantara:

  1. Ajang Pembuktian Diri

Perjalanan menjadi seorang Pencerah Nusantara bukan lah hal yang mudah, bisa dikatakan program ini sangat kompetitif. Namun, bagi kamu yang mempunyai kompetensi dan kualitas diri yang baik, ini adalah jalan untuk menguji sejauh mana diri kamu bisa berdampak positif bagi orang lain!

Setiap tahun, pendaftar PN meningkat secara signifikan, bahkan pada seleksi gelombang 4 di tahun 2016 kemarin, meningkat menjadi 2.400an pendaftar, lho!

Melalui tes online, psikotes, Focus Group Discussion (FGD), dan wawancara oleh tim professional, selanjutnya akan terpilih lah tim Pencerah Nusantara. Silahkan persiapkan dirimu lebih matang ya!

  1. Indonesia Memanggilmu!

Dengan wilayah yang luas disertai banyak sekali tantangan, baik secara ekonomi, sosial, politik, budaya, dan geografis,  membuat banyak daerah di Indonesia masih tergolong Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK).

Sebagai anak muda professional, ini menjadi kesempatan untuk mengabdikan diri kamu kepada ibu pertiwi. Meningkatkan rasa nasionalisme kamu untuk membantu menuangkan ide-ide brilian demi menyelesaikan masalah kesehatan dan menjadi katalisator untuk mendorong perubahan sosial di daerah tersebut.

  1. Kolaborasi Interprofesi
BACA JUGA:  Catatan Pencerah Nusantara 4: Optimisme Kesehatan Masyarakat Desa

Walaupun Pencerah Nusantara berfokus pada isu kesehatan, namun tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang tidak punya latar belakang kesehatan untuk bergabung di Pencerah Nusantara. Karena, Pencerah Nusantara percaya bahwa masalah kesehatan tidak hanya bisa diselesaikan dengan tenaga medis saja namun harus dengan lintas ilmu dan sektor.

Melalui Pencerah Nusantara kita akan mengabdi sebagai sebuah tim profesional muda interprofesi. Memberikan kontribusi melalui sudut ilmu kita masing-masing. Sungguh menarik, bukan?

  1. Aktualisasi ilmu

Pencerah Nusantara dapat menjadi jalan untuk memanfaatkan dan menerapkan ilmu pengetahuan yang ditimba semenjak kuliah. Selain itu, kita dapat memberikan sumbangsih besar bagi kehidupan masyarakat. Yakin lah, sekecil apapun Ilmu yang kita miliki, dapat memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang dialami.

  1. Mengenal Indonesia lebih dekat

Kita butuh keberanian untuk meninggalkan zona nyaman dan melangkahkan kaki ke titik-titik daerah tertentu. Dengan bergabung di Pencerah Nusantara, kita akan difasilitasi untuk ditempatkan di sebuah daerah yang jauh dari sudut pandang ibukota. Kita akan mengenal Indonesia lebih dekat dengan masyarakat dan budaya yang berbeda, sehingga memperkaya wawasan dan sudut pandang kita.

  1. Kompetensi Meningkat
BACA JUGA:  Catatan Pencerah Nusantara 4: Optimisme Kesehatan Masyarakat Desa

Selain hardskill, Pencerah Nusantara memberikan kita kesempatan untuk “mengeluarkan” dan “memoles” softskill yang kita punya selama ini. Kegiatan-kegiatan yang akan dijalankan selama mengikuti Pencerah Nusantara akan melatih kita untuk mampu mengelola emosi, lebih percaya terhadap diri kita sendiri, mampu melakukan komunikasi dan advokasi, kritis melihat hal-hal kecil dan menjadi pemimpin yang dapat diandalkan.

  1. Memperkuat Modal Sosial

Norma-norma dan nilai-nilai yang berkembang di masyarakat membentuk kekuatan bagi diri kita ketika dipelajari. Bertemu dengan ragam masyarakat dan saling tukar menukar kebaikan akan memperluas jaringan dan kolaborasi sosial bagi kita sehingga akan lahir kepercayaan dan empati.

  1. Training yang Komprehensif

Setelah lulus menjadi Pencerah Nusantara, kamu akan mengikuti training selama 6 sampai 7 minggu di Jakarta. Kamu akan dibekali berbagai ilmu-ilmu baru dengan metode baru yang bahkan belum kamu dapatkan di bangku kuliah selama ini. Tidak hanya di dunia medis, bagi yang non medis kamu juga akan fasilitasi belajar lebih dalam di latar belakang ilmu kamu sendiri. Menyenangkan ya?

Yuk, Tunjukkan Baktimu, Mulai Aksimu! Jadilah Pencerah Nusantara!

 

Sharing is caring!

(Visited 805 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top