96 Mahasiswa Kesmas STIKKu Beri Obat Cacing ke Siswa PAUD, TK, SD di Desa Jambar

96 Mahasiswa Kesmas STIKKu Beri Obat Cacing ke Siswa PAUD, TK, SD di Desa Jambar
Adanya keterlibatan mahasiswa dalam program Puskesmas Nusaherang tersebut merupakan salah satu implementasi praktik lapangan dalam mata kuliah Promosi Kesehatan pada mahasiswa semester 4 Prodi Kesehatan Masyarakat.

Kuningan, Senin, 29 April 2018, sebanyak 96 orang mahasiswa semester 4 Program Studi Kesehatan Masyarakat, STIKes Kuningan (STIKKU) Jawa Barat dilibatkan dalam program pemberian obat cacing di Desa Jambar, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan.

Pemberian obat cacing dilakukan di seluruh Posyandu, PAUD, TK dan Sekolah Dasar (SD) yang ada di Desa Jambar, yang menjadi salah satu wilayah kerja dari Puskesmas Nusaherang.

BACA JUGA:  Pengabdian Masyarakat, Prodi Kesmas STIKes Kuningan Edukasi Kesehatan Murid SD dan Ponpes

Adanya keterlibatan mahasiswa dalam program Puskesmas Nusaherang tersebut merupakan salah satu implementasi praktik lapangan dalam mata kuliah Promosi Kesehatan pada mahasiswa semester 4 prodi kesehatan masyarakat.

Harapannya, mahasiswa dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah diperoleh mengenai promosi kesehatan serta merasakan secara langsung bagaimana peran seorang petugas kesehatan dalam menjalankan tugasnya di lapangan.

Hal ini tentu diharapkan dapat meningkatkan soft skill mahasiswa dalam melakukan komunikasi langsung dengan masyarakat serta mahasiswa belajar bagaimana melakukan upaya persuasif kepada anak-anak sehingga mereka mau mengkonsumsi obat cacing.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi bagian dari integrasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya di bidang pengabdian masyarakat.

Selama ini, STIKes Kuningan sudah menjalin kerja sama yang baik dengan Puskesmas Nusaherang yang dipimpin oleh Bapak Ade Saprudin, SKM, MKM karena Puskesmas Nusaherang juga menjadi salah satu lahan praktik magang bagi mahasiswa prodi Kesehatan Masyarakat.

BACA JUGA:  Penguatan Sistem Manajemen Pengelolaan Limbah Untuk Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup

Semoga program ini dapat terus berjalan dengan baik sehingga prevalensi penyakit yang disebabkan oleh cacing dapat menurun.

Sharing is caring!

(Visited 184 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *