You are here
Home > Inspirasi Kesmas > Abe, Penempatan Ende: Bagi saya Pencerah Nusantara itu Pembelajaran!

Abe, Penempatan Ende: Bagi saya Pencerah Nusantara itu Pembelajaran!

Abe, Penempatan Ende, Bagi saya Pencerah Nusantara itu Pembelajaran

A post shared by Kesmas-ID (@kesmas.id) on

Hai! Saya Abe, PN Angkatan 1 penempatan Ende. Sehari-hari saya bekerja di Direktorat Kesehatan & Gizi Masyarakat Bappenas.

Bagi saya Pencerah Nusantara itu pembelajaran. Memahami permasalahan Kesehatan masyarakat itu tidak bisa hanya dari balik meja, tapi harus terjun ke masyarakat.

Salam pencerah!


SEKILAS PROFIL ALUMNI PENCERAH NUSANTARA!

Nur Akbar Bahar
Ahli Kesehatan Masyarakat

Akrab disapa Abe, pria yang tampak muda ini ternyata sudah menyandang gelar Master dalam bidang Epidemiologi dari Universitas Hasanuddin. Pria yang kemana-mana menenteng kamera SLR ini pernah mendapatkan beasiswa dari Bakrie Center Foundation, PT. Pertamina dan Universitas Hasanuddin. Abe pun aktif berorganisasi di Himpunan Mahasiswa Epidemiologi dan Tobacco Control Youth Community.

BACA JUGA:  Mendunia Usai menjadi Pencerah Nusantara

Alasan Abe bergabung sederhana; ia ingin melihat semua masyarakat Indonesia tanpa terkecuali dapat menikmati pelayanan kesehatan. Ia pernah bekerja paruh waktu di Akademi Kebidanan Sandi Karsa Makassar sebagai dosen tidak tetap dan paruh waktu di Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (staf program kesehatan anak). Di luar hal tersebut di atas, Abe ternyata jago desain dan membuat film.

daftar pencerah nusantara 6

Dengan latar belakang Epidemiologi, Abe sangat tertarik dengan dunia riset. Pengalaman di Pencerah Nusantara memberikannya banyak pelajaran dan membuat kemampuan Abe makin terasah dalam menginisiasi sebuah riset. Sebelum pengabdian, Abe dilibatkan dalam pembekalan di Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FK-UI sebagai salah satu partner dalam mendidik dan melatih para Pencerah Nusantara sebelum ke lokasi penugasan. Dari sini Abe mulai terlibat banyak diskusi dengan pengajar di departemen ini hingga akhirnya mendapat tawaran untuk menjadi staf pengajar di FK-UI. Kini, Abe ingin kembali mengasah kemampuan saya dalam dunia riset kesehatan dengan bergabung menjadi staf riset di Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

BACA JUGA:  Mau Lolos Seleksi Tahap 1 Pencerah Nusantara? Ikuti 6 Tips Ini!

Sumber pencerahnusantara.org

Sharing is caring!

(Visited 65 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top