Ada yang Beda di Kelas Ibu Hamil Puskesmas Krangkeng Kali Ini, Cari Tahu Yuk!

Selasa, 15 Mei 2018, sebanyak 30 orang ibu hamil mengikuti Kelas Ibu Hamil yang diselenggarakan oleh Puskesmas Krangkeng, Indramayu.

Kelas Ibu Hamil ini termasuk salah satu program inovasi yang dikembangkan oleh Puskesmas Krangkeng Kabupaten Indramayu, Menyapa Masyarakat, “Nyasar”, jika sebelumnya dilakukan melalui kegiatan Posyandu, kini program ini dilakukan melalui kegiatan Kelas Ibu Hamil.

Bertempat di Aula Kantor Desa Singakerta, Kegiatan Kelas Ibu Hamil kali ini diikuti langsung oleh Bapak Camat Krangkeng, Drs. H. Masroni, dan Ibu dr. Hj.Sri Tasrini, MM, selaku Kepala Puskesmas Krangkeng.

BACA JUGA:  Pelaksanaan Imunisasi MR di SMPN 1 Krangkeng Indramayu

Dalam kesempatan ini, Bapak Drs. H. Masroni menyampaikan tentang pentingnya menjaga kehamilan agar bayi dan ibu sehat dan selamat.

Sebagai narasumber yaitu staf Promkes Puskesmas Krangkeng, Neneng Nurhayati, SKM dan Bidan Puskesmas Krangkeng, Iim Parmiati, Indrawati, Ety Jayanti dan Siska Juwita Sari.

Dalam acara kali ini, dibagi 3 kelas yaitu Kelas Ibu Hamil Trimester 1 (usia kehamilan 4-12 minggu), Trimester II (usia kehamilan 13-24 minggu), dan trimester III (usia kehamilan 25- 36 minggu atau menjelang persalinan).

Tujuan kelas ibu hamil diantaranya meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos / kepercayaan / adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran.

BACA JUGA:  PJ Promkes Sosialisasikan BPJS PBI APBD Kepada Pengunjung Puskesmas Krangkeng

Adapun keuntungan dengan mengikuti kelas ibu hamil adalah materi diberikan secara menyeluruh dan terencana, penyampaian materi lebih komprehensif karena diberikan sesuai kebutuhan ibu hamil sesuai usia kandungannya.

Materi pertemuan pada kelas ibu hamil terbagi dalam pertemuan pertama (Trisemester 1) mengenai hehamilan, perubahan tubuh dan keluhan yang membahas tentang apa kehamilan itu, perubahan tubuh ibu selama kehamilan, keluhan umum saat hamil dan cara mengatasinya, perawatan kehamilan yang membahas kesiapan psikologis menghadapi kehamilan, hubungan suami istri selama kehamilan, obat yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, tanda-tanda bahaya kehamilann dan perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K).

Materi kelas Trimester 2 meliputi persalinan yang membahas tanda-tanda persalinan, tanda bahaya persalinan, proses persalinan. Materi perawatan nifas yang membahas apa yang dilakukan ibu nifas agar dapat menyusui ASI ekslusif, bagaimana menjaga kesehatan ibu nifas, tanda-tanda bahaya dan penyakit ibu nifas dan KB pasca persalinan

BACA JUGA:  Ini Dia Koper Kawan Puskesmas Krangkeng Kabupaten Indramayu

Materi kelas Trimester 3 meliputi perawatan bayi perawatan bayi baru lahir (BBL), pemberian K1 injeksi pada BBL, tanda bahaya bayi baru lahir (BBL), pengamatan perkembangan bayi/anak, Pemberian imunisasi pada BBL. Materi berikutnya tentang mitos yaitu penggalian dan penelusuran mitos yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak.Selanjutnya penyakit menular yang meliputi Infeksi menular seksual (IMS), Informasi dasar HIV/AIDS dan tentang pentingnya akte kelahiran.

Harapannya dengan diselenggarakan kegiatan Kelas Ibu Hamil ini dapat menurunkan AKI dan AKB, adanya interaksi dan berbagi pengalaman antar peserta (ibu hamil dengan ibu hamil) dan ibu hamil dengan bidan/ tenaga kesehatan tentang kehamilan, persalinan, nifas dan perawatan bayi serta mitos/ kepercayaan/ adat istiadat setempat.

Sharing is caring!

(Visited 336 times, 1 visits today)

2 thoughts on “Ada yang Beda di Kelas Ibu Hamil Puskesmas Krangkeng Kali Ini, Cari Tahu Yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *