You are here
Home > Berita Kesehatan > Agar Jamaah Haji Terhindar Penyakit Kolera, Praktekan Cara Ini!

Agar Jamaah Haji Terhindar Penyakit Kolera, Praktekan Cara Ini!

Agar Jamaah Haji Terhindar Penyakit Kolera, Praktekan Cara Ini

Musim haji kini sudah semakin dekat dan akan terjadi pada bulan September 2017 mendatang. Untuk itu World Health Organization (WHO) memperingatkan untuk Jamaah Haji terkait dengan wabah penyakit kolera.

Himbauan atau peringatan terhadap Jamaah Haji itu diberikan karena letak Yaman bersebelahan dengan Arab Saudi. Seperti diketahui hingga saat ini terdapat sekitar 322.000 ribu orang yang menderita penyakit kolera di negara Yaman. WHO sendiri mencatat setiap harinya diperkirakan ada 5000 kasus baru terkait penyakit yang satu ini.

Kondisi ini pun kini tengah menjadi perhatian dunia khususnya pemerintahan Indonesia. Pernyataan ini juga disampaikan oleh Direktur Pencegahan dan Pegendalian Penyakit Manular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Wiendra Waworontu.

BACA JUGA:  2.432 Puskesmas Indonesia Ramah Lansia

Menkes pun dengan kejadian ini mengingatkan para Jamaah Haji dari Indonesia untuk tetap waspada dengan penyakit kolera ini dengan selalu menjaga kesehatan ketika menunaikan ibadah haji. ‘WHO telah memperingatkan terkait adanya wabah penyakit kolera saat musim haji mendatang. Dikatakan seperti itu karena letak Yaman berdekatan dengan Arab Saudi, oleh sebab itu jamaah diminta untuk tetap waspada’ ujarnya saat dutemui di Gedung Kemenkes, Jakarta pada Selasa, 25 Juli 2017.

Sementara itu diketahui jika penyakit kolera ini ada karena disebabkan oleh bakteri vibro kolera. Bakteri tersebut akan masuk melaui makanan ataupun minuman yang terkontaminasi sehingga akan menimbulkan infeksi saluran pencernaan manusia.

Namun jangan khawatir supaya terhindar dari penyakit kolera ini bisa dilakukan dengan sejumlah cara. Cara tersebut diantaranya mencuci buah-buahan dan sayuran dengan air mengalir sebelum dikonsumsi, rajin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan makan makanan matang serta hindari makanan mentah atupun setengah matang.

BACA JUGA:  Cegah Kanker Serviks, Kemenkes Dorong Vaksinasi Nasional

Kemudian ada lagi yakni dengan minum dari botol kemasan atau air yang telah dimasak, tutup makanan dan minuman yang telah tersedia dan mencuci pakaian serta minuman yang tersedia. Selanjutnya yakni dengan rajin berwudhu, selalu menggunakan masker yang bersih, menjaga kebersihan tempat penginapan, memeriksa tanggal kadaluarsa makanan atau minuman dan melakukan vaksinasi kolera.

Cara itulah yang tentunya bisa dilakukan oleh Jamaah Haji untuk mencegah penyakit kolera masuk ketubuh. Paling penting ialah menjaga dan menyeleksi makanan atau minuman yang akan dikonsumsi karena bakteri penyakit kolera masuk melalui makanan dan minuman.

Sumber indowarta.com

Sharing is caring!

(Visited 18 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top