Akreditasi Puskesmas, Ini Harapan Kepala Dinkes Barito Utara
Tujuan akreditasi puskesmas ini untuk meningkatkan mutu pelayanan puskesmas yakni memacu puskesmas untuk memenuhi standar yang ditetapkan.

Akreditasi penting bagi puskesmas untuk berikan peningkatakan pelayanan kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara (Barut), Robansyah menjelaskan, saat in ada enam dari 16 Puskesmas di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah dijadwalkan pada September dan Oktober 2017 untuk disertakan akreditasinya.

Robansyah menambahkan, ¬†nantinya puskesmas akan disurvei atau dinilai oleh tim survei penilai akreditasi dari Pusat guna mendapat akreditasi puskesmas di daerah ini. “Tahun ini enam puskesmas tersebut akan dinilai, apakah dalam penyelenggaraan pelayanan dan upaya pokok sesuai standar yang ditetapkan atau tidak,” kata Robansyah.

BACA JUGA:  Ini Pentingnya Akreditasi Puskesmas

Menurut Robansyah, enam puskesmas yang akan diakreditasi itu antara lain Puskesmas Muara Teweh, Puskesmas Lanjas, Puskesmas Kandui Kecamatan Gunung Timang, Puskesmas Butong Kecamatan Teweh Selatan, Pusekesmas Sikui Kecamatan Teweh Baru dan Puskesmas Lemo Kecamatan Teweh Tengah.

Akreditasi puskesmas adalah proses penilaian eksternal oleh komisi akreditasi terhadap puskesmas untuk dinilai apakah sistem manajemen mutu atau sistem penyelenggara pelayanan apakah sesuai standar yang ditetapkan.

“Jadi yang menilai atau mengakreditasi puskesmas merupakan komisi atau tim yang memang sudah dilatih khusus menjadi penilai apakah sebuah puskesmas lulus akreditasi atau tidak,” kata Robansyah.

Robansyah menjelaskan, tujuan akreditasi puskesmas ini untuk meningkatkan mutu pelayanan puskesmas yakni memacu puskesmas untuk memenuhi standar yang ditetapkan.

BACA JUGA:  Kesehatan Lingkungan Puskesmas dan Masyarakat

Selain itu menetapkan strata akreditasi puskesmas yang telah memenuhi standar yang ditentukan dan memberikan jaminan kepada petugas puskesmas bahwa pelayanan kepada pelanggan atau masyarakat yang diberikan telah sesuai standar serta terbinanya puskesmas dalam rangka memperbaiki sistem pelayanan, mutu dan kinerja.

“Semoga dengan adanya akreditasi ini akan membuat kelas Puskesmas menjadi naik pamor. Bukan karena peralatannya saja, melainkan juga pelayanan kepada masyarakat dan orientasi terhadap kepuasan pelanggannya,” jelas Robansyah, seperti dilansir Antara, Kamis (27/04/2017).

Sementara Bupati Barito Utara, Nadalsyah mengatakan pemerintah daerah telah membuat surat keputusan Bupati setempat Nomor 64 tahun 2015 tentang tim pendamping akreditasi puskesmas.

“Diharapkan tim bisa membimbing, mendampingi tim akreditasi puskesmas dalam mempersiapkan dokumen manajemen puskesmas, dokumen upaya kesehatan perseorangan dan dokumen upaya kesehatan masyarakat,” tandas Nadalsyah.

BACA JUGA:  Dinkes Kolaka Utara Selenggarakan Workshop Dalam Rangka Penilaian Akreditasi Puskesmas 2018

SUMBER

Sharing is caring!

(Visited 388 times, 1 visits today)