“Aku Keren Tanpa Rokok”, Pesan Nusantara Sehat Untuk Pelajar di Kahakitang

Tema itu diangkat karena melihat adanya stigma bahwa merokok itu keren dan tidak merokok tidak keren di anak muda sekarang khususnya di wilayah kerja kami.

Rokok sudah menjadi masalah laten di negeri ini. Merokok sudah menjadi hal biasa yang dilakukan oleh orang Indonesia karena saking murahnya.

Hampir semua orang Indonesia baik dari yang paling muda hingga tua juga sudah terpapar oleh iklan rokok. Itu membuat angka perokok terus meningkat dan hingga tahun 2013 sudah ada 70 juta perokok aktif di negara ini. Mirisnya, 10 juta nya itu adalah perokok anak (dibawah 17 tahun).

BACA JUGA:  Gabung di Nusantara Sehat, Bukanlah Satu Pekerjaan, Tapi Ini Pengabdian!

Industri rokok terus melakukan berbagai cara untuk mempromosikan produknya yang mematikan itu, mulai dari iklan rokok, sponsor acara musik olahraga hingga pemberian beasiswa.

Menurut WHO diperkirakan jumlah perokok Indonesia pada 2025 akan mencapai 90 juta perokok aktif atau 45% dari jumlah penduduk di negara ini.

Melihat kondisi tersebut kami dari Tenaga Nusantara Sehat Individu penempatan Puskesmas Kahakitang, melakukan penyuluhan dengan tema “Aku keren Tanpa rokok” sekaligus dalam rangka merayakan hari tanpa tembakau.

Tema itu diangkat karena melihat adanya stigma bahwa merokok itu keren dan tidak merokok tidak keren di anak muda sekarang khususnya di wilayah kerja kami.

Penyuluhan dilakukan dengan sasaran anak-anak usia remaja di 3 SMP yaitu SMP Pulau Kahakitang, SMP Pulau Kalama, SMP Pulau Para dan 1 SMA Pulau Kahakitang. Materi penyuluhan yang kami berikan menggunakan bahan-bahan dari komunitas “smoke free agents” dan “Komisi Pengendalian Tembakau Nasional”

BACA JUGA:  Atasi Gizi Buruk, Alumni Nusantara Sehat Siap Tugas ke Asmat!

Sebelum penyuluhan dimulai, diadakan games kejujuran 5 jari dari games itu untuk mencari tahu siapa saja yang sudah pernah merokok. Dari games itu ditemukan hampir di tiap sekolah ada siswanya perokok dan alasan dari mereka mulai merokok sama yaitu untuk terlihat keren dan ajakan dari teman atau seniornya.

Di penyuluhan ini berisi tentang liciknya industri rokok menjadikan anak remaja target konsumennya hingga materi tentang bahaya akibat dari merokok. Dari penyuluhan ini kami membuat gerakan bersama yaitu melalui kampanye selfie dengan tulisan yang berisi kalimat bahwa tidak merokok itu lebih keren.

Gerakan bersama ini bermaksud agar mereka juga saling mengingatkan ke sesama temannya untuk tidak merokok atau berhenti merokok. Selain itu, gerakan ini juga dimaksudkan untuk menyampaikan pesan ke seluruh dunia khususnya industri rokok bahwa anak-anak di wilayah Puskesmas Kahakitang #TOLAKJADITARGET INDUSTRI ROKOK!

BACA JUGA:  Mari Kaka Kitorang Patungan Untuk Asmat!

SELAMAT HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA!

Sharing is caring!

(Visited 80 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *