You are here
Home > Skripsi KesMas > Analisis Perencanaan Pengadaan Logistik Obat di Dinkes Kab Donggala Sulteng

Analisis Perencanaan Pengadaan Logistik Obat di Dinkes Kab Donggala Sulteng

INTISARI
Oleh :
DEWI NURDIANA

Latar Belakang: Pengendalian persedian merupakan fungsi manajerial yang sangat penting, karena persedian fisik banyak perusahaan melibatkan investasi rupiah terbesar dalam pos aktiva lancar. Manajemen logistik dalam lingkungan dinas kesehatan dapat didefinisikan sebagai suatu proses pengelolaan secara strategis terhadap pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, serta pemantauan persedian bahan serta barang (stock, material, supplier, inventory, dan lain-lain) yang diperlukan bagi produksi jasa dinas kesehatan.

Tujuan Penelitian : Untuk menganalisis perencanaan pengadaan logistik obat di Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala.

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Subyek penelitian ini terdapat 1 bagian dengan mengunakan triagulasi sumber.

Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian didapatkan cost saving dengan metode EOQ (Economic Order Quantity) untuk sampel obat kelompok A yaitu Asam Mefenamat 500 Mg sebesar Rp. 28.976, untuk sampel obat kelompok B yaitu Dexametason sebesar Rp. 7.168,00, dansampel obat kelompok C yaitu Captopril sebesar Rp. 36.721,00. Sehingga metode Economic Order Quantity (EOQ) lebih efisien
dibandingkan dengan metode konsumsi yang digunakan di Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala.

Kata Kunci: perencanaan, pengadaan logitsik, Dinas Kesehatan, Kabupaten Donggala

Penulis: DEWI NURDIANA

Sharing is caring!

(Visited 192 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Top