Ayo Hidup Sehat, Mulai Bergerak Sehat Bersama di Lapangan Abubakar Lambogo Enrekang

Enrekang, Rabu, 3 Agustus 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) hampir rampung melaksanakan pembangunan alun-alun dan revitalisasi lapangan Abubakar Lambogo, di Kelurahan Galonta, Kecamatan Enrekang.

Terlihat fasilitas sudah mulai dinikmati oleh seluruh masyarakat Kab.Enrekang. Area lapangan Abubakar Lambogo telah dilengkapi  sarana olahraga masyarakat seperti fasilitas jogging track,  lapangan basket, lapangan futsal, taman olahraga, taman bermain anak, dll.

Menurut Sekretaris Dispopar Enrekang Bapak Muh. Amin Dalle, SP.,.M.SI. MAD. S, yang berada dilokasi saat jogging pagi, ia mengatakan “Alhamdulillah fasilitas ini sudah bisa digunakan masyarakat mulai Rabu kemarin. Sejak Rabu, 27 Juli 2022 sudah bisa digunakan, ia berpesan bahwa fasilitas ini milik kita bersama, mari kita jaga bersama pula.

Ia menuturkan sudah tersedia sarana dan prasarana seperti sport centre bagi publik seperti lapangan futsal, lapangan basket, joging track, publik space, wahana bermain anak yang nyaman, dsb. Beliau berharap tempat ini  juga bisa jadi tempat wisata sosial bagi masyarakat Enrekang. Hal senada diungkapkan oleh Camat Enrekang yang hadir bersama Ketua TP PKK Kecamatan Enrekang saat olahraga pagi di lokasi.

BACA JUGA:  Seminar Nasional, Penanggulangan PTM Melalui Germas di Era Digital

“Sangat bahagia melihat antusias masyarakat yang datang dan hadir menggunakan fasilitas dilapangan ini, selain untuk berolahraga, tempat ini bisa bersantai dan saling membangun komunikasi antar masyarakat, ungkap Pak Mahmuddin, Sp.Mp selaku Camat Enrekang.

Salah satu pengunjung dari kalangan ibu-ibu turut menikmati fasilitas yang tersedia, salah satunya adalah  Ibu Andi Fatmawati Nurdin Karumpa, ia  mengatakan “Kami menikmati fasilitas yang sudah ada di lapangan Abubakar Lambogo  ini. Kita para orangtua juga bisa berolahraga atau menikmati terapi kesehatan yang telah disediakan disini (ada taman batu refleksi), efeknya sangat berpengaruh bagi kesehatan, terutama untuk memperlancar aliran darah dan kelenturan otot – otot kaki,  cocok untuk kami lansia yg sudah berusia 6o tahun” tuturnya.

Sehat Bersama di Lapangan Abubakar Lambogo Enrekang

Selain menjadi tempat untuk bersantai dan berolahraga, lapangan ini juga menjadi tempat terapi kesehatan bagi masyarakat setempat sekaligus sebagai Alun-Alun Kota Enrekang. Pada kesempatan yang sama Sekretaris Perhimpunan Sarjana dan Profesional  Kesehatan Masyarakat Indonesia Cabang Enrekang, Rijalul jabar.,SKM.M.Adm.Kes, mengatakan bahwa, fasilitas publik ini hadir untuk semua golongan, baik mereka para Generasi Z, Millenials,  Lansia, Bumil dan bahkan anak- anak turut menikmati fasilitas ini.

BACA JUGA:  UKM ku Sayang, UKM ku Malang

“Trend hidup sehat seperti berlari, berolahraga di lokasi lapangan Abubakar Lambogo ini baik, bahkan kiriman postingan mereka di media sosial  merupakan ajakan  Germas, yaitu sebagai usaha  mempengaruhi/ mengajak kelompok masyarakat untuk berolahraga dan menikmati fasilitas ditempat ini” tambah Rijal.

Fasilitas ini mendukung upaya kesehatan masyarakat sejalan dengan Istruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Fasilitas di lapangan ini merupakan sarana pendukung kehidupan sosial sehat. Pembudayaan Germas kita maknai dengan “Mulai bergerak sehat bersama” dengan tujuan memasyarakatkan budaya hidup sehat, serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat, semangat hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri”.

Tentu harapan kita adalah adanya fasilitas yang indah perlu dijaga kebersihannya, terutama kebersihan area lapangan, harapannya adalah para pengunjung dapat membawa tumbler botol minum masing- masing dari rumah,  untuk mengurangi sampah plastik  dan  mencegah kita membuang sisa minuman kita di area lapangan.

(Visited 16 times, 1 visits today)