Gandeng PDAM Kabupaten Semarang, Puskesmas Jambu Luncurkan Teko Ajaib
Gagasan inovasi Teko Ajaib ini berawal dari banyaknya kasus Hipertensi di Puskesmas Jambu yang ternyata kebiasaan minum warga yang dirasa masih kurang.

Syarifatun Nur Aini

Staf Promkes Puskesmas Jambu Kab Semarang

Latest posts by Syarifatun Nur Aini (see all)

“TEKO AJAIB” yang merupakan kependekan dari Terapkan Konsumsi Air Putih di Jam Antri Berobat adalah suatu inovasi yang di launching oleh Ibu Dr. RR. Gita Febri Irianti selaku Plt. Kepala UPTD Puskesmas Jambu dan Bapak Guswakhid Hidayat, ST, Msi selaku Direktur Utama PDAM Kabupaten Semarang, pada hari Senin, 30 September 2019 di Puskesmas Jambu.

Puskesmas bekerjasama dengan PDAM Kabupaten Semarang selaku penyedia sukarela gallon untuk mendukung inovasi Teko Ajaib UPTD Puskesmas Kecamatan Jambu.

BACA JUGA:  Needle Pit Sederhana Puskesmas Kabaena Barat Menjadi Alternatif Penyelamat Pencemaran. Pertama di Pulau Kabaena Kabupaten Bombana

Filosofi dari Teko Ajaib, Teko merupakan tempat air minum, ajaib untuk air putih, air yang murah, mudah didapat, memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan salah satunya untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Gagasan inovasi Teko Ajaib ini berawal dari banyaknya kasus Hipertensi di Puskesmas Jambu dan banyak pasien ketika ditanya mengenai kebiasaan minum air putih, masih mengkonsumsi air putih dalam jumlah sedikit.

Teko Ajaib Puskesmas Jambu Kab Semarang

Alur Teko Ajaib di Puskesmas Jambu, setelah di pendaftaran, pasien akan diarahkan oleh petugas loket untuk mengambil air putih di gallon yang telah disediakan, 2 gelas air untuk pasien dewasa dan 1 gelas air untuk pasien anak, diminum selama menunggu antrian berobat. Selesai berobat, pasien akan diingatkan kembali oleh petugas obat untuk membiasakan minum air putih setiap hari.

BACA JUGA:  Needle Pit Sederhana Puskesmas Kabaena Barat Menjadi Alternatif Penyelamat Pencemaran. Pertama di Pulau Kabaena Kabupaten Bombana

Mengingat kandungan air dalam tubuh manusia adalah sekitar 60%-70%, lebih dari setengah bagian dari tubuh kita. Oleh karena itu kita harus menjaga kondisi tubuh kita dengan meminum air putih yang cukup, minimal 8 gelas sehari agar terhindar dari dehidrasi, apalagi saat musim kemarau seperti ini. Kondisi dimana kebutuhan air putih harus ditingkatkan yaitu saat sakit, lingkungan yang panas dan olahraga yang berat.

Manfaat minum air putih yaitu menyehatkan pencernaan dalam tubuh, menjaga tekanan darah, meningkatkan daya ingat otak, menghindari penyakit jantung, baik untuk perawatan kulit, mengatur lemak tubuh dan menjaga kesehatan tulang.

Yuk, minum air putih setiap hari!

Sharing is caring!

(Visited 289 times, 1 visits today)