Begini Meriahya Peringatan HGN ke-59 Puskesmas Ciledug

Novita Priyanti Utami

Petugas Promkes Puskesmas Ciledug Cirebon
Novita Priyanti Utami

Puskesmas Ciledug pada tanggal 26 Januari 2019 memperingati Hari Gizi Nasional ke 59 dengan tema “Sehatkan generasi bangsa dengan menghidupkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) untuk mencegah stunting”.

Pada Hari Gizi ke-59 ini Puskesmas Ciledug mengadakan kegiatan yang mendukung GERMAS untuk pencegahan Stunting. Adapun kegiatan tersebut diantaranya senam massal, Pengukuhan Duta Kesehatan Remaja, Deklarasi dan lauching program inovasi, makan telur ayam bersama, pemberian penghargaan kepada Bidan Desa di 10 Desa Kecamatan Ciledug dan penghargaan kepada 10 Desa di Kecamatan Ciledug sebagai mitra kerja Puskesmas Ciledug.

Senam Massal HGN 59 Puskesmas Ciledug

Acara senam missal dihadiri oleh 300 peserta bertempat di Alun-alun Desa Ciledug Kulon, ada 100 balita, 100 Ibu, 10 Kepala Desa, 10 Calon Duta Kesehatan, 3 orang guru UKS SMP dan SMA, 15 orang undangan dari Lintas Sektor dan kurang lebih 20 sponsorship dan donator.

BACA JUGA:  FKM Undip Berpartisipasi Dalam Peningkatan Kesehatan Masyarakat

Acara HGN Puskesmas Ciledug di mulai pukul 06.30 dengan agenda persiapan dan registrasi senam massal, kemudian senam massal, setelah senam missal selesai acara dilanjutkan di halaman Kecamatan Ciledug, yaitu acara pembukaan, sambutan dari Kepala Puskesmas Ciledug yaitu Bapak H. Mohamad Sayid, S.KM.MM, kemudian sambutan dari Camat Ciledug, yaitu Bapak Drs. Solihin, MM. sekaligus membuka acara peringatan HGN Puskesmas Ciledug sembari pemotongan pita dibarengi dengan bunyi sirine

Acara yang berbeda tahun ini yaitu pada peringatan HGN Puskesmas Ciledug ada kegiatan Deklarasi dan Launching Program Inovasi Puskesmas Ciledug dalam mengentaskan kasus Stunting di Kecamatan Ciledug, yaitu Progam “TAHAN BANTING DENGAN SESATE CANTING (Tinggi Asupan Hewani Bantu Anak Cegah Stunting dengan Sehari Satu Telur Cegah Anak Stunting), dilanjutkan dengan makan telor ayam bersama.

BACA JUGA:  Peran Generasi Muslim Dalam Mengatasi Permasalahan Stunting di Indonesia

Komitmen cegah stunting

Selain deklarasi dan launching program inovasi, pada peringatan HGN Puskesmas Ciledug pun ada kegiatan Pengukuhan Duta Kesehatan Remaja. Duta Kesehatan Remaja ini baru tersebar di 3 Sekolah yaitu di SMP Santo Thomas Ciledug, SMP Negeri 1 Ciledug dan SMAN 1 Ciledug, dengan harapan adanya Duta Kesehatan Remaja ini sebagai perpanjang tanganan Puskesmas Ciledug di Sekolah dan sebagai pionir kesehatan di Sekolah untuk teman-teman sebayanya, semoga kedepannya Duta Kesehatan Remaja tersebar di seluruh SMP dan SMA/SMK yang ada di Kecamatan Ciledug. Pada acara HGN Puskesmas Ciledug pun diisi hiburan tradisional dan modern, yaitu Tari Topeng dan Akustik Estetika Homeband.

Kegiatan HGN ke 59 di Puskesmas CIledug tak luput dari dukungan berbagai pihak, yaitu Dinas Kesehatan Kab. Cirebon, Kecamatan Ciledug, PKK Kec. Ciledug, UPTD P5A Kec. Ciledug, Korwil Bagian Pendidikan Kec. Ciledug, Koramil Ciledug, Polsek Pabuaran, PLN Ciledug dan para Sponsorship dan donator yaitu Cleo, Sophie Paris BC.Heny Sugianti, Surya Toserba Ciledug, Enrasol, Pegadaian Ciledug, Prisma Advertising Pabuaran, Bank BJB Syariah Pabuaran, Yomart Ciledug,Bumi Putra Meubel, Akustik Estetika Homeband, Nuraeni Putri Awaliyah (Penari Topeng Cilik), TB. Dua Putra, RB. Annisa, Meubel Restu Ibu, Tahu Sumedang H. Rais, OPPO Ciledug, dan donator sponshorship lainnya.

BACA JUGA:  KKN UNDIP, Mahasiswa Ajak Kader Posyandu Kawal Gizi Balita

Dengan adanya HGN berharap kepada masyarakat agar di masa emas anak pada usia bayi balita dan remaja untuk selalu diberi makanan yang berprotein tinggi baik protein hewani dan nabati sehingga pertumbuhan dan perkembanganya baik. Semoga program mencegah sunting PKM Ciledug bisa terlaksana dengan baik.

Pantun :
Kompor Bledug di Rumah Ayu Tingting
Puskesmas Ciledug Siap Cegah Stunting.

Sharing is caring!

(Visited 73 times, 1 visits today)