Bersama Melawan Covid-19 di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Bersama Melawan Covid-19 di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Di era pandemi ini, tidak dapat kita pungkiri bahwa New Normal atau Adaptasi Kebiasaan Baru menjadi hal yang baru untuk masyarakat. Masih banyak daripada masyarakat yang tidak begitu mengerti apa itu New Normal sebenarnya dan membuat masyarakat berpikir bahwa New Normal adalah kembali menjadi normal seperti sebelumnya, Padahal bukan seperti itu. New normal adalah dimana perubahan kebiasaan untuk menjalankan aktivitas seperti biasa, tetapi selalu menerapkan protokol kesehatan.

Bagaimana jika kita tidak menerapkan protokol kesehatan? Dengan tidak melakukan dan menerapkan protokol kesehatan akan menjadi masalah yang cukup besar di masyarakat di Indonesia.

Protokol kesehatan dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19, sedangkan jika tidak dilakukan, maka penyebaran COVID-19 di Indonesia bisa tidak terkendali. Dengan tidak terkendalinya COVID-19, maka kita akan ada kemungkinan untuk mengalami masa lock down kembali, dimana kita tahu bahwa itu sangat sulit untuk di laksanakan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Dengan menggunakan masker dengan benar, yaitu menutupi hidung dan mulut, saat keluar rumah. Selain itu dengan rajin mencuci tangan dengan air bersih dengan sabun atau hand sanitizer.

Saat keluar rumah, kita perlu menjaga jarak dengan orang lain minimal 2 meter. Penting untuk melakukan pengecekan suhu dan jika merasa tidak enak badan maka tinggal di dalam rumah hingga lebih membaik.

Untuk barang yang perlu dibawa saat keluar rumah, ada masker untuk cadangan, tissue basah dan/atau kering sehingga jika diperlukan bisa digunakan, handphone untuk transaksi online dan juga peralatan makan pribadi  serta botol minum sehingga mengurangi kontak fisik, helm untuk para pengguna ojol, hand sanitizer dan/atau sabun juga diperlukan jika kita tidak berada di tempat yang menyediakan hand sanitizer dan/atau sabun.

Selain itu, jika anda ada merasakan gejala COVID-19 seperti yang di postingan sebelum ini, maka hubungi puskesmas atau rumah sakit secara daring terlebih dahulu untuk melakukan janji dengan dokter. Tetap aman, sehat selalu, dan jangan lupa mematuhi protokol kesehatan.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis