Bincang Hangat Bersama Kaprodi Kesmas Universitas Respati Yogyakarta
Yogyakarta, 7 Agustus 2019, kami Tim Kesmas-ID Unriyo berkesempatan untuk bertemu dan berbincang hangat bersama Ibu Yelli Yani Rusyani, SKM, M. Kes, Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat di Universitas Respati Yogyakarta.

Esti Rahayu

Tim Reporter Kesmas-ID Jogja

Yogyakarta, 7 Agustus 2019, kami Tim Kesmas-ID Unriyo berkesempatan untuk bertemu dan berbincang hangat bersama Ibu Yelli Yani Rusyani, SKM, M. Kes, Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat di Universitas Respati Yogyakarta.

Pengen tahu apa yang saya diskusikan dengan Kaprodi? Ini dia inspirasi dari Ibu Yelli untuk kita mahasiswa kesehatan masyarakat.


Yelli Yani Rusyani, SKM, M. Kes

Tanya:

Kalau boleh tahu, ibu alumni kesmas mana bu, dan dari peminatannya apa?

Jawab:

Saya dari Universitas Diponegoro (Undip), S1 saya Undip dan S2 saya juga Undip. Kalau saya peminatan S1-nya Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, kemudian S2-nya Promosi Kesehatan tapi khusus di bidang kesehatan reproduksi dan HIV/AIDS.

Tanya:

Mengapa ibu memilih untuk SKM sebagai jurusan kuliah yang ditempuh? Karena menurut sebagian teman-teman, Kesehatan Masyarakat ini justru dijadikan pilihan kedua bu.

Jawab:

Ya, motivasi saya memilih SKM itu karena bidang kesehatan itu selama ini lebih mengarah ke upaya kuratif. Dan sebetulnya saya disini tertariknya karena upaya kesmas untuk preventif dan promotif. Preventif dan promotif ini memang intervensinya lama tetapi memberikan dampak yang besar dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk itu. Terlebih fokusnya di masyarakat, ya masyarakat secara luas begitu.

Tanya:

Untuk Kesmas Unriyo sendiri berdirinya mulai kapan? Mungkin bisa diceritakan dari awal berdirinya prodi kesmas sampai dengan sekarang.

Jawab:

Kalau saya kebetulan memang dari tahun 2011 baru bergabung disini, dan 2011 sebetulnya sudah menjadi Program Studi. Walaupun saat itu 2009, kalau dulunya dari STIKes. Tapi karena saya baru masuk di tahun 2011, sudah Universitas dan Prodi Kesehatan Masyarakat sudah menjadi salah satu program studi yang ada di Fakultas Ilmu Kesehatan.

Tanya:

Apa nilai lebih yang menjadi pembeda Kesmas Unriyo ini dengan kesmas kampus lain?

Jawab:

Kita mengacu pada visi-misi. Kita mempunyai kompetensi yang sama seluruh Indonesia, mata kuliah, karena ada kurikulum nasionalnya pun sama walaupun kita sekarang menggunakan kurikulum pendidikan tinggi. Tetapi, yang membedakan Unriyo dengan kampus lain itu kita memiliki kekhususan dibidang kebencanaan dan beberapa kegiatan memang ada tentang kebencanaan, juga beberapa mata kuliah tentang kebencanaan. Visi-misi tentang kebencanaan ini baru mulai di tahun 2019. Disini kita masih merintis bagaimana kita bisa menemukan masalah-masalah kesehatan baik sebelum bencana, saat bencana maupun sesudah bencana.

Tanya:

Kenapa memilih visi-misi tentang kebencanaan bu?

Jawab:

Kami tidak berharap adanya suatu bencana, hanya saja kebetulan di Jogja itu ada beberapa kejadian terkait dengan bencana. Bencana itu kan tidak hanya bencana alam saja, ada bencana sosial juga dan itu menimbulkan dampak terhadap kesehatan yang perlu kita atasi, karena jika tidak itu akan menjadi permasalahan tidak hanya masalah kesehatan saja namun juga masalah lainnya seperti sosial, ekonomi, pilitik dan lain sebagainya. Jadi bagaimana kita menyelesaikan permasalahan-permasalahan tersebut.

Bincang Hangat Bersama Kaprodi Kesmas Unriyo

Tanya:

Sejak kapan ibu menjabat sebagai kaprodi sendiri bu?

Jawab:

Kebetulan saya ini juga baru, baru bulan Oktober 2018 dan saya masih belajar disini untuk mewujudkan visi dan misinya disini.

Tanya:

Selama bekerja di Kesmas Unriyo, apa nih bu suka dukanya?

Jawab:

Sukanya dari sistem sudah bagus, secara struktur juga bagus dan lingkungannya terutama untuk kampus 2 juga sudah sangat bagus, mulai dari rektorat, fakultas sampai ke program studi. Saya juga apresiasi terhadap kegiatan mahasiswa termasuk HMKM (Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat) dan juga HIMA-HIMA di setiap prodi yang tentunya sangat mendukung. Kemudian juga kami didukung dalam mewujudkan visi dan misi. Untuk dukanya, kalau masih ada permasalahan kesehatan itu memang menjadi PR bersama.

Tanya:

Untuk program studi Kesehatan Masyarakat ini ada peminatan apa saja bu?

Jawab:

Untuk peminatan, kami sebetulnya membuka 5 peminatan. Ada peminatan Promosi Kesehatan, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Epidemiologi dan penyakit tropis, Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja, juga Biostatistik dan Kependudukan. Hanya saja yang kami buka berdasarkan peminat itu baru 4 yaitu: Promosi Kesehatan, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Epidemiologi dan penyakit tropis, Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja.

Tanya:

Tantangan peluang kerja untuk Alumni Mahasiswa Kesmas Unriyo itu apa bu?

Jawab:

Kalau dilihat dari peluang kerja sekarang malah peluangnya lebih besar dan luas, karena mohon maaf pengalaman saya dulu setelah menjadi SKM sering ditanya apa sih SKM itu dan akan menjadi apa SKM? Peluang kerja yang semakin luas misalnya menjadi ASN di Kementerian Kesehatan dan Non Kesehatan, manager RS, kepala Puskesmas, tertarik kerja di perusahaan bisa, ada juga yang di LSM/NGO, sebagai dosen, peneliti dan konsultan juga bisa. Jangan takut karena banyak tempat yang membutuhkan Kesehatan Masyarakat didalamnya.

Tanya:

Agar mendukung alumni agar terserap di dunia kerja apa yang dilakukan oleh kampus? Adakah kerjasama dengan pihak eksternal?

Jawab:

Ya, itu memang sudah kami laksanakan untuk kerjasama dalam penyerapan alumni. Salah satunya yang kami lakukan selain kerjasama dengan beberapa institusi bidang kesehatan, kami juga mempersiapkan pelatihan-pelatihan, misalnya pelatihan Ahli K3 yang membutuhkan sertifikat sebagai syarat dalam bekerja. Selain dari itu kami juga mengadakan pelatihan yang lain seperti public speaking, pengolahan data dan lain sebagainya yang ketika bekerja memang itu yang dibutuhkan.

Tanya:

Kemudian kami lihat ibu ini dalam mengajar selalu sabar, mungkin boleh dibagi tipsnya bu biar selalu sabar?

Jawab:

Sabar ya? He..he..he… Ya, kita berupaya saja kalau misalnya menghadapi orang itu kan dengan karakter yang berbeda-beda. Jadi ketika kita dalam keadaan mahasiswa tidak stabil dan dosen tidak stabil apa jadinya? Namanya kita mitra sekarang, bukan ini dosen, ini mahasiswa dan kita harus tahu karakteristik remaja itu seperti apa. Semakin kita tidak bersahabat dengan mereka malah mereka semakin menjauh dari kita. Tetapi kesabaran itu sampai mana dulu, sebatas itu masih dalam perilaku yang wajar tidak masalah. Kalau sudah melanggar nilai, norma yang ada di kampus ya mohon maaf kami memiliki aturan tersendiri.

Tanya:

3 kata dari ibu untuk kesmas?

Jawab:

Untuk kesmas ya Preventif, Promotif dan Maju Terus. Tak lupa juga Bersama Respati, Raih Prestasi!

Tanya:

Kemudian yang terakhir bu, kesan dan pesan ibu untuk kami dari Kesmas-ID yang juga merupakan mahasiswa ibu?

Jawab:

Bagus kalau menurut saya pribadi sebagai media, karena menurut saya media sangat penting untuk menyampaikan pesan-pesan kesehatan. Saya mengapresiasi apa yang dilakukan Kesmas-ID tidak melihat dari universitas mana tetapi semua bisa diangkat untuk kepentingan bersama. Saya sangat mendukung sekali kegiatan-kegiatan yang ada. Tidak ada salahnya juga untuk teman-teman mahasiswa yang sudah lebih maju dan mengangkat kegiatan-kegiatan yang memang itu harus disampaikan. Keren!


Bagaimana teman-teman, menarik bukan? Semoga bermanfaat buat teman-teman yang masih bimbang atau belum kenal apa itu Kesehatan Masyarakat.

Buat kalian mahasiswa kesmas Unriyo yang ingin bergabung bersama kami, yuk Follow akun IG kami di @kesmasid_unriyo suoaya kamu bisa dapat update terus kegiatan kami. Bersama Respati, Raih Prestasi!

Tim Kesmas-ID Unriyo

Tim Reporter:

  • Hanifatul Mukaromah
  • Charista Millenia Bintari

Tim Fotografer

  • Habib Burhannudin
  • Esti Rahayu

Sharing is caring!

(Visited 125 times, 1 visits today)