Bongkar Celengan, 15 Orang Nusantara Sehat Ikuti Pelatihan Nasional di Makassar

Bongkar Celengan, 15 Orang Nusantara Sehat Ikuti Pelatihan Nasional di Makassar
Berangkat dari pelosok-pelosok negeri, 15 orang Tim Based Nusantara Sehat ikuti Pelatihan Nasional Manajemen dan Kepemimpinan Puskesmas di Makassar.
Al Firqan Anshari, S.KM

Al Firqan Anshari, S.KM

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Nusantara Sehat Batch 4
PKM Labuhan Hiu [DTPK] Nias Selatan TNJ - KEPRI
Al Firqan Anshari, S.KM

Berangkat dari pelosok-pelosok negeri, 15 orang Tim Based Nusantara Sehat dengan profesi Tenaga Kesehatan Masyarakat dan penempatan yang berbeda-beda, bongkar celengan untuk ikuti Pelatihan Nasional Manajemen dan Kepemimpinan Puskesmas yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) di Hotel Jolin Makassar.

BACA JUGA:  Mari Kaka Kitorang Patungan Untuk Asmat!

Hal ini menuai apresiasi dari Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK), “Saya sangat terkejut sekali dengan kehadiran adik-adik sekalian. Saya tahu pelatihan ini tidak murah, tapi adik-adik mengikuti pelatihan ini by pocket. Sungguh luar biasa!” ungkap Bapak Andi Mansur Sulolipu, S.KM, M.Kes selaku fasilitator.

“Kalau seperti ini, nanti kita akan buatkan pelatihan yang memang benar-benar dibutuhkan adik-adik Nusantara Sehat.” tambahnya yang tidak bisa menyembunyikan raut wajah kagumnya kepada peserta dari Nusantara Sehat.

Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 20-21 Oktober ini dikutsertakan 45 peserta, 15 diantaranya adalah Nusantara Sehat Batch 4 dan 5.

Nusantara Sehat Ikuti Pelatihan

Mayoritas peserta yang memegang jabatan sebagai Kepala Puskesmas dan diberangkatkan dengan SPPD (Surat Perintah Perjalanan Dinas) tidak membuat mereka kecil hati.

BACA JUGA:  Lantik Tim Nusantara Sehat, Menko PMK: Ini Tugas Mulia

“Saya merasa saya perlu materinya untuk mengupgrade ilmu. Di daerah penempatan, pelatihan manajemen Puskesmas jarang diadakan. Kalau diadakan pun pasti PNS. Terlebih ini pelatihan nasional jadi harapannya mampu dapat cerita dan pengalaman dari wilayah lain yang mungkin bisa diadopsi di penempatan saya” jelas Ni’mah peserta dari Nusantara Sehat Batch 4 penempatan Papua Barat.

“Saya merasa pelatihan ini penting baik untuk meningkatkan kualitas diri, materinya juga bisa membantu dalam pengakreditasian Puskesmas.” Tambah Al peserta dari Nusantara Sehat Batch 4 penempatan Sumatera Utara.

Meskipun tidak difasilitasi dengan baik oleh instansi terkait, tidak memutuskan semangat peserta dari tim Nusantara Sehat ini dalam melakukan perjalanan yang berhari-hari dengan akses laut, darat dan udara.

BACA JUGA:  Safari Ramadhan, Ini Pesan Ketua Dewan Etik Persakmi Enrekang Untuk Masyarakat

“Pelatihan seperti ini sangat bagus, namun kalau biayanya mandiri tidak semua bisa mengikutinya dengan alasan dana.” ungkap Neni Yunita salah satu Nusantara Sehat Batch 5 penempatan Sulawesi Utara.

“Saya harap kedepannya pelatihan-pelatihan seperti ini dapat bekerjasama dengan Dinas ataupun Instansi terkait, agar tenaga kesehatan dapat meng-upgrade ilmunya dan pelayan kesehatan menjadi lebih baik.” tambahnya.

Sharing is caring!

(Visited 87 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *