BTOPH Himpunan Mahasiswa Kesmas Universitas Pekalongan 2018

BTOPH Himpunan Mahasiswa Kesmas Universitas Pekalongan 2018
BTOPH tahun ini merupakan sebagian dari rangkaian acara  yang sudah dilaksanakan sebelumnya yaitu Pra-BTOPH yang berisi materi dan diskusi tentang pengenalan ISMKMI, materi dasar BTOPH serta Kepemimpinan.

Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Pekalongan Periode 2018/2019 mengadakan kegiatan rutin tahunan yaitu BTOPH (Basic Training Of Public Health), 13 Oktober 2018. Kegiatan ini adalah kegiatan wajib bagi mahasiswa kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia. BTOPH tahun ini merupakan sebagian dari rangkaian acara  yang sudah dilaksanakan sebelumnya yaitu Pra-BTOPH yang berisi materi dan diskusi tentang pengenalan ISMKMI, materi dasar BTOPH serta Kepemimpinan.

BACA JUGA:  BToPH ISMKMI Wilayah 1 Sekarang Hadir di Universitas Baiturrahmah, Ikutan Yuk!
Foto penyerahan kenang-kenangankepada Koordinator daerah ISMKMI Jateng.
Gb.1 – Foto penyerahan kenang-kenangankepada Koordinator daerah ISMKMI Jateng.

BTOPH 2018 ini dilaksanakan di Desa Wonomerto, Kabupaten Batang. Kegiatan ini bersamaan dengan kegiatan Kemah Bhakti Fakultas Ilmu Kesehatan yang diadakan oleh BEM FIK selama 3 hari 2 malam. Kegiatan BTOPH ini mempunyai tema “Membentuk Mahasiswa Kesehatan Masyarakat yang Sinergis Aktif sebagai Leader Of Health Menuju Indonesia Sehat” yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa kesehatan masyarakat sebagai calon tenaga Kesehatan Masyarakat, dimana melalui kegiatan ini mahasiswa dapat mengembangkan diri dan menumbuhkan soft skill mahasiswa  baik bidang kesehatan masyarakat maupun secara informasi.

BTOPH 2018 ini dilaksanakan di Desa Wonomerto, Kabupaten Batang
Gb.2 – BTOPH 2018 ini dilaksanakan di Desa Wonomerto, Kabupaten Batang

Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari 63 mahasiswa semester I dan 28 panitia dari semester III sebagai pendamping. Dalam kegiatan ini peserta diterjunkan langsung ke masyarakat  untuk mengambil data primer tentang indikator perilaku hidup bersih dan sehat serta kesehatan ibu dan anak dengan kuesioner yang sudah disiapkan oleh panitia.

BACA JUGA:  Berawal Dari BToPH Menuju Bonus Demografi Indonesia 2045

Sebelum penerjunan, peserta mendapatkan pengarahan dari panitia dan di review kembali tentang dasar BTOPH yang sudah diberikan pada saat kegiatan Pra-BTOPH. Kegiatan ini dimulai dari pukul 12.30 dan selesai pukul 15.00.

Peserta terjun langsung ke masyarakat untuk mengambil data primer tentang indikator PHBS
Gb.3 – Peserta terjun langsung ke masyarakat untuk mengambil data primer tentang indikator PHBS

Setelah pengambilan data dari responden, data tersebut didiskusikan kemudian dipaparkan tiap kelompok, diakhir kegiatan ini ditutup dengan game kerjasama dan kepemimpinan yang melatih konsentrasi mahasiswa.

Diharapkan dari kegiatan ini dapat menjadi bekal mahasiswa kesehatan masyarakat untuk menjadi lebih kompeten dalam menghadapi dunia kerja nantinya.

Sharing is caring!

(Visited 35 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *