Budaya K3 Dalam Pembangunan Kampus 4 UAD Yogyakarta
Budaya K3 di suatu tempat kerja merupakan hasil persepsi bersama dalam membentuk sebuah kebiasaan keselamatan kerja secara terus menerus.
meysiadila

Sarana dan prasarana kampus merupakan faktor pendukung dalam terwujudnya proses belajar mengajar dengan maksimal.

Dalam hal ini Universitas Ahmad Dahlan sedang melakukan tahap pembangunan kampus baru, yaitu Kampus 4 yang terletak di Jalan Ring Road Selatan Yogyakarta.

Kampus yang direncakanan selesai pada tahun 2018 dengan 10 lantai ini dikerjakan oleh kurang lebih 100 perkerja setiap harinya dengan system shift.

BACA JUGA:  80 Persen Perusahaan Salatiga Sudah Terapkan Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Untuk menjamin kesejahteraan perkerja dalam proses pembangunan kampus 4 ini, budaya K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) terlihat dengan dipasangnya simbol K3 di lingkungan konstruksi serta penggunaan APD lengkap oleh para perkerja.

Budaya K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) di suatu tempat kerja merupakan hasil persepsi bersama dalam membentuk sebuah kebiasaan keselamatan kerja secara terus menerus.

Untuk memperkecil resiko kecelakaan kerja sejak awal tahun 1980-an pemerintah telah mengeluarkan peraturan tentang keselamatan kerja khusus untuk konstruksi, yaitu Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.Per-01/Men/1980.

Masalah keselamatan dan kesehatan kerja dapat berdampak signifikan bagi para pekerja. Di samping dapat mengakibatkan korban jiwa, kerugian ekonomis, kerugian waktu perkerja serta terdapat dampak psikologis yang negatif bagi para perkerja.

BACA JUGA:  Usaha Knalpot Ini Dikeluhkan Warga, UPTD Puskesmas Mrebet Lakukan Pembinaan

Sharing is caring!

(Visited 422 times, 1 visits today)