Bunda, 5 Imunisasi Dasar Ini Wajib Buat Si Kecil Lho!

Bunda, 5 Imunisasi Dasar Ini Wajib Buat Si Kecil Lho!
Program Imunisasi Dasar Lengkap meliputi 5 jenis imunisasi yang wajib di berikan pada bayi. Apa saja imunisasi tersebut dan kapan diberikan pada bayi?

Bunda, program Imunisasi Dasar Lengkap meliputi 5 jenis imunisasi yang wajib di berikan pada bayi. Apa saja program imunisasi tersebut dan kapan diberikan pada bayi? Mari bunda kita simak ulasan berikut.

Apa saja program imunisasi dasar?

Imunisasi dasar adalah sebuah upaya kesehatan yang dilakukan untuk mencegah terjadinya suatu penyakit dalam tubuh manusia. Caranya adalah dengan memberikan vaksin ke dalam tubuh manusia untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu.

Bunda, program imunisasi dasar meliputi 5 jenis imunisasi yang wajib di berikan pada bayi. Program imunisasi dasar ini dapat diperoleh gratis di seluruh puskesmas dan rumah sakit pemerintah di Indonesia.

Apa saja program imunisasi dasar dan kapan diberikan pada bayi?

1. Hepatitits B

Imunisasi vaksin hepatitis B merupakan vaksin yang diberikan untuk mencegah penyakit Hepatitis B. Hepatitis B adalah suatu infeksi hati yang bisa menyebabkan kanker hati dan kematian.

Vaksin ini diberikan 12 jam setelah bayi lahir atau pada bayi usia 0-7 hari. Dosis kedua diberikan pada bayi berusia 1-2 bulan dan ketiga saat bayi berusia 6-18bulan.

2. BCG

Imunisasi vaksin BCG digunakan untuk mencegah penyakit TBC (tuberkulosis). Biasanya 1-2 minggu setelah penyuntikan timbul kemerahan dan benjolan kecil dan menimbulkan bekas jaringan parut.

Vaksin ini diberikan satu kali yaitu pada bayi usia 1 bulan. Bila terlewat sampai bayi berusia 3 bulan maka harus dilakukan uji tuberkulin untuk mengetahui apakah bayi sudah terkena bakteri TBC. Imunisasi bisa diberikan bila hasil tes tuberkulin terbukti negatif.

3. Polio

Imunisasi Polio merupakan imunisasi yang digunakan untuk mencegah penyakit polio yang dapat menyebabkan nyeri otot dan kelumpuhan.

Imunisasi ini di berikan sebanyak 4 kali pada saat bayi berusia 1 sampai dengan 4 bulan.

4. DPT

Imunisasi DPT-HB digunakan untuk mencegah penyakit Difteri, Pertusis, dan Tetanus. Difteri adalah infeksi bakteri yang menyerang tenggorokan dan dapat menyebabkan komplikasi. Pertusis (batuk rejan) adalah infeksi bakteri pada saluran udara yang ditandai dengan batuk hebat yang menetap dan dapat menimbulan pneumonia, kejang dan kerusakan otak.

5. Campak

Imunisasi Campak merupakan imunisasi yang bertujuan untuk mencegah penyakit campak.

Imunisasi ini diberikan hanya satu kali pada bayi berusia 9 bulan. Pemberian nya dapat di ulang pada saat anak masuk SD atau mengikuti program BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) yang di canangkan oleh pemerintah.

5 Imunisasi Dasar Ini Wajib Buat Si Kecil

0-7 hari Hepatitis B

1 bulan BCG, Polio1

2 bulan DPT/HB1, Polio2

3 bulan DPT/HB2, Polio3

4 bulan DPT/HB3, Polio4

9 bulan Campak

Semoga bermanfaat.

Sumber id.theasianparent.com

Sharing is caring!

(Visited 780 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *