Tanya Dong, STR Kamu Jadi Berapa Lama Sih?

STR kamu jadi berapa lama sih? Bikin STR GAMPANG ato RIBET? Share dong pengalaman kamu soal STR. Yuk, komen pengalaman kamu…

Banyak lowongan kerja,
Tapi kadang STR jadi syarat
Meski sdh LULUS, sdh WISUDA, klo STR blm ada, bs repot juga ya?

Numpang tanya nih,
STR kamu jadi berapa lama sih?

Bikin STR GAMPANG ato RIBET ?

Dari wirmamarantika

Kemarin ngurusnya 6 bulan sudah jadi, pengurusan tidak ribet, hanya saja nunggu nya kayak nunggu jodoh min 🙂

Dari raden_febry_istyanto

Saya sih udah jadi min, mulai ngurus Desember 2016 dan STR jadi nya bulan Oktober 2017. Gampang sih ngurusnya cuman lamanya itu loh min hehe ekstra sabar.

Dari linaw09

Lumayan lama banget min, aku ngurus dari awal bulan Maret 2016, dan baru jadi pertengahan bulan November 2017. Ngurusnya juga lumayan ribet buat ngurus surat-surat keterangan sedang dalam prosesnya, harus bolak balik ke dinas kes.provinsi, terus ke dinas kesehatan kota, ngabisin waktu banget, gampangnya pas daftar onlinenya doang.

Dari lafeniaaa

Aku buat dari bulan April 2017 ini sampai sekarang belum jadi. Belum ada kabar. Aku cuma ada surat keterangan sedang membuat. Tapi temanku bikin tahun 2016 juga jadi tahun 2017an.

Dari annisasani

Gampang banget, alhamdulillah kurang lebih 3 bulan dari selesai ujikom STR udah jadi. Asal berkas lengkap, patuhin prosedur dan emang beruntung pasti STR bisa cepet selesai. Kebetulan MTKP DIY nya juga bagus kerjanya.

Dari christy_esra

Menunggu STR bagaikan menunggu jodoh yang tak kunjung dateng. Kapan tong kerja kalo Nunggu STR-nya lama begitu.

Dari kinansarweni

Kebetulan nih min, saya OP-nya PERSAKMI Jawa Timur, dan setiap hari ke MTKP Jatim. Ngurusin STR SKM wilayah Jatim. Banyaknya berkas yang masuk dan tertumpuk setiap hari itu juga bagi kami butuh waktu untuk menarik data dan verifikasi. Belum lagi ke pusat nya juga harus “antri”. Beberapa waktu yg lalu sempat ada ODS (One Day Service) STR Tenaga Kesehatan di Jatim. Dan lebih dari 1000 STR sudah di cetak dalam waktu 1 hari. Semua punya pengharapan yg sama biar segera cepat. Hehehe.


Share dong pengalaman kamu soal STR
Yuk, komen pengalaman kamu… #str#kesmas #tenagakesehatan #loker

8 Alasan Kenapa Kamu Harus Gabung di Pencerah Nusantara

Ingin berbuat dan menularkan kebaikan? Ingin masa muda kamu bisa berdampak bagi orang lain? Gabung di Pencerah Nusantara bisa jadi pilihan tepat buat kamu!

Artikel ini Ditulis Oleh:
Ramadhan, S.Sos
Sosiolog @ Pencerah Nusantara Batch 4
Penempatan Mamuju Utara

Bagi kebanyakan orang, masa muda adalah masa terbaik dalam kehidupan. Banyak energi dan gairah yang kita miliki di usia sekarang ini. Lantas, bagaimana kita menggunakan kesempatan yang menakjubkan ini?

Berbuat dan menularkan kebaikan adalah salah satu cara yang tepat untuk menikmati masa muda kita, agar masa muda kita bisa berdampak bagi orang lain. Nah, Pencerah Nusantara merupakan salah satu jalannya!

Pencerah Nusantara adalah wadah kolaborasi anak muda dari berbagai latar belakang ilmu, yang bertujuan untuk memberdayakan potensi masyarakat dalam memperkuat sistem pelayanan kesehatan primer yang berkelanjutan.

Atas eksistensi dan keberhasilan program ini dalam mendekatkan akses layanan kesehatan kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan primer, program ini berhasil mendapatkan Silver Award untuk Open Government Awards 2015 yang mengalahkan 30 negara lainnya. Tak ayal, akhirnya banyak anak muda Indonesia yang tertarik untuk mengikuti program berkelas ini.

Berikut 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Gabung di Pencerah Nusantara:

  1. Ajang Pembuktian Diri

Perjalanan menjadi seorang Pencerah Nusantara bukan lah hal yang mudah, bisa dikatakan program ini sangat kompetitif. Namun, bagi kamu yang mempunyai kompetensi dan kualitas diri yang baik, ini adalah jalan untuk menguji sejauh mana diri kamu bisa berdampak positif bagi orang lain!

Setiap tahun, pendaftar PN meningkat secara signifikan, bahkan pada seleksi gelombang 4 di tahun 2016 kemarin, meningkat menjadi 2.400an pendaftar, lho!

Melalui tes online, psikotes, Focus Group Discussion (FGD), dan wawancara oleh tim professional, selanjutnya akan terpilih lah tim Pencerah Nusantara. Silahkan persiapkan dirimu lebih matang ya!

  1. Indonesia Memanggilmu!

Dengan wilayah yang luas disertai banyak sekali tantangan, baik secara ekonomi, sosial, politik, budaya, dan geografis,  membuat banyak daerah di Indonesia masih tergolong Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK).

Sebagai anak muda professional, ini menjadi kesempatan untuk mengabdikan diri kamu kepada ibu pertiwi. Meningkatkan rasa nasionalisme kamu untuk membantu menuangkan ide-ide brilian demi menyelesaikan masalah kesehatan dan menjadi katalisator untuk mendorong perubahan sosial di daerah tersebut.

  1. Kolaborasi Interprofesi

Walaupun Pencerah Nusantara berfokus pada isu kesehatan, namun tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang tidak punya latar belakang kesehatan untuk bergabung di Pencerah Nusantara. Karena, Pencerah Nusantara percaya bahwa masalah kesehatan tidak hanya bisa diselesaikan dengan tenaga medis saja namun harus dengan lintas ilmu dan sektor.

Melalui Pencerah Nusantara kita akan mengabdi sebagai sebuah tim profesional muda interprofesi. Memberikan kontribusi melalui sudut ilmu kita masing-masing. Sungguh menarik, bukan?

  1. Aktualisasi ilmu

Pencerah Nusantara dapat menjadi jalan untuk memanfaatkan dan menerapkan ilmu pengetahuan yang ditimba semenjak kuliah. Selain itu, kita dapat memberikan sumbangsih besar bagi kehidupan masyarakat. Yakin lah, sekecil apapun Ilmu yang kita miliki, dapat memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan yang dialami.

  1. Mengenal Indonesia lebih dekat

Kita butuh keberanian untuk meninggalkan zona nyaman dan melangkahkan kaki ke titik-titik daerah tertentu. Dengan bergabung di Pencerah Nusantara, kita akan difasilitasi untuk ditempatkan di sebuah daerah yang jauh dari sudut pandang ibukota. Kita akan mengenal Indonesia lebih dekat dengan masyarakat dan budaya yang berbeda, sehingga memperkaya wawasan dan sudut pandang kita.

  1. Kompetensi Meningkat

Selain hardskill, Pencerah Nusantara memberikan kita kesempatan untuk “mengeluarkan” dan “memoles” softskill yang kita punya selama ini. Kegiatan-kegiatan yang akan dijalankan selama mengikuti Pencerah Nusantara akan melatih kita untuk mampu mengelola emosi, lebih percaya terhadap diri kita sendiri, mampu melakukan komunikasi dan advokasi, kritis melihat hal-hal kecil dan menjadi pemimpin yang dapat diandalkan.

  1. Memperkuat Modal Sosial

Norma-norma dan nilai-nilai yang berkembang di masyarakat membentuk kekuatan bagi diri kita ketika dipelajari. Bertemu dengan ragam masyarakat dan saling tukar menukar kebaikan akan memperluas jaringan dan kolaborasi sosial bagi kita sehingga akan lahir kepercayaan dan empati.

  1. Training yang Komprehensif

Setelah lulus menjadi Pencerah Nusantara, kamu akan mengikuti training selama 6 sampai 7 minggu di Jakarta. Kamu akan dibekali berbagai ilmu-ilmu baru dengan metode baru yang bahkan belum kamu dapatkan di bangku kuliah selama ini. Tidak hanya di dunia medis, bagi yang non medis kamu juga akan fasilitasi belajar lebih dalam di latar belakang ilmu kamu sendiri. Menyenangkan ya?

Yuk, Tunjukkan Baktimu, Mulai Aksimu! Jadilah Pencerah Nusantara!

 

Undip Siapkan Program Profesi Kesehatan Masyarakat

Disampaikan Dekan FKM, Hanifa Maher Denny, Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP sedang mempersiapkan program profesi kesehatan masyarakat.

Fakultas Kesehatan Masyarakat sedang mempersiapkan program profesi kesehatan masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Dekan FKM Hanifa Maher Denny dalam acara workshop persiapan penyelenggaraan pendidikan profesi kesehatan masyarakat KKNI level 7 dan pertemuan anggota AIPTKMI Regional Tengah I Kamis (27/7) di Hall FKM Undip Tembalang.

Dekan FKM Hanifa Maher Denny mengatakan bahwa untuk profesi kesehatan yang lain sudah ada pendidikan profesi-nya untuk itu FKM ingin membentuk program profesi.

“Untuk dokter, perawat dan psikolog sudah ada program profesinya, nah untuk program profesi kesehatan masyarakat sedang kita siapkan agar lulusan kami dapat bersaing dengan lulusan luar negeri. Di Amerika sudah ada profesi dengan istilah Tier I, Tier 2 dan Tier 3 sedangkan di Indonesia setara dengan KKNI Level 7, 8 dan 9. Sehingga lulusannya nanti mendapatkan gelar certified of public health professional,” ujarnya.

“FKM sendiri dipercaya untuk membantu pemerintah dalam program penyelamatan 1000 hari kehidupan dan juga stunting di beberapa daerah seperti Brebes, Temanggung dan Kota Semarang. Kami juga berusaha untuk menangani pencegahan kaki gajah. Sehingga segenap Civitas akademika FKM Undip tidak hanya bersandar pada teori saja namun juga praktek di lapangan dan juga pengabdian dimasyarakat,” imbuhnya.

Sumber undip.ac.id

KTA IAKMI Kamu Bermasalah? Berikut Ini Daftar Pengda IAKMI se Indonesia

Jika anda mengalami masalah terkait KTA IAKMI, atau daftar anggota baru, anda bisa menghubungi salah satu nomor kontak Pengda IAKMI berikut ini.

Banyak rekan – rekan SKM yang menanyakan tentang prosedur pengurusan KTA IAKMI yang bermasalah, atau prosedur pendaftaran sebagai Anggota IAKMI baru. Jika anda mengalami hal yang sama, anda bisa menghubungi salah satu nomor kontak Pengda IAKMI dibawah ini:

 

No Daerah/Wilayah Nama Ketua dan Sekretaris Umum Alamat, Tlp. Fax. Email Kontak Person Contact Person Tim Verifikasi KTA /STR
1 Pengda Nanggroe Aceh Darusalam Asnawi Abdullah , SKM, MHSM, MSc.HPPF, DLSHTM, Ph.D Jln. Kampus Unmuh No. 49 Lumbata Banda Aceh Kode Pos 4234
Fax. 0651-34091, Telp. 0651-33773
asnawi.abdullah@gmail.com
Bapak Asnawi Abdullah
Hp. 0852 7505 8091
Asnawi Abdullah, SKM, MHSM, MSc.HPPF, DLSHTM, Ph.D
Hp. 0852 7505 8091
Email: asnawi.abdullah@gmail.comFarrah Fahdhiehie, SKM, MPH
Wardiati, SKM, M.Kes.
Hp. 0852 6057 5605
2 Pengda Sumatera Utara Dr. Indra Shalahuddin, M.Kes., MM.

Oslida Martony, SKM, M.Kes.

Dr. Kintoko
FKM Univ. Sumatera Utara
Jln Universitas No. 21 Kampus USU Padang Bulan Medan 20155
Telp. 061-8213221, Fax.061-8213221
kintokorochadi@yahoo.com
Indra Shalahuddin
Hp. 0811 655 662Oslida M.
Hp. 0812 6524 704
oslida@yahoo.com
Dr. Kintoko
Hp. 0813 7617 2230
Dr. Kintoko
Hp. 0813 7617 2230
Email: kintokorochadi@yahoo.comOslida M.
Hp. 0812 6524 704
Email: oslida@yahoo.com
3 Pengda Sumatera Barat Nizwardhi Azkha, SKM, MPPM, MPd, MSi

Evino Sugiarta,SKM

Jln. Perintis Kemerdekaan No. 65 A Padang
Telp. 0751-39796-25642
Fax. 0751-33437
deffku@gmail.com azkha.Nizwardi@yahoo.co.id
nizwardi.azkha@yahoo.co.id
Nizwardi Azkhar
Hp. 0812 675 2709
(jln Handayani III/109 Perumdam III Siteba Padang)
Nizwardhi Azkha, SKM, MPPM, MPd, MSi
Hp. 0812 675 2709
azkha.Nizwardi@yahoo.co.id
4 Pengda Jambi Bayrizal, SKM, M.Kes.

Dr. Sukmal Fahri, S.Pd., M.Kes.

Kampus Analis Kesehatan
Jalan H.Agus Salim No. 15 Kota Baru Jambi
Tlp. 0741-41331
bayrizal.mkes@gmail.com
Bayrizal, M.Kes
Hp. 085368167464
H. Subarki, SKM, M.Kes.

Ummi
Hp. 081314385775

5 Pengda Riau Dr. H. Zainal Abidin, MPH

Nopriadi, SKM, M.Kes

Jalan Mustofa sari No. 5 Tangkerang Selatan Pekanbaru No. Tlp. 0761-33615 fax. 0761-863646
Email : iakmi_riau@yahoo.com nopriadi_dhs@yahoo.com
Zainal Abidin
Hp. 0812 75866 099/0811 759 199Nopriadi
Hp. 0812 7707 6757/0853 6591 5691
Fax. 0751-32838
Dr. Zainal Abidin,MPH.
HP. 0812 75 866 099
Email: zetabidin2011@yahoo.comH.Ahmad Hanafi, SKM, M.Kes
Hp. 0812 7608 6626
Email: ahmad_hanafi53@yahoo.com

Nopriadi, SKM, M.Kes
Hp. 0853 65915 691
Email: nopriadi_dhs@yahoo.com

Agus Alamsyah. SKM, M.Kes
HP. 0852 1128 4826
Email: agus41@gmail.com

Jasrida Yunita,SKM
Hp. 081371919 944
Email: jasridayunita@gmail.com

Dwi Sapta A.SKM, M.Kes
Hp. 0813 7816 3808
Email: ihsanyuldi@gmail.com

Betty Nia Rulen, SKM,M.KL
Hp. 0813 6380 3003
Email: ayash_84@yahoo.com

Puspito Rahardjo, SKM
Hp. 0853 65055 958
Email: puspito19@yahoo.com

6 Pengda Kepulauan Riau Rustam SKM, Msi. (Ketua)

Tatang Hidayat, SKM, DP&E

a/n Rustam Dinkes Prov. Kepri Jalan Achmad Yani No. 62 Tanjung pinang.
Tlp. Fax. 0771-7331052
Tlp. Fax. 0771-7330151/52
iakmi.kepri@gmail.com
Rustam
Hp. 0811 779 015
Tatang Hidayat,SKM, DP&E
Hp. 0812 7009 6777
Andi Kurniawan
Hp. 0813 64694 9995
Email: –
7 Pengda Sumsel Dr. H. Amar Muntaha, SKM, M.Kes.

Erma Agustina, ST, M.Kes.

Dr. H. Amar Muntaha.
Hp. 0812 7100 934
Fax.0711-321707 – 420972,
Tlp. 811124Erma Agustina, ST., M.Kes
Hp. 0813 6806 5660
  • Amar Muntaha, SKM, M.Kes

Hp. 0852 5728 5555
Email: amar_muntaha@yahoo.co.id

  • Erma Agustina, ST., M.Kes

Hp. 0813 6806 5660
Email: erma_syarif@yahoo.com

  • Dian Eka A., SKM, M.Kes

Hp. 0813 6720 3713
Email: dianeka_82@yahoo.co.id

8 Pengda Bangka Belitung Hermain, SKM, MKM.

Sunar Nugroho Adiatmoko, SKM, M.Si

Komplek Perkantoran dan permukiman Terpadu Air Itam Pangkal Pinang Tlp. 0717-439034 Fax. 439085 syarifudinprabu@gmail.com
iakmibabel2015@yahoo.co.id
Hermain, SKM, MKM.
Hp. 0819 7779 0587
Tlp/Fax 0717-439034Syarifufin
Hp. 0852 1402 4464
Tlp/fax0717-439034
  • Syarifufin

Hp. 0852 1402 4464
Email: –

  • Ghita Fazrianti

Hp. 0812 7117 1080
Email: –

9 Pengda Bengkulu Drs.Amin Kurnia
Yusrizal M, SKM, M.Kes
STIKES Bhakti Husada Bengkulu. Jalan Kini Balo No. 8 Kel. Kebun Tebeng Kec. Ratu Agung Bengkulu
stikesbh03@gmail.com
aminkurnia58@yahoo.com
Drs. Amin Kurnia, SKM, MM.
Hp. 0852 6735 5387
Tlp. 0736-26306
Fax. 0736-22655 Yusrizal
Hp. 0813 6794 3631
  • Fiya Diniati,SKM, M.Kes

Hp. 0852 680 64242
Email: fiyadiniarti@yahoo.co.id

  • A. Tarmizi Daud, SKM, M.Kes.

Hp. 0812 8601 2999
Email: atedetarmizi27@gmail.com

  • Deltari Novianti, S.Psi, MM.

Hp. 08583 9018 442
Email: delta_loecoe@yahoo.com

10 Pengda Lampung Abi Kusno Djamaluddin, SKM, M.Kes

Noviansyah,SKM, MKes, AAK

Dinkes Provinsi Lampung
Jl. Dr. Susilo No. 44-46 Pahoman Bandar Lampung 35213
Telp.0721-267456
novians76@yahoo.com
abikusno_wi@yahoo.com
Abi Kusno Djamaluddin HP. (0811795693)
kantor : 0721-704550Noviansyah, SKM, MKes, AAK
(Dinkes Prov. Lampung)
Tlp. 0721-264091, Fax.257516
Noviansyah, SKM, MKes, AAK
Hp. 0812 793 0932
Email: novians76@yahoo.com
11 Pengda Banten Maman Sutisna, SKM, M.Kes. STIKES FALETEHAN Serang Jalan Raya Cilegon Km 6 Pelamun Kramatwatu, Serang
Telp. 0254-232729, Fax. 230054
wirolemu@yahoo.com
Maman Sutisna, SKM
Hp. 0812 9459 040Muklasin
Hp. 0857 1458 9703
Muklasin
Hp. 0877 7439 1870
Email: sintong212@gmail.com
12 Pengda DKI Jakarta Dr. Hj. Dien Emawati, SKM

Edwin Nasli, SKM

Ka Dinkes Prov. DKI Jakarta Jl. Kesehatan No. 10 Jakarta Pusat, Blok B lt.1
Tlp. 021-3813217
Fax. 34834872/73
keslingdinkesdki@gmail.com
dr.Dien E.
Hp. 0815 8642 0058Edwin Nasli
Hp. 0818 0664 2608
Refni Dumesti
Hp. 0812 8686 7099
Email: refnidumesty@gmail.comAmir Abyan, SKM
Hp. 0897 865 7439
Email: amir.abyan@yahoo.co.id
13 Pengda Jawa Barat dr. Hj. Ahyani Raksanagara, M.Kes.

Ejeb Ruhyat, SKM., M.Kes

Pascasarjana IKM UNPAD Jalan Prof. Eijekman No. 38 Bandung

iakmipengdajabar@yahoo.com

Ahyani Raksanagar
Hp. 0812-8998-0911Ejeb Ruhyat
Hp. 0813-2179-9973; 0878-2320-0424
Email: eruhyat@yahoo.com

Sofyan Effendi
Hp. 0815-6004-267; 0878-8969-8913; 0812-2145-8382
Email: fyan_effendi@yahoo.co.id

Deni K. Sunjaya
Hp. 0813-2835-6775

Sofyan Effendi
Hp. 0815 6004 267
Email: fyan_effendi@yahoo.co.id
14 Pengda Jateng DR. Dr. Sutopo Patriajati, MM, M.Kes

Ari Wuryanto, SKM, M.Kes

FKM UNDIP, Tembalang, Semarang Jawa Tengah
spjati@yahoo.com
Dr. Sutopo
Hp. 08122844066Ari Wuryanto
Hp. 08122843519
Ari Wuryanto, SKM, Mkes
Hp. 0812 284 3519
Email: arie_wur@yahoo.com
15 Pengda DI Yogyakarta Prof dr Laksono Trisnantoro, MSc., Ph.D

drg. Daryanto Chadorie, BSc.,Mkes

PMPK-FK UGM d.a. Gd. IKM Baru, Sayap Utara lt 2 Jalan farmako sekip utara yogyakarta 55281
Telp/Fax. 0274-549423-25
jatiuntari@gmail.com
trisnantoro@yahoo.com
Prof. Laksono
Hp. 0811 253 295Jati
Hp. 08122 769 708
Ariyanto Nugroho
Hp. 0819 3178 3263
Email: –
16 Pengda Jawa Timur Dr. Djazuly Chalidyanto, SKM, MARS.

Lutfi Agusalim, SKM, MSc.

FKM UNAIR Jalan Muliorejo Kampus C Unair – Surabaya
Telp. 031-5920948
Fax. 031-5924618/597113
iakmijatim@gmail.com
lut_unair@yahoo.com
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.%20/”>djazuli@yahoo.com / djazulych@gmail.com
Dr. Djazuly Chalidyanto, SKM, MARS.
Hp. 08123265097Lutfi Agusalim, SKM, MSc.
Hp. 08123141371
Lutfi Agusalim, SKM, MSc.
Hp. 0812 3141 371
Email: lut_unair@yahoo.comSigit Ari Saputro, SKM, M.Kes
Hp. 0856 4037 0265
Email: sigit_saputro@fkm.unair.ac.id

Didiek Rachmadi, SKM, MPPM
Hp. 0812 1755 0439
Email: didiek.rachmadi@dinkesjatim.go.id

17 Pengda Bali dr. Partha Muliawan, MSc.

Dr. A.A A S. Sawitri

Prodi IKM Univ. Udayana
(PS IKM UNUD)
Jalan P.B. Sudirman Sanglah Denpasar
Telp. / Fax. 0361-7448773 / 781504 atau Alamat Rumah Pak Partha Jalan Kerta Husada V / 50 Denpasar 80224
parthamuliawan@yahoo.com
dr.januraga@gmail.com
Dr. Partha Muliawan
Hp. 0812 460 9151Dwipayanti
Hp. 08133 823 4802
Sang Gede Purnama, SKM, MSc.
Hp. 0877 3917 6777
Email: sang_gede@yaho.co.id
18 Pengda Nusa Tenggara Barat Mohammad Abdullah, SKM, MQIH

Zulhana, SKM, MM

Kampus FKM UNTB
Jalan Selaparan No. 40 B Cakranegara Mataram NTB
iakmi_ntb@yahoo.co.id
mdul_abe69@yahoo.co.id
Mohammad Abdullah
Hp. 0812 377 8850
Abdullah, SKM, MQih
Hp. 0812 3778 850
Email: –
19 Pengda NTT DR.dr.Hyronimua A. Fernandez, M.Kes
Dr. Yuli Butu, MSc. PH
Jl Palapa No. 22 Kupang NTT 85000 Telp. 0380-833086 Fax. 825734
Atau DR.dr. H.A. Fernandes, M.Kes.
Ka. Bappeda Prov. NTT
Jalan Polisi Militer No. 2 Kupang
Telp. 0380-831712-833462
fernandezha@gmail.com
Fernandez
Hp. 0812 3219 539
Telp. 0380-828180
  • Yendris K. Syamruth, SKIVI, M.Kes

Hp. 0813 3942 0482
Email: –

  • Dominirsep Ovidius Dodo, S.KM, M.P.H

Hp. 0852 3947 5867
Email: –

  • Vinsensius Belawa Making, S.KM.

Hp. –
Email: –

  • Maria Asumptq, S.KM

Hp. 0852 3974 7795
Email: –

20 Pengda Kalimantan Barat Eny Setyowati, SKM, M.Kes
Rizky Akbar
Dinas Kesehatan Kota Pontianak Jalan A. Yani Pontianak Kalbar.
Telp. 0561-7760528
Fax. 0561-732602
eny_dkk@yahoo.co.id
rachmat.mpkd@gmail.com
Eny Setyowati
Hp. 08125727013
  • Rizky Akbar

Hp. 0815 2202 875
Email: rahmat.mpkd@gmail.com

  • Epriyanto, SKM

Hp. 0852 3487 4540
Email: –

  • Rio Mustika, SKM

Hp. –
Email: –

  • Rezki Nanda, SKM

Hp. –
Email: –

21 Pengda Kalimantan Selatan Didy Ariady, SKM., M.Kes
Kasman, SKM., M.Kes
Poltekkes Kementerian Kesehatan Banjarmasin
Jl. H. Mistar Cokrokusumo No.1 A Banjarbaru
iakmi_kalsel@yahoo.co.id
ariadyspirit@yahoo.co.id
Kasman
Hp. 0852 2654 9077
Kasman
Hp. 0852 2654 9077
Email: kasman.ph@gmail.com
22 Pengda Kalimantan Tengah Windarto, SKM, MA.
Djono Koesanto, MPH
Sekretariat Dinas Kesehatan Prov. Kalteng . Bidang Jamsarkes Jalan Yos Sudarso No. 9 Palangkaraya Kalteng No, tlp./fax 0536-3227604
windartow@yahoo.com dan windartow@gmail.com
Windarto
Hp. 0852 4507 6881
Windarto SKM, MA.
Hp. 0852 4507 6881
Email: windartow@yahoo.com
23 Pengda Kalimantan Timur Dr. Rahmat Bakhtiar, MPPM
Dr. Iwan M. Ramdan, SKep, M.Kes.
Dinas Kesehatan Prov. Kalimantan Timur. Jalan A. Wahab Sjahranie Samarinda Fax. 0541-748881 atau FKM Univ. Mulawarman
T/F.0547- 202699
Alamat Rumah Sjahrani Djedi
Jalan Jakarta Perum Korpri Loabakung Blok BN No. 23 RT. 057 Samarinda
Telp. 0541-6275519, Fax. 743810
bakhtiar_rahmat@yahoo.com
Rachmat Bachtiar
Hp. 081347213996
Iwan M. Ramdan
Hp. 0812 5424 118
  • Dr. Iwan M. Ramdan, SKep, M.Kes.

Hp. 0812 5424 118
Email: –

  • Rachmat Bachtiar

Hp. 0813 4721 3996
Email: bakhtiar_rahmat@yahoo.com

24 Pengda Sulawesi Utara Prof. dr. Jootje M.L. Umboh, MS.
Nico Tambajong, SKM.
FKM Univ. Samratulangi Kampus Unsrat KLEAK Manado telp. 0431-827130 fax. 827129
Jootje.umboh@gmail.com
Prof.Dr.Umboh
Hp. 0812 430 1947
Nico T.
Hp. 0812 4400 691
Prof. dr. Jootje M.L. Umboh, MS.
Hp. 0812 430 1947
Email: jootje.umboh@gmail.com
25 Pengda Gorontalo Dr. Nurindah Rahim, MS
dokternet_gaul@yahoo.com
iakmigorontalo@ymail.com
dr. Mas’ud Idris
Hp. 085256080123
Tlp. 0435-823527, Fax. 825510
Sunarto
Hp. 0812 4419 262
Email: –
26 Pengda Sulawesi Tengah Dr. Erson Sirait, M.Kes. Jalan Towua No. 114 Kampus STIK Indonesia Jaya Lt. 4 Sayap Barat
Palu. Tlp. / Fax 041.485603
Dr.esron_sirait@yahoo.com
dresron_sirait@yahoo.com esron.sirait@yahoo.com
Erson Sirait
Hp. 0852 4227 5152
Dr. Erson Surait, M.Kes.
Hp. 0852 422 75 152
Email: esron.sirait@yahoo.com
27 Pengda Sulawesi Selatan Prof. Dr. drg. Andi Zulkifli, M.Kes.
Muhammad Ikhtiar, SKM, M.Kes
FKM Univ. Hassanudin Jalan Perintis Kemerdekaan Km 10 Makassar – Sulawesi Selatan Tlp. 0411-585658/516005 F. 586013
Fax Pasca 0411-585868
zulkifliabdullah@yahoo.com
iakmisulsel@gmail.com
Prof. Dr. drg. Andi Zulkifli, M.Kes.
Hp. 0813 4270 6750
Tanti astianti
Hp. 0852 9995 0212
  • Aminuddin Syah

Hp. 0852 31605 650
Email: amin.gaul@gmail.com

  • A. Mansur Sulolipu

Hp. 0813 4257 3234
Email: amsulolipu@gmail.com

  • Muhammad Ikhtiar

Hp. 0853 4372 3079
Email: ikhtiarkesling@gmail.com

28 Pengda Sulawesi Barat nowrap=”nowrap” Nugroho Hamid, SKM, M.Kes
Abd. Madjid, SKM, M.Kes
Sekretariat : Desa Bambu
Jalan Poros Mamuju-Bandara
Mamuju SULBAR
iakmisulbar@ymail.com
nugrohohamid@ymail.com
Nugroho Hamid, SKM, M.Kes
Hp. 0812 4277 8404
Abd. Madjid, SKM, M.Kes
Hp. 0813 4261 1818
Nugroho Hamid, SKM, M.Kes
Hp. 0812 4277 8404
Email: nugrohohamid@ymail.com
Abd. Madjid, SKM, M.Kes
Hp. 0813 426 11 818
Email: –
29 Pengda Sulawesi Tenggara Ramadhan Tosespu
Imran (Ketua Harian)
Dr. Nani Yuniar
Gedung FKM UNHALU, Lt.1 Kendari
naniyuniar@yahoo.co.id
imranoder@gmail.com
Ramadhan Tosepu
Hp. 0852 3115 4299
Dr. Nani Yuniar
Hp. 0812 3138 0635
Imran
Hp. 0813 5487 2332
  • DR. Nani Yuniar, S.Sos., M.Kes

Hp. 0812 313 80 635
Email: naniyuniar@yahoo.co.id

  • La Ode Ali Imran Ahmad, SKM.,M.Kes

Hp. 0813 548 72332
Email: imranoder@gmail.com

30 Pengda Maluku nowrap=”nowrap” Helda de Jong, SKM, M.Kes.
Billy Talarima, SKM, M.Kes
Dinkes Prov. Maluku
Jalan Dewisartika Karang Panjang Ambon Maluku
Tlp. 0911-355158
Helda
Hp. 0813 4305 4568
Email: helda_ku@yahoo.com
Billy
Hp. 0823 9951 2775
Email: bellytra.talarima@gmail.com
Billy Talarima
Hp. 0823 9951 2775
Email: billytra.talarima@gmail.com
31 Pengda Maluku Utara Jl. A. M. Kamaruddin Siko Ternate Telp. 0921-23934
Fax. 328555
tati.sumiyati@gmail.com
Aryadi Mandaya, SKM
Hp. 0858 5534 2623
Tati Sumiyati
Telp. (0921) 326136
Hp. 0813 5609 0097
Tati Sumiyati
Hp. 0813 560 900 97
Email: tati.sumiyati@gmail.com
32 Pengda Papua Drs. A.L. Rantetampang, M.Kes Sekretariat IAKMI Papua
Jl. Raya Sentani Abepura.
Gedung Baru FKM Uncen Lt. 2
Telp/Fax. (0967) 588014
alrant17@yahoo.co.id, iakmipapua@yahoo.com
Drs. A.L. Rantetampang, M.Kes.,
Hp. 0812 1800 593
Agus
Hp. 081344665518
Drs. A.L. Rantetampang, M.Kes
Hp. 0812 1800 593
Email: iakmipapua@yahoo.com
Agus
Hp. 0813 4466 5518
Email: –
33 Pengda Papua Barat nowrap=”nowrap” Yaconias Yaconias
Hp. 0813 4485 4730
Email: Yaconias.toisuta@yahoo.com
Ning Santjojo
Hp. 0812 4808 8000
Email: santjojoning@yahoo.com
Yaconias
Hp. 0813 4485 4730
Email: yaconias.toisuta@yahoo.com
34 Pengda Kalimanatan Utara nowrap=”nowrap” Pollymaart Sijabat, SKM, M.AP
Dedy Prasetya Noor, SKM
Pollymaart Sijabat
Hp. 0812 9041 5430
Email: dinkeskaltara@gmail.com

Bertanya Tentang Surat Ijin Kerja atau SIK Untuk SKM

Kemarin, salah seorang pembaca Kesmas-ID, saudari Annisa Sani, SKM lulusan UAD Yogyakarta, bertanya kepada kami (Admin), menanyakan tentang Surat Ijin Kerja atau SIK Untuk Nakes SKM.

Annisa lulus tahun 2016 dari kampus UAD Yogyakarta, dan diterima sebagai pegawai BLUD tenaga Epidemiologi Kesehatan di Dinkes Kabupaten Bandung pada Januari 2017.

Ia menanyakan, untuk SKM kira-kira pernah ada yang mengurus SIK (Surat Ijin Kerja) atau tidak? Jika ada, apa bisa diinfokan prosedur pengurusannya, karena tempatnya bekerja, meminta SIK.

Setelah Admin mencari informasi ke beberapa sumber, kami mendapat jawaban dari Pak Ejeb Ruhyat selaku Sekretaris Pengda IAKMI Jawa Barat, dimana beliau juga mengkonsultasikan hal ini kepada Waketum IAKMI Pusat, Pak Dedi Supratman, menerangkan bahwa Pengurus Pusat IAKMI tidak bisa mengeluarkan SIK, karena belum ada aturan yang mengatur SIK untuk nakes SKM.

Yang dapat dilakukan oleh Pengda IAKMI yaitu menerangkan secara normatif bahwa yang bersangkutan merupakan anggota IAKMI, dan siap membantu advokasi secara langsung kepada yang bersangkutan manakala staf Dinkes memerlukan penjelasan secara langsung.

Kesimpulan yang dapat diambil dari informasi ini yaitu, TIDAK ADA Surat Ijin Kerja atau SIK untuk Nakes SKM.

Saat kami konfirmasi kembali ke saudari Annisa, pihak Puskesmas akhirnya memaklumi jika SKM belum ada SIK.

Jika anda juga mengalami hal seperti ini, dan memerlukan penjelasa lebih detil, anda bisa menghubungi Pengurus Cabang atau Pengurus Daerah IAKMI tempat anda tinggal.

STR Kamu Bermasalah? Ini Nih Daftar Kontak Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi (MTKP) se Indonesia

Daftar Kontak Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi (MTKP) untuk Surat Tanda Registrasi (STR) Tenaga Kesehatan.

Daftar Kontak Majelis Tenaga Kesehatan Provinsi (MTKP) untuk Surat Tanda Registrasi (STR) Tenaga Kesehatan.

NO

PROVINSI

ALAMAT

HP/TELP/FAX

EMAIL

1

Sumatera Utara

Jln. H.M. Yamin, SH No.41 A, Medan

HP: 081264086000

Telp: 061-4524550

Fax: 061-4524550

drgjauhari@yahoo.com 

 2

Sumatera Barat 

Jln. Perintis Kemerdekaan No. 65 Padang

HP: 0811668930

Telp: 0751-39796

Fax: 0751-33437

drgbakhtar@yahoo.co.id

 3

Riau

Dinas Kesehatan Provinsi Riau

Jln. Cut Nyak Dien III Pekanbaru

HP: 08127675877

Telp: 0761-32810

Fax: 0761-24260

 mtkp.riau@gmail.com

4

Bangka Belitung

Komplek Perkantoran Propinsi Kep. Babel

HP: 08127302863

Telp: 0717-439034

Fax: 0717-439034

riyadi_citro@yahoo.co.id

dinkes_kepeg@yahoo.co.id

5

Jawa Barat

Jln. Pasteur No. 25 Bandung Jawa Barat

HP: 08122325625

Telp: 022-4266516

Fax: 022-4266516

enoersita5@yahoo.com

mtkpjabar12@gmail.com

6

Jawa Tengah

Dinas Kesehatan Provinsi Jateng

Jln. Piere Tendean No. 24 Semarang

HP: –

Telp: 024-3511351

Fax: 024-3581963

 mtkpjateng@yahoo.co.id

7

DI Yogyakarta

Dinkes Kesehatan Provinsi DIY

Jln. Tompeyan R III / 201 Yogyakarta

HP: 08174114155

Telp: 0274-580987

Fax: 0274-580987

 elvyeffendie@yahoo.com

8

Bali

Dinas Kesehatan Provinsi Bali

Jln. Melati No.20 Denpasar

HP: 085935353510

Telp: 0361-222412

Fax: 0361-234

 o_nenk@yahoo.co.id

9

Kalimantan Selatan

Jln. Belitung Darat 118 Banjarmasin

HP: 081230797474

Telp: 0511-3355661

Fax: –

 sukamto.67_bjm@yahoo.co.id

10

Kalimantan Timur

Jln. A. Wahab Syahranie Samarinda

HP: 081347363909

Telp: 0541-748681

Fax: 0541-748681

nakeskltim@gmail.com

tantrihas@yahoo.co.id

11

Kalimantan Tengah

Jln. Yos Sudarso No. 9 Palangkaraya

HP: 081528321511

Telp: 0536-3220434

Fax: 0536-3220434

mtkp_kalteng@yahoo.com 

12

Gorontalo

Jln. Pangeran Hidayat, Kel. Paguyaman Kec. Kota Tengah, Kota Gorontalo

HP: 081340222537

Telp: 0435-831605

Fax: 0435-831604

 mtkp_gorontalo@yahoo.com

13

Sulawesi Barat

Jln. Kurungan Bassi No. 19 Mamuju, Sulawesi Barat

HP: 081342126262

Telp: 0426-21027

Fax: 0426-22579

 mtkp_sulbar@yahoo.com

14

Maluku

Jln. Dewi Sartika Karang Panjang, Ambon

HP: –

Telp: 0911-355668/ 355158

Fax: 0911-355668/ 345924

 asraramq@rocketmail.com

15

NTB

Dinkes Provinsi NTB

Jln. Swaramahardika , Mataram

HP: 0818361764

nining_70@yahoo.co.id

16

NTT

Dinkes Provinsi NTT

Jln. Palapa 22 Kupang

HP: 081331567070

Telp: 0380-820189

Fax: 0380-820189

wkimdju@yahoo.com

florentianustat@yahoo.co.id

17

Aceh

Jln. TGK Syech Mudawali, No. 6 Banda Aceh

HP: 081528321511

Telp: 0651-28356

Fax: 0651-28356

 sariesna@yahoo.com

18

Sulawesi Selatan

Dinkes Prov. Sulsel, Jln. Perintis Kemerdekaan KM 11 No. 11, Tamalanrea Makassar

HP: 081241297071

mtkp.sulsel@yahoo.co.id

19

Jambi

Jln RM. Nuratmadibrata, Jambi

0741-61175

mtkpjambi@yahoo.com

20

DKI Jakarta

Jln. Dinas Kesehatan No. 10, Jakarta Pusat

HP: 08129386323

Telp: 021-3451338

arianimurti@yahoo.co.id

21

Lampung

Dinkes Prov Lampung 

Jln. Dr. Susilo No. 46 Pahomah Bandar Lampung

0721-264091 / 0812-7906157

ppsdmdinkeslampung@yahoo.com

22

Maluku Utara

Jln. Raya 40 Soffi Kec. Oba Utara Tidore, Maluku Utara

HP: 08129089411

Telp : 0921-3127596

Fax: 0921-3128555

fantoafyan@yahoo.co.id

23

Banten

Dinkes Provinsi Banten 

Jln. Syeich Maulana Al- Bantani KP3B, Serang

Hp: 081-806230240

Telp: 0254-267023

leli.sdk_banten@yahoo.com

24

Papua Barat

Jln. Kotaraja No. 2 Manokwari

0986-212817

nurma_dr@yahoo.com

25

Kalimantan Barat

Jln. Abdul Hadi No. 07 Pontianak

Hp: 0852-45370499

Telp: 0561-766854

Fax: 0561-766854

dd.live@ymail.com

26

Sulawesi Tengah

Jln R.A. Kartini No. 11 Palu

0451-421070 / 0816-240449

mtkp_sulteng@yahoo.com

27

Jawa Timur

Dinkes Prov Jawa Timur

Jln. A. Yani II B

Hp: 081-334627768

Telp: 031-8291745 

sofie_nayma@yahoo.com

cid_akzi@yahoo.com

28

Bengkulu

Jln Indragiri 2 Padang Harapan, Bengkulu

Hp: 0852-17781210

Telp: 0736-22428 / 0736-23276,21290, 343549

dinkesbkl@yahoo.com

yellowdee1725@gmail.com

29

Papua

Jln. Raya Abepura Kotaraja Jayapura

0967-581558

 

30

Sulawesi Utara

Dinkes Prov Sulut. Jln. 17 Agustus Manado Sulut

0431-862892 / 0815-2301801

kepegdiknas_sulut@yahoo.com

31

Kepulauan Riau

Jln. Ahmad Yani 162, Tanjung Pinang

0771-7330132 / 0811755211

anidewiyana@yahoo.co.id

32

Sumatera Selatan

Jln. Dr. Moh Ali Komp. RSMH KM 3,5, Palembang

0711-321707 (fax), 0812-675877

mahdalena.desi@yahoo.com

Sumber Persakmi.co.id

Surat Untuk Mahasiswa Baru Kesehatan Masyarakat

Selamat datang, selamat mengabdi, berkarya, dan berdampak, selamat menjadi bagian dari Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia.

Halo kamu, Mahasiswa Baru Kesehatan Masyarakat Indonesia.

Di perjalanan Jakarta-Lombok, pikiran saya sangat terusik. Setelah menonton salah satu video pesan dari mentor saya, ada sebuah pertanyaan sederhana, “Seberapa banyak nilai-nilai yang sudah kamu bagikan kepada para penerusmu? Ingat, penyampaian nilai adalah bagian dari kaderisasi.” Maka, izinkanlah saya berbagi, tentang kisah saya, semoga bermanfaat ya 🙂


FOKUS: Anak KESMAS WAJIB Tahu!


Siapa saya? Hahaha, Right, nama saya Fitra. Saya seorang alumni Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia angkatan 2010. Tahun 2014 lalu saya memperoleh gelar sarjana saya, sayangnya, tidak cumlaude. IPK saya hanya 3,37. Biasa-biasa saja. Saya tidak termasuk golongan Mahasiswa Berprestasi secara Akademik, tapi saya beruntung karena diberi kehormatan untuk berangkat ke Jepang mewakili Indonesia dalam forum Urban Environmental Health in Asia, yang pesertanya khusus untuk S2 dan S3. Yap, benar, saya peserta termuda dan satu-satunya yang belum memiliki gelar Sarjana. Semasa kuliah, lagi-lagi IPK saya biasa biasa saja, skripsi saya tak ada yang istimewa, tapi sebelum wisuda, sudah di terima di 3 Perusahaan Besar, Oil & Gas, NGO, dan Konsultan Sistem Manajemen. Kini pekerjaan saya adalah berbagi, rutin ke perusahaan-perusahaan untuk memberikan pelatihan tentang Sistem Manajemen K3, Lingkungan, Mutu, dan Produktivitas, juga keliling kampus dan komunitas untuk berbagi tentang Leadership, Kreativitas, dan ‘Movement’.

Dulu, tidak ada sedikit pun cita-cita saya untuk menjadi bagian dari Kampus Kesmas. Yap, saya salah jurusan awalnya. Saya nyasar. Dari sinilah perjalanan saya dimulai. Ada yang merasa senasib?

Mei 2010

Pengumuman Ujian Saringan Masuk ITB di release. Arsitek adalah cita-cita saya. Seorang anak SMA lugu asal Pati, Jawa Tengah, berangkat ke Bandung untuk mengikuti Bimbingan Belajar Masuk ITB. Sebulan penuh di kota orang, belajar mati-matian demi menggapai cita-cita. Beberapa kali try out, nama saya selalu masuk 10 besar, dari total hampir 500 siswa bimbel tersebut. Optimis? Yap, sangat. Kampus ITB sudah di depan mata. Namun ternyata, Tuhan ingin menggoda. Musim dingin mulai menghinggapi kota kembang ini tepat 2 minggu sebelum ujian dimulai. Suhu dingin sekali, sering hujan, dan membuat anak pantura ini shock iklim. Saya flu berat, 1 minggu sebelum ujian. Batuk, Pilek, ditambah terkena gejala tipes tepat 3 hari sebelum ujian. Kamu pasti tahu hasilnya, yap, akhirnya saya tidak diterima. Di hari pengumuman itu, saya menangis sejadi-jadinya. Rasanya masa depan yang tadinya cemerlang, hilang begitu saja.

Juni 2010

Simak UI, diumumkan. Saya yang waktu itu iseng mendaftar, dengan tiga pilihan : Kedokteran, Arsitek, dan Kesehatan Masyarakat, ternyata diterima di pilihan ketiga. Kesmas. Kebimbangan pun di mulai. Tadinya, saya ingin mencoba lagi mendaftar di ITB lewat jalur SNMPTN. Tapi, hari H ujian ternyata bersamaan dengan hari pendaftaran ulang Simak UI. I must choose.

Teguh memperjuangkan impian dengan memilih SNMPTN, atau mengorbankan impian demi memilih kepastian.

Di saat itu, saya terserang panic syndrom. And the end, saya menggadaikan impian saya dengan memilih kepastian, yaitu kuliah di Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia. Mungkin diantara kamu yang membaca ini, ada yang mengalami hal yang serupa dengan saya. Masuk di pilihan jurusan yang kesekian, dan jurusan yang sangat asing bagimu.

Apakah saya menyesal? No, sekarang saya justru bersyukur atas pilihan saya dulu. Saya sangat bangga menjadi bagian Kesehatan Masyarakat Indonesia 🙂

Agustus 2010

Seorang Mahasiswa Baru, akhirnya berdamai dengan dirinya sendiri, dan mulai mencari tahu sedetail mungkin tentang kampus dan jurusan tempatnya kuliah. Kegalauan untuk pindah jurusan terus menghantui, apalagi setelah tahu, bahwa 70% dari mahasiswa jurusannya adalah perempuan. Hahaha, Fakultas Kebanyakan Muslimah julukannya. Tapi, jurusan ini benar-benar membuat penasaran. Dulu, di semester pertama, saking galaunya, saya menghubungi guru-guru besar Kesmas di UI, untuk ngobrol, tentang hal yang sangat sepele, yaitu Apa itu Kesmas? Bagaimana Masa Depannya? Kenapa Bapak atau Ibu memilih kesmas? Sungguh, sekarang saya merasa itu adalah pertanyaan yang bodoh hahahaha.

Prof Ascobat Gani, berkata dalam bukunya, Public Health is something to do with loving the People.

Prof Hasbullah, dalam sebuah diskusi berkata, Kesmas itu prevent, protect, dan promote.

Ibu Agustin, dalam diskusi, menjelaskan, kesmas itu membangun masyarakat agar bisa hidup sehat, baik secara fisik, mental, spiritual, dan lain sebagainya.

Ada juga Prof Adik, Prof Wiku, Pak Bambang, Prof Made, dan dosen-dosen lainnya yang memperkuat keyakinan saya.

Bahwa ini adalah jalan yang dipilihkan Tuhan. Kesehatan Masyarakat adalah tempatnya mencetak para arsitek yang bisa membuat masyarakat tidak sakit. Yes. Prevent, Promote, Protect. Its more difficult than build a Tower, we must build a community. Its about build paradigm.

Tepat di bulan Januari 2011, akhirnya saya berdamai, dan memilih kesmas sebagai jalan hidup saya. Bagi saya, jurusan ini sangat unik dan istimewa. So, buat kamu yang masih galau tentang kesmas, silahkan berdiskusi bersama saya 🙂 semoga saya bisa membantumu.

Saya selalu ingat wejangan mentor-mentor saya di kampus. Mereka selalu bilang, yang menentukan kualitas seseorang ada 2, yaitu orang yang paling sering dia temui, dan buku yang paling sering dia baca.

Saya menerjemahkannya menjadi 2, yaitu ikut organisasi, seminar, conference, dan bergaul dengan orang keren sebanyak-banyaknya, maka kamu akan ikut keren. Lalu, baca buku-buku akademis, pengembangan diri, biografi, dan tema-tema yang bisa meningkatkan kemampuan, wawasan, dan karakter kamu.

Maka, setiap tahun, saya selalu antusias mengikuti berbagai organisasi yang tentunya bukan cuma numpang nama doang, tapi siap berkontribusi maksimal baik waktu, pikiran, tenaga, maupun finansial. Tentu, hasil akan sesuai dengan usaha dan pengorbanan yang kita lakulan, setuju?

Di tahun pertama dan kedua, saya mengikuti total 8 Organisasi dan banyak sekali kepanitiaan, baik yang levelnya fakultas maupun universitas. Seminar yang saya ikuti pun tak terhitung jumlahnya, lebih dari 40 yang ada bukti sertifikatnya. Semangatnya cuma satu, selagi muda saatnya berkontribusi dan belajar sebanyak-banyaknya. Saya jamin, banyak sekali manfaatnya. Apakah capek? Jelas, super capek sekali, hehehe, tapi jalani saja. Libatkan hati yang tulus, supaya segalanya terasa ringan.

Di Akademik? Saya biasa-biasa saja. Ini yang sekarang cukup saya sesali hehe, belajarnya dulu sistem kebut semalam. Secara angka IPK mungkin saya kalah, tapi secara wawasan dan diskusi saya berani diadu hehe. Dulu, saya berjanji pada diri saya sendiri, minimal harus ada yang bisa dibanggakan. Karena tekad yang kuat, saya pun menjuarai beberapa perlombaan akademik, yaitu Juara 2 PKM-Pengabdiam Masyarakat tingkat UI, Juara Debat Bahasa Indonesia, beberapa kali paper saya lolos conference internasional. Cukup puas? Belum, rasanya banyak hal lain yang seharusnya bisa dicapai.

Di tahun kedua hingga keempat, alhamdulillah, saya dipercaya menjadi nahkoda beberapa organisasi dan kepanitiaan, diantaranya BEM FKM UI, KOMPI UI, Kastrat BEM FKM UI, ISMKMI dan beberapa lainnya. Pesannya sederhana, ketika kamu mengabdi di sebuah organisasi, loyal dan fokuslah hingga suatu saat kamu dipercaya menjadi nahkoda atau tim intinya. Karena semakin tinggi level kita, semakin besar kebermanfaatan yang bisa diberikan, InsyaAllah.

Saya sangat percaya pepatah, 1 musuh terlalu banyak, 1000 teman terlalu sedikit. Maka, bergaulah tanpa membeda-bedakan. Dulu saya punya cita-cita, minimal 1 teman di 1 kota, saya pun mengikuti organisasi level Nasional, yang isinya anak Kesmas Se-Indonesia, ISMKMI namanya, dan disana mimpi saya terwujud. Bukan hanya mendapat teman, bahkan saya mendapat kesempatan jalan-jalan keliling indonesia. Raja Ampat salah satunya. 🙂

Dulu ketika awal-awal menjadi leader, saya sering banget melakukan kesalahan, arogan, kurang mendengar, dan lain sebagainya.

Mentor saya selalu bilang, “hidup itu belajar. Nggak papa salah sekarang waktu masih di kampus, daripada nanti waktu udah mimpin negeri ini? Jadi puas-puasin dulu salahnya, supaya nanti nggak salah lagi.”

Itu kalimat yang selalu menghibur saya, hehehe. Tapi, jangan sampai salah sampai kedua kalianya, apalagi berkali-kali, bisa bahaya itu.

Dulu sewaktu kuliah, salah satu yang paling saya sukai adalah turun ke jalan. Yap, bahasa umumnya DEMO, adrenalin selalu naik ketika jaket kuning digunakan turun ke jalan sambil menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Saya percaya, mahasiswa adalah penyambung lidah rakyat, jadi ketika ada sesuatu yang salah dan tidak berpihak kepada rakyat, suarakanlah. Tentu, harus logis, berdasarkan moral dan intelektual, nggak asal turun ke jalan ya. Buat yang mau diskusi tentang gerakan mahasiswa, saya siap menjelaskan sejelas-jelasnya. Hehe. Dulu, gara-gara keseringan demo, saya sampai beberapa kali di undang Ibu Menteri Kesehatan (Ibu Nafsiah Mboi) untuk ketemu dan ngobrol, berulang kali diundang kemenkes untuk membicarakan isu-isu kesehatan. So, bukan Demo yang anarkis ya, tapi cerdas dan strategis.

Lalu buat kamu yang ingin meringankan beban orang tua, di kampus banyak sekali beasiswa, baik itu yang berdasarkan kemampuan ekonomi, prestasi, aktivis, maupun beasiswa leadership dan lain sebagainya. Selama di kampus, saat S1 saya diterima di 3 beasiswa, yaitu PPA waktu semester 1 (prestasi Akademis), Rumah Turki (Beasiswa dari Turki), dan PPSDMS NF (Beasiswa Karakter & Leadership). Saat ini, mungkin sudah sangat banyak beasiswa yang bisa kamu raih. Pasti Bisa! Tinggal kamu penuhi semua persyaratannya.

Sekarang, sambil bekerja di Perusahaan saya sendiri, saya sedang menyelesaikan S2 saya di bidang Keselamatan, Kesehatan, Kerja FKM UI. Akhirnya, saya merasa belum puas hanya sampai di S1, saya nagih kuliah lagi di Fakultas Kesehatan Masyarakat. InsyaAllah, tahun 2017 sudah bisa meraih gelar Master Keselamatan Kesehatan Kerja (M.KKK), doanya ya semua.

Saya selalu percaya, Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat. Manfaat kita akan semakin banyak, ketika kita semakin banyak belajar, baik di dalam kelas dan di luar kelas. 4 tahun di kampus adalah waktu yang terlalu sebentar, maka maksimalkan karyamu, maksimalkan kontribusimu, buat ceritamu sendiri. Dan ceritakanlah nanti kepada adik-adikmu, cerita-cerita lucu, haru, semangat yang nantinya bisa menggugah siapun yang mendengarnya. Mari, cetak sejarahmu di Kampus Kesehatan Masyarakat:)

Saya ucapkan, Selamat Datang para mahasiswa baru kesehatan masyarakat, selamat mengabdi, berkarya, dan berdampak. Sangat sayang jika selama 4 tahun kuliah hanya kamu habiskan di dalam kelas. Keluarlah, carilah lahan untuk bermanfaat sebanyak-banyaknya. Selamat menjadi bagian dari Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia. Masa Depan Indonesia ada di pundak kita semua.

Hidup Mahasiswa!

Hidup Rakyat Indonesia!

Hidup Kesehatan Masyarakat Indonesia!

Salam Hangat,

Penulis: Mn Fitra

6 Langkah Pembuatan STR SKM Secara Online

Dengan pendaftaran secara online ini diharapkan dapat mempercepat proses penerbitan STR & transparansi proses status penyelesaian berkas.

Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia(MTKI) adalah lembaga yang berfungsi untuk menjamin mutu tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan. Salah satu peran dalam program tersebut MTKI adalah menerbitkan Surat Tanda Registrasi (STR).

Dalam era globalisasi dan modernisasi saat ini yang semakin maju MTKI mengambil peluang untuk meningkatkan pelayanannya dalam mempercepat pembuatan STR baik untuk tenaga kesehatan yang baru lulus maupun yang akan melakukan perpanjangan/reregistrasi dengan mengupayakan pembuatan STR tenaga kesehatan secara online (memanfaatkan jaringan internet).

Oleh karena itu untuk melancarkan dalam prosesnya MTKI menghadirkan sistem registrasi tenaga kesehatan termasuk SKM secara online berbasis web dan buku panduan untuk tenaga kesehatan dalam melakukan registrasi secara online dengan harapan akan lebih mempercepat proses pengajuan dan pembuatan STR dan yang lebih penting lagi aplikasi ini akan memberikan informasi kepada tenaga kesehatan sejauh mana berkas pengajuan yang diusulkan telah dilakukan.

Aplikasi pendaftaran pengajuan Surat Tanda Registrasi (STR) berbasis web/jaringan internet yang dikembangkan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) ditujukan untuk memfasilitasi pendataan pendaftaran tenaga kesehatan untuk registrasi baru secara online.

Aplikasi ini hanya ditujukan bagi lulusan pendidikan tenaga kesehatan yang terdaftar dalam Pangkalan data Pendidikan Tinggi (PDPT). Dengan pendaftaran secara online ini diharapkan dapat mempercepat proses penerbitan STR & transparansi proses status penyelesaian berkas.

Sebelum masuk ke dalam aplikasi, berikut berkas yang harus disiapkan terlebih dahulu oleh peserta sebagai berikut :

  1. Memiliki alamat email sendiri
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) peserta
  3. NPWP (jika yang sudah memiliki)
  4. Alamat Korespondensi (jika alamat berbeda dengan tempat tinggal)
  5. Alamat tempat kerja (jika sudah bekerja)
  6. Ijazah terakhir
  7. Sertifikat Uji Kompetensi (baru diberlakukan untuk perawat DIII, bidan, dan Ners)
  8. Bukti Pembayaran (PNBP) sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah) yang telah dibayarkan ke BRI dengan nomor rekening 0193.01.001868.30.7 dengan penerima “BPN 182 Pustanserdik Berkelanjutan” (atas nama pemohon/tidak diwakilkan ke orang lain)

Registrasi online klik disini

Tahapan proses registrasi dapat dilihat pada Panduan Registrasi Online Tenaga Kesehatan Berbasis Web – Unduh Disini