Puskesmas Ujung Loe Bagikan Obat Cacing Pada Anak Sekolah
Sasaran program pemberian obat cacing pada bulan Agustus 2019 adalah semua anak usia pra sekolah di semua sekolah yang berada di wilayah kerja Puskesmas Ujung Loe.
Spread the love

Salah satu sasaran pokok dari rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2015-2019 adalah meningkatkan derajat kesehatan Ibu dan Anak yang ditandai dengan membaiknya status gizi ibu dan anak, menurunnya angka kesakitan dan kematian ibu dan anak serta meningkatnya peran serta masyarakat (UKBM) di bidang Kesehatan Ibu dan Anak.

Penyakit kecacingan termasuk salah satu penyakit yang paling banyak ditemukan pada anak-anak terutama yang tinggal di daerah dengan personal hygiene dan sanitasi rendah. Penyakit ini memang tidak mematikan bahkan sering diabaikan karena kecacingan dalam jumlah kecil umumnya tidak menimbulkan gejala atau silent disease.

BACA JUGA:  Cegah PTM, Puskesmas Ujung Loe Gandeng Yamaha Motor

Pemberian Obat Cacing Pada Anak Sekolah

Namun bila dibiarkan, cacing dewasa yang dapat bertelur sehingga ibu dan anak cacingan menyebabkan kehilangan karbohidrat dan protein serta kehilangan darah, sehingga menurunkan kualitas sumber daya manusia.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh petugas kesehatan Puskesmas Ujung Loe yaitu pemberian obat cacing pada anak usia pra sekolah sekali setahun yang terintegrasi dengan pemberian Vitamin A. Kegiatan ini dimaksudkan dalam rangka akselerasi program Puskesmas Ujung Loe dalam memberantas penyakit kecacingan.

Sasaran program pemberian obat cacing pada bulan Agustus 2019 adalah semua anak usia pra sekolah di semua sekolah yang berada di wilayah kerja Puskesmas Ujung Loe.

Pemberian Obat Cacing Puskesmas Ujung Loe

Cacingan merupakan salah satu penyakit yang berbasis lingkungan maka perhatian terhadap sanitasi lingkungan perlu ditingkatkan. Sebenarnya infeksi cacing perut akan berkurang bahkan dapat dihilangkan sama sekali apabila diupayakan perilaku hidup bersih dan sehat seperti cuci tangan pakai sabun di lima waktu penting (setelah BAB, setelah membersihkan anak yang BAB, sebelum menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah memegang/menyentuh hewan) serta mengelolah makanan dengan benar, lingkungan bersih, makanan bergizi, yang nantinya akan tercapai dengan sendirinya dalam program pembangunan pengentasan kemiskinan.

BACA JUGA:  Tim Penggerak PKK Kec Krangkeng Gelar Rakor Persiapan Imunisasi MR di Posyandu

Jika keadaan ekonomi baik, maka ia akan membuat rumah yang lebih baik, jamban yang sehat, mengirim anak-anaknya ke sekolah supaya lebih mengetahui masalah kesehatan, serta ikut serta dalam penyuluhan kesehatan yang dilakukan oleh petugas kesehatan Puskesmas Ujung Loe sehigga dapat merubah perilaku ke arah perilaku hidup bersih dan sehat.

Tim Puskesmas Ujung Loe Bagikan Obat Cacing Pada Anak Sekolah

Sharing is caring!

(Visited 126 times, 1 visits today)