Cegah Novel Coronavirus, Ketua Dewan Etik Persakmi Enrekang Sosialisasi Pada Komunitas Senam

Jum’at 13 Maret 2020, berlokasi di Lapangan Batili Kabupaten Enrekang, Ketua Dewan Etik Pencab Enrekang Sulsel, sosialisasikan pencegahan Covid -19. Sasaran penyampaian informasi ini adalah seluruh jajaran Perangakat Daerah serta masyarakat yang ikut senam sehat bersama.

Syahril Pawakkari, SKM.M,Adm.Kes mengungkapkan bahwa Novel Coronavirus menjadi Trend Issue International dan sekarangpun menjadi Issue Nasional dan Lokal di Indonesia, sebagai kewaspadaan dini, Persakmi mengambil bagian dalam usaha penyebaran informasi yang baik terkait Virus yang lagi viral ini.

Dalam kegiatan senam rutin setiap Jum’at pagi di Lapangan Batili beliau mengungkapkan bahwa Virus yg dikenal dengan Novel Coronavirus (2019-nCov) atau Covid-19 adalah virus baru penyebab penyakit saluran pernapasan , virus ini berasal dari cina. Novel Coronavirus merupakan satu keluarga dengan virus Penyebaba SARS dan MERS.

Secara umum orang yang terpapar Covid-19 akan mengalami Gejala klinis Demam, Batuk Pilek, Gangguan pernapasan, sakit tenggorokan dan letih lesu.

Bapak yang juga menjabat Sekertaris Dinas Kesehatan inipun mengungkapkan bahwa, masyarakat tidak perlu panik dan termakan Hoax tentang penyebarluasan virus ini, tidak perlu memborong bahan makanan dan atau masker secara tidak wajar, yang terpenting menurut beliau adalah kita tetap menggalakan Gerakan sehat berbasis Perilaku, artinya Gerakan tersebut minimal diawali dari sendiri, keluarga dan komunitas masing- masing.

Edukasi Komunitas Senam Untuk Cegah Corona Virus

Pesan beliau adalah sedapat mungkin kita Berperilaku Hidup Bersih dan sehat dengan :

  1. Sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun,
  2. Mengkonsumsi gizi seimbang perbanyak sayur dan buah,
  3. Hati-hati kontak dengan hewan,
  4. Rajin olahraga dan istrihat yg cukup,
  5. Jangan mengkonsusmi daging yang tidak dimasak,
  6. Bila batuk pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan untuk pemeriksaan segera,
  7. Gunakan masker jika batuk dan pilek untuk mencegah penularan
    ke orang lain.Penggunaan masker ini perlu jika kita dalam keadaan
    sakit, untuk orang sehat tidak selalu untuk digunakan, dikecualikan
    bagi yang berpergian ke tempat- tempat keramaian .

Harapan dari kegiatan ini adalah bagaimana penyebarluasan informasi ini dapat memberikan informasi yang benar, meredam Hoax meredam kepanikan masyarakat.

Diakhir kegiatan peserta memberi dukungan sosial untuk pencegahan coronavirus dan berfoto bersama dengan memberikan dukungan untuk sama-sama menolak Corona Virus di Kabupaten Enrekang.

Sharing is caring!

(Visited 54 times, 1 visits today)