Cegah PTM, Puskesmas Ujung Loe Gandeng Yamaha Motor
Puskesmas Ujung Loe bekerja sama dengan Yamaha Motor (PT. Jaya Abadi Prospero) melakukan senam dan deteksi dini pemicu terjadinya penyakit bagi masyarakat.
Spread the love

Saat ini Indonesia mengalami beban ganda penyakit yakni angka kesakitan dan kematian penyakit menular yang masih cukup besar ditambah beban penyakit tidak menular.

Kenyataannya, dalam beberapa dasawarsa terakhir, kita mengalami transisi epidemiologi yang cukup parah dari angka penyakit menular menuju penyakit tidak menular. Hal ini tentu perlu melibatkan lintas sektor dalam melakukan deteksi secara dini dan pencegahan Penyakit Tidak Menular (PTM).

BACA JUGA:  Serunya Seminar Nasional Penanggulangan PTM Melalui GERMAS di Era Millenial

Salah satu kegiatan yang digelar Puskesmas Ujung Loe yang bekerja sama pihak swasta yakni Yamaha Motor (PT. Jaya Abadi Prospero) melakukan deteksi dini pemicu terjadinya penyakit tidak menular pada masyarakat.

Senam Bersama Cegah PTM, Puskesmas Ujung Loe Gandeng Yamaha Motor

Dengan adanya kegiatan deteksi dini ini masyarakat mengetahui risiko status kesehatannya sehingga dilakukan langkah-langkah awal sebagai upaya mencegah Penyakit Tidak Menular. Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari dengan 2 lokasi yang berbeda.

Lokasi Pertama berlangsung pada hari Selasa 27 Agustus 2019 yang bertempat di halaman parkir Puskesmas Ujung Loe dan Lokasi Kedua berlangsung pada Rabu 28 Agustus 2019 di Depan Kantor Desa Bijawang.

Selain kegiatan deteksi dini PTM, juga dilakukan senam bersama kepada peserta kegiatan. Peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Hal yang paling menarik dalam kegiatan ini adalah kepedulian pihak swasta terhadap kesehatan yakni mendeteksi risiko penyakit tidak menular yang kadang masyarakat tidak mengetahuinya.

BACA JUGA:  Yuk Intip Serunya Kampanye PTM? Siapa Takut! Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Strategi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular yang dilakukan Puskesmas Ujung Loe dalam mencapai target indikator adalah :

  1. Menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat sehingga dapat terhindar dari faktor risiko.
  2. Meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas melalui penguatan sumber daya , dan standardisasi pelayanan.
  3. Meningkatkan kemitraan dengan lintas program, lintas sektor, dan pemangku kepentingan terkait.
  4. Menyelenggarakan surveilans dengan mengintegrasikan dalam sistem surveilans penyakit tidak menular di Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan masyarakat.
  5. Meningkatkan advokasi kepada Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, dan pemangku kepentingan terkait.

Puskesmas Ujung Loe Gandeng Yamaha Motor Cegah PTM

Kepala Puskesmas Ujung Loe Asrianty, S.Kep sangat mendukung kegiatan yang melibatkan pihak swasta dalam memerangi penyakit tidak menular tersebut. Harapannya kerjasama ini tetap terjalin dengan baik terutama dalam bidang kesehatan masyarakat.

BACA JUGA:  Deteksi Dini Faktor Risiko PTM Warnai Bantaeng Festival Day

Semoga upaya-upaya yang dilakukan Puskesmas Ujung Loe ini akan memudahkan langkah Indonesia mencapai target mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat penyakit tidak menular pada 2025.

Sharing is caring!

(Visited 87 times, 1 visits today)