club hipertensi wong kito
Banyaknya masalah hipertensi pada kalangan dewasa khususnya lansia produktif, menjadi salah satu alasan program Club Hipertensi Wong Kito ini dibentuk.
Spread the love

Palembang – Banyaknya masalah penyakit yang disebabkan oleh hipertensi pada kalangan dewasa khususnya lansia produktif, menjadi salah satu alasan program Club Hipertensi Wong Kito ini dibentuk.

Cita Sehat Palembang bersama Rumah Zakat membentuk Club Lansia Hipertensi Wong Kito di Jln. Fatmajaya lrg. Batu, RT 31, RW 06 Kelurahan 13 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu 2 Palembang pada Sabtu 21 Oktober 2017 lalu.

BACA JUGA:  Mari Cegah Hipertensi Dengan Pola Hidup Sehat dan Aktivitas Fisik

Setelah dilakukan social mapping berdasarkan data kesehatan dari Puskesmas Nagaswidak Palembang serta survey secara berkala ke warga kelurahan 13 Ulu, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui secara mendalam tentang akibat dari tekanan darah yang melewati batas normal ini.

Kegiatan yang dilakukan di rumah ibu Yanti, Ketua Kader Posyandu Balita Cempaka dilakukan pengecakan kembali tekanan darah para lansia oleh Nila S.Kep, Ners, sekaligus sedikit mengedukasi kembali tentang apa itu darah tinggi atau hipertensi.

Setelah dilakukan pengecekan dan sedikit edukasi pembuka, peserta lansia sebanyak 15 orang yang akan dibina rutin ini diberikan pengarahan untuk program kedepan selama 2 bulannya. Mereka diberikan jadwal evaluasi bersama untuk melihat perkembangan kesehatan dan intervensi lanjut.

BACA JUGA:  Senam Prolanis, Lansia Juga Harus Berperilaku Hidup Sehat

“Sabtu depan dan 2 pekan pertemuan selanjutnya akan kita lakukan latihan otot progresif, selain itu juga akan diberikan beberapa intervensi lainnya serta simulasi praktek dalam pembuatan obat tradisional pendukung.” ujar Sugandi, S.KM, selaku Public Health Cita Sehat Palembang.

Harapannya, semoga program ini dapat menjadi solusi bagi warga binaan Jln. Fatmajaya lrg. Batu, RT 31, RW 06 kelurahan 13 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu 2 Palembang, terutama para kader dan lansia untuk saling memberikan motivasi dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

CIta Sehat Palembang Bentuk Club Hipertensi Wong Kito bagi Warga Kelurahan 13 Ulu

Sharing is caring!

(Visited 188 times, 1 visits today)