CTPS dan Kampanye Sikat Gigi Massal di TK PAUD Sekecamatan Lantung
Membudayakan perilaku CTPS dan menjaga kesehatan Gigi dan Mulut di usia dini diperlukan upaya-upaya yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Spread the love

Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan salah satu indikator Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada beberapa tatanan, salah satunya Tatanan Sekolah. Anak usia sekolah merupakan kelompok usia yang rawan terhadap penularan berbagai penyakit seperti diare, Thypoid, Kecacingan dan lain-lain.

BACA JUGA:  Siswa Sekolah Ini Dapat Edukasi Tanggap Bencana Dari Puskesmas Lantung

Kebiasaan anak-anak mengkonsumsi jajanan secara bebas diikuti perilaku anak-anak tidak melakukan cuci tangan pakai sabun sebelum makan akan mengakibatkan berbagai kuman penyakit mudah masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, kampanye sikat gigi massal juga merupakan sebuah upaya meningkatkan semangat kepedulian para siswa terhadap kesehatan gigi dan mulut yang dilakukan sejak dini.

Kampanye Sikat Gigi di TK PAUD se Kecamatan Lantung

Tidak hanya penting bagi gigi dan mulut, menyikat gigi merupakan sebuah langkah penting yang mesti dilakukan guna kesehatan tubuh. Sebab, bakteri – bakteri yang berada di mulut dan gigi, jika tidak dibersihkan secara rutin, maka akan berdampak negatif terhadap kesehatan tubuh.

UPT Puskesmas Kecamatan Lantung, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyelenggarakan program kegiatan:

  • Penyuluhan dan demo CTPS oleh Petugas Promkes, Wardiman SKM yang juga tenaga kesehatan masyarakat Nusantara Sehat, Hani Kurniawati SKM.
  • Kampanye Sikat Gigi Massal oleh Petugas UKGM, Yuyun Fitri Cahyani A.Md.Kg, Farida Triyani A.Md.Kg, Lora Kurnia Citraini Amd.Keb.
BACA JUGA:  Peranan RSKGM dalam Upaya Promosi Kesehatan Gigi dan Mulut di Kota Bandung

Kampanye Sikat Gigi dan CTPS di TK PAUD se Kecamatan Lantung

Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 23 hingga 27 September 2019 di sekolah PAUD Lajendre Desa Padesa, PAUD Lavender Desa Aimual, PAUD Lantung Bulaeng, PAUD Al Ikhsan, TK PGRI Desa Sepukur dan diikuti seluruh siswa.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan Siswa TK/PAUD dapat meningkatkan pemahaman terhadap perilaku hygiene, mengenalkan pemahaman CTPS, menjaga kesehatan Gigi dan Mulut, membentuk Karakter anak yang peduli terhadap perilaku hidup bersih dan sehat sejak usia dini.

Adapun kendala dalam mewujudkan budaya perilaku CTPS di TK/PAUD Sekecamatan Lantung ini adalah masih kurangnya ketersediaan sarana air bersih di beberapa lingkungan sekolah.

Membudayakan perilaku CTPS dan menjaga kesehatan Gigi dan Mulut di usia dini diperlukan upaya-upaya yang berkelanjutan dan berkesinambungan, tentunya memerlukan dukungan semua pihak tidak hanya siswa, guru dan orang tua namun juga seluruh pemangku kebijakan.

BACA JUGA:  Puskesmas Ketapang II Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Gigi & Mulut Siswa

Edukasi Kesehatan Gigi dan CTPS se Kecamatan Lantung

Sharing is caring!

(Visited 82 times, 1 visits today)