Dalam Rangka HKN ke-53, Dinkes Prov Papua Barat Lakukan Kegiatan PKBM di Kais Darat
Dinkes Provinsi Papua Barat mengadakan kegiatan PKBM di Puskesmas Kais Darat, Kab. Sorong Selatan, Kamis 14 Desember 2017.

Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat mengadakan kegiatan Pelayanan Kesehatan Berbasis Masyarakat (PKBM) di Puskesmas Kais Darat, Kab. Sorong Selatan dalam rangka memperingati HKN ke 53, Kamis 14 Desember 2017.

BACA JUGA:  Peringati HKN KE-53, BEM UAD Adakan Bakti Sosial Untuk Masyarakat Gunung Kidul

Yang menjadi sasaran dari kegiatan ini yaitu masyarakat Distrik Kais Darat, Kabupaten Sorsel, dengan jumlah pasien yang diperiksa mencapai 100 orang lebih karena dihadiri oleh 2 desa di sekitar wilayah puskesmas. Kegiatan berlangsung dari pukul 16.00 hingga 22.00 WIT.

PKBM di Puskesmas Kais Darat

Tim PKBM yang diterjunkan dalam keiatan ini yaitu 10 orang dari Dinkes Provinsi, dan 3 orang dari Dinkes Kab. Sorong Selatan. Kegiatan ini diketuai oleh dr. Irianto Ramandey, M.Kes, yang terbagi menjadi beberapa tim kecil dari KIA dan Gizi.

Isi kegiatan PKBM ini adalah pemeriksaan kesehatan oleh dokter. Selain itu, dilakukan juga penyuluhan PHBS oleh Ibu Rita Apalem, SKM selaku pemegang Program KIA Dinkes Prov Papua Barat. Ada juga penimbangan untuk balita, pemberian PMT, dan kuis menarik untuk anak anak oleh tim Gizi.

BACA JUGA:  PMT Kacang Hijau Sudah Terlalu Mainstream! Atasi Gizi Buruk, NS Puskesmas Kais Darat Ajari Kader Olah Bahan Ini!

Yang menarik, selama kegiatan kuis untuk anak anak, mereka dapat menjawab semua pertanyaan tentang kesehatan, mulai dari mengapa harus sarapan pagi, langkah langkah cuci tangan, ASI, mereka dapat menjawab dengan benar. Tim Puskesmas Kais Darat tidak menyangka ternyata materi penyuluhan selama ini masih mereka ingat.

Anak-anak di Pusesmas Kais darat

Kami berharap dengan diadakannya kegiatan seperti akan menambah kepedulian dari masyarakat itu sendiri. Mereka merasa diperhatikan dan tersentuh dengan kedatangan tim dari Dinas Kesehatan. Hal ini juga menambah semangat teman teman puskesmas untuk terus bekerja dengan giat meski berada di pedalaman.

Sharing is caring!

(Visited 203 times, 1 visits today)