Kolak Ketan BEM FK UNDIP, Degenerasi Gaya Hidup Sehat Saat Pandemi
Meskipun pemerintah sudah mengambil berbagai langkah strategis, tetapi dalam hal ini peran mahasiswa juga sangat penting untuk turut aktif dalam menerapkan dan mengajarkan pola hidup yang sehat kepada masyarakat.
Latest posts by KOLAK KETAN BEM FK UNDIP (see all)

Semarang – Telah berlangsung webinar kesehatan yang diselenggarakan oleh Bidang Eksternal Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Webinar ini mengusung tema “Degenerasi Gaya Hidup Saat Pandemi, Mahasiswa UNDIP Bisa Apa?”.

Acara ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 19 September 2020 yang berlangsung pada pukul 09.00 – 12.00 WIB dengan menggunakan media zoom cloud meetings.

Webinar ini dihadiri oleh kurang lebih 180 peserta yang berasal dari berbagai instansi dan berbagai daerah. Webinar ini menghadirkan dr. Dea Amarilisa Adespin, M.Kes sebagai Pembicara Pertama dan Bapak Madya Sulisno S.Kep., M.Kes sebagai Pembicara Kedua.

Selain itu, webinar kali ini menghadirkan dua moderator dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Untuk Moderator Pertama adalah Dzaky Edo Bahauddin dari Kedokteran Umum 2019. Dan Nabila Aurevia dari Farmasi 2019 selaku Moderator Kedua.

Materi dr. Dea Amarilisa

Latar belakang webinar ini yakni dikarenakan laju penularan Covid-19 di Indonesia saat ini makin mengkhawatirkan. Penularan yang masif terjadi karena mobilitas masyarakat yang semakin hari semakin meningkat. Namun, tingginya mobilitas masyarakat tidak diikuti oleh protokol kesehatan yang maksimal.

Kurangnya kesadaran masyarakat akan pencegahan penularan Covid-19 yang baik dan benar menjadi kegelisahan dan kekhawatiran banyak kalangan, karena hal itu dapat meningkatkan bertambahnya jumlah korban/kasus postif Covid-19.

BACA JUGA:  Peringati HKN KE-53, BEM UAD Adakan Bakti Sosial Untuk Masyarakat Gunung Kidul

Meskipun pemerintah sudah mengambil berbagai langkah strategis, tetapi dalam hal ini peran mahasiswa juga sangat penting untuk turut aktif dalam menerapkan dan mengajarkan pola hidup yang sehat kepada masyarakat.

Oleh karena itu, melalui kegiatan Kolaborasi Aksi Kesehatan ini diharapkan para mahasiswa mampu memiliki kesadaran yang tinggi tentang pentingnya peran sebagai agent of change dan social control serta mampu merealisasikannya dengan terjun langsung ke masyarakat unuk memberikan informasi dan edukasi kesehatan.

Webinar ini diawali dengan Materi Pertama oleh dr. Dea Amarilisa Adespin, M.Kes yang menyampaikan tentang COVID-19. Tujuan dari pemaparan materi mengenai COVID-19 adalah agar peserta mengetahui dan memahami informasi penting terkait Covid-19, sehingga menyadari pentingnya melakukan pencegahan dan dapat memberikan pengaruh serta informasi yang benar kepada masyarakat melalui edukasi kesehatan.

Hal yang dapat diambil dari materi yang diberikan oleh pembicara pertama yaitu mengenai COVID-19. COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS CoV2). Penyakit ini ditularkan manusia ke manusia dimana sebagian besar orang yang terinfeksi akan mengalami penykit pernapasan ringan, sedang, dan sembuh tanpa memerlukan perawatan khusus.

Dr. Dea Amarilisa Adespin, M.Kes Materi memaparkan beberapa cara bagi kita untuk menyesuaiakan diri di era “Adaptasi Kebiasaan Baru”, antara lain lebih peduli terhadap kebersihan dengan selalu menggunakan masker untuk menutup mulut dan hidung, rutin mencuci tangan, lebih peduli terhadap kesehatan dengan menjaga kekebalan tubuh melalui olahraga secara teratur serta makan makanan bergizi, membatasi pertemuan secara langsung dengan orang lain, lebih menjaga jarak dengan orang lain saat diluar rumah, dan membatasi keluar rumah.

BACA JUGA:  Meningkatkan Budaya K3 Bersama UPHEC FKM UAD

Materi pertama diakhiri dengan closing steatment dari narasumber dan penyerahan sertifikat secara simbolis oleh moderator pertama.

Materi Madya Sulisno S.Kep., M.Kes

Materi Kedua disampaikan oleh Bapak Madya Sulisno S.Kep., M.Kes dengan membawakan materi mengenai promosi kesehatan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa secara umum.

Tujuan dari pemaparan materi mengenai promosi kesehatan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa secara umum adalah agar peserta mengetahui dan memahami informasi penting terkait promosi kesehatan, sehingga menyadari pentingnya melakukan promosi kesehatan dan dapat memberikan pengaruh serta informasi yang benar kepada masyarakat melalui promosi kesehatan.

Hal yang dapat diambil dari materi yang diberikan oleh pembicara kedua yaitu mengenai Health Promotion. Health promotion adalah pendekatan untuk memodifikasi perilaku seorang individu untuk dapat mengembangkan perilaku hidup sehat dengan keadilan dan kemampuan yang dimilikinya (equity and empowerment).

Kesimpulan yang diberikan oleh  Bapak Madya Sulisno S.Kep., M.Kes adalah mahasiswa memiliki tanggung jawab besar dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya kesehatan. Dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, perlu juga adanya pendekatan lama berupa interaksi dan media-media jadul untuk menyesuaikan dengan masyarakat.

Mahasiswa juga dituntut untuk mengembangkan kreatifitas dirinya dalam memberikan promosi kesehatan. Materi kedua diakhiri dengan closing steatment dari narasumber dan penyerahan sertifikat secara simbolis oleh moderator kedua.

Acara webinar kesehatan pada hari Sabtu, 19 September 2020 diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh panitia dan peserta.

Peserta Webinar Kolak Ketan 2

Penulis:
Okta Dwi Roestanti
Keperawatan 2019
Bidang Eksternal
Badan Eksekutif Mahasiswa
Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro

Sharing is caring!

(Visited 103 times, 1 visits today)