Depok Siapkan 9 Puskesmas Dapat Akreditasi Kemenkes

Sekitar sembilan Puskesmas di Kota Depok diharapkan dapat meraih akreditasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) setelah sebelumnya dua Puskesmas yaitu UPT Puskesmas Cipayung dan Puskesmas Cimanggis.

“Kami memang mempersiapkan sekitar sembilan Puskesmas yang tersebar di 11 kecamatan untuk mendapatkan akreditasi dari Kemenkes RI tahun 2017 ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Noerzamanti Lies, Minggu (16/4/2017).

BACA JUGA:  Benarkah Imunisasi Bisa Sebabkan Kematian?

Dalam memperoleh akreditasi ini membutuhkan proses yang ketat dan ketelitian dalam mempersiapkan segala sesuatu untuk meraih penilaian tersebut sehingga harus secara rutin dilakukan pendampingan agar dapat memperoleh hasil yang memuaskan.

Tahun sebelumnya ada dua Puskesmas yang mendapatkan akreditasi dari Kemenkes RI yaitu UPT Puskesmas Cipayung dan Cimanggis, tuturnya yang berupaya mengajukan sembilan Puskesmas baru agar terus memberikan pelayanan kesehatan yang baik ke masyarakat.

Sembilan Puskesmas tersebut antara lain Puskesmas Beji, Sukmajaya, Pancoran Mas, Sawangan, Bojongsari, Cinere, Limo, Cilodong dan Tapos. Mereka akan didampingi oleh tim khusus dari Dinkes Kota Depok yang terdiri dari tiga orang yang berprofesi sebagai dokter, perawat dan bidan.

BACA JUGA:  Akreditasi Puskesmas 2019? Siapa Takut! Part I: How to Start?

“Tim khusus itu kini tengah dilatih sehingga saat kegiatan pendampingan di Puskesmas sesuai dengan harapan kita semua,” ujarnya.

Menurut dia, kegiatan penilaian untuk memperoleh akreditasi dari Kemenkes RI dilaksanakan setiap tiga tahun sekali terhadap sejumlah Puskesmas yang memang layak mendapatkan penilaian tersebut dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

SUMBER

Sharing is caring!

(Visited 205 times, 1 visits today)