Desa di Tiga Kecamatan Jadi Binaan FKM Universitas Jember untuk TB
FKM Universitas Jember memiliki 3 desa binaan untuk menekan angka penyakit TB, yakni di Kecamatan Kalisat, Kecamatan Balung, dan Kecamatan Pakusari.

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Jember memiliki tiga desa binaan untuk menekan angka penyakit tuberkulosis (TB), yakni di Kecamatan Kalisat, Kecamatan Balung, dan Kecamatan Pakusari.

Hal ini diungkapkan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Jember Irma Prasetyowati, dalam acara Semiloka dengan tema Penguatan Kapasitas Desa Dalam Upaya Pencegahan Dan PenanggulanganTB di Kabupaten Jember, Kamis (30/03/2017).

BACA JUGA:  7th Public Health Competition 2019, Event Lentera FKM UNEJ, Buruan Daftar!

“Di sana kami memberikan penyuluhan agar masyarakat bisa mengenali gejala TB, bagaimana pencegahannya dan bagaimana cara pengobatannya bagi mereka yang positif TB,” kata Irma, sebagaimana dilansir Humas Universitas Jember.

Menurut Irma, minimnya informasi soal TB dan mudahnya penularan membuat penyakit ini lebih sulit dikendalikan penyebarannya. Penyuluhan dan sosialisasi perlu melibatkan semua elemen masyarakat.

Nasyarakat desa cenderung lebih mudah tertular, karena tak bisa membedakan batuk TB dan hanya batuk biasa. “Padahal penularan TB sangat mudah, sering berbicara langsung dengan penderita TB sudah bisa menjadi jalan penularan TB,” kata Irma.

SUMBER

Sharing is caring!

(Visited 204 times, 1 visits today)