Dinas Kesehatan Enrekang Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi Tenaga Kesehatan
Melalui kegiatan ini, peserta diperkenalkan dengan website resmi Dinkes Enrekang dan praktek menulis/rilis berita dan opini terkait informasi kesehatan.
Spread the love

Kegiatan Orientasi Jurnalistik Kesehatan merupakan salah satu Program Kegiatan Dinas Kesehatan khusunya Seksi Promkes & Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan. Kegiatan ini bertujuan tak lain untuk mengembangkan kapasitas SDM Dinas Kesehatan Enrekang dalam kemampuan jurnalistik, seperti membuat tulisan, gagasan opini, serta membuat sebuab berita dan informasi kesehatan yang dapat berguna bagi masyarakat.

BACA JUGA:  Puskesmas Baraka Gelar Pelatihan Pojok Konseling Adiksi Narkoba

Kegiatan yang digelar di Hotel Sabindo ini diikuti oleh 60 peserta, yaitu semua Kepala Puskesmas dan Promkes se Kabupaten Enrekang, semua seksi di lingkup Dinas kesehatan Enrekang.

Peserta Pelatihan Jurnalistik Dinkes Enrekang 2019

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kabid Kesmas Dinas Kesehatan, Ibu Hj. Hadariah, beliau mengungkapkan bahwa “Hoax kesehatan cukup masive dan banyak menyebar di media sosial akhir-akhir ini, tentu untuk menangkal itu semua kita sebagai petugas kesehatan perlu untuk meningkatkan kemampuan menulis dan memberikan informasi yang benar terkait kesehatan kepada masyarakat”.

Sebagai narasumber yakni Hermasyah, Wartawan Harian Pare Post Cabang Enrekang, ia menyebutkan bahwa kemampuan menulis bagi tenaga kesehatan perlu dan penting guna memberikan informasi yang benar terkait pelayanan kesehatan dan juga sebagai hak jawab/hak konfirmasi jika ada berita “miring” terkait problematika kesehatan.

BACA JUGA:  Selamat! Enrekang Dapat Penghargaan Eliminasi Filariasis dari Kemenkes

Pelatihan Jurnalistik Kesehatan

Sejalan dengan itu, yang menjadi point penting dalam kegiatan ini adalah, tantangan Revolusi Industri 4.0 yang mengharuskan penyebaran informasi kesehatan menggunakan konsep internet of things & internet of people, artinya objek kita sekarang mayoritas menggunakan media sosial/smartphone untuk mendapatkan banyak informasi.

Di akhir kegiatan peserta juga diperkenalkan dengan website resmi Dinas Kesehatan Enrekang dan praktek menulis/rilis berita dan opini terkait kegiatan-kegiatan di lingkup Dinas Kesehatan.

Harapannya kegiatan ini bahwa kedepan kemampuan menulis SDM Dinkes meningkat dan publikasi menjadi semakin baik, konsisten menulis adalah kunci untuk kembali mengisi website atau situs Dinas Kesehatan dan Puskesmas.

Sharing is caring!

(Visited 84 times, 1 visits today)