Dinkes Enrekang, Edukasi Covid 19 Harus Terus di Masifkan
Kunci menekan hoax dan menakan angka Covid yang cenderung bertambah adalah memperkuat edukasi adalah bagaimana penguatan literasi Sehat dgn edukasi masif secara kontinu.

Enrekang 9, Juli 2020, Tim Dinas Kesehatan, khususnya Seksi Promosi Kesehatan terus keliling wilayah Kabupaten ditiap kecamatan dalam rangka Audiensi Lintas Sektor Penanggulangan Covid Berbasis Masyarakat, sejak tanggal 7 Juli 2020 hingga 1 minggu kedepan.

Tim Dinkes sudah hadir dibeberapa kecamatan, antara lain Kecamatan Cendana, Anggeraja, Alla, Enrekang dan Curio. Menurut Kasie Promkes Dinas Kesehatan Enrekang Syarah Wahyuni, S.KM, kegiatan audiensi ini bertujuan untuk membangun motivasi gerak bersama pencegahan Covid-19 berbasis masyarakat, membangun jejaring informasi sehat dalam rangka penguatan menjaring untuk menekan hoax dan stigma Covid yang berlebihan. Tentu yang terakhir harapannya adalah bagaimana kehidupan produktif dan aman tetap berjalan maksimal sesuai protokol kesehatan.

BACA JUGA:  Cegah Penyebaran Covid-19, PKIE Universitas Siliwangi Lakukan Serangkaian Aksi di Kota Tasikmalaya
Audiensi Tim Dinkes Enrekang dengan Kecamatan

Dalam kegiatan kunjungan ini Dinkes juga banyak mendapat pelajaran berharga dari beberapa mitra kesehatan antara lain di wilayah Kecamatan Sumbang, juga terkait upaya konsisten dari pemerintah Kecamatan Curio saat audiensi dengan Pemerintah Kecamatan Curio.

Seperti di Kecamatan Curio dalam hal ini Bapak Camat dan Jajarannya masih sangat aktif melaksanakan kegiatan edukasi tentang pencegahan Covid-19. Beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan yaitu:

  • Memasang 5 Pesan Kunci Kesehatan pada lokasi-lokasi strategis tiap-tiap Desa se kecamatan.
  • Pelayanan Publik/ Masyarakat di Kec. Curio sangat ketat terhadap protokol kesehatan, terlihat ada tempat cuci tangan pakai sabun, Hand Sanitezer tersedia di pintu masuk dan setiap yang berkunjung ke Kantor Kecamatan, jika tidak memakai masker diberi masker secara gratis.
  • Masih konsisten menjalankan edukasi keliling bersama Puskesmas dalam rangka kewaspadaan dan penanggulangan Covid, baik di Masjid, tempat umum, dll.
BACA JUGA:  Enrekang Masih Kekurangan SDM Ini, Perda KTR Jadi Tak Maksimal

Yang menarik adalah sistem pelaporan terpadu Tracking dari desa ke Satgas Covid Kecamatan, terorganisasi sangat baik, dimana data tersebut dilaporkan setiap hari dan diinput rutin ke server kecamatan dan terintegrasi dari Desa dengan data Bidan di desa-desa.

Selain berdiskusi kami Dinas Kesehatan tetap memberi support dengan menambah media KIE FOKUS pada eliminasi stigma negatif terkait Covid, yaitu terkait memberi dukungan dan stop stigma terhadap penderita Covid, media spanduk dan banyak poster terkait Protokol Kesehatan.

Di akhir sesi, Tim Dinkes menekankan penguatan arahan Bapak Bupati terkait Surat Edaran Tatanan Kehidupan Produktif & Aman dengan konsistensi berprotokol kesehatan. Kunci menekan hoax dan menakan angka Covid yang cenderung bertambah adalah memperkuat edukasi adalah bagaimana penguatan literasi Sehat dgn edukasi masif secara kontinu.

BACA JUGA:  4 Langkah Ini Bikin Program Puskesmas Kamu Lebih Powerful Bersama Lintas Sektor

Sharing is caring!

(Visited 95 times, 1 visits today)