Dinkes Kab Tasikmalaya Launching Modul Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku untuk Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19
Kegiatan launching Modul Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku untuk Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 ditandai dengan penandatanganan modul serta pemberian media KIE untuk Satgas Covid-19 Kecamatan Manonjaya.

Launching Modul Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku untuk Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19, digelar Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya, Senin 1 Maret 2021, di Aula Kecamatan Manonjaya. Sebelumnya pada hari Rabu 24 Februari 2021 telah dilaksanakan kegiatan Advokasi kepada Camat maupun Kepala Puskesmas Manonjaya sebagai satu rangkaian kegiatan launching Modul Strakom ini.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya beserta Korwil Tasik Barat meliputi 9 Puskesmas yaitu Manonjaya, Cineam, Karangjaya, Gunungtanjung, Sukaraja, Salopa, Jatiwaras, Pancatengah dan Cikatomas. Dan dihadiri oleh Camat, Kepala Puskesmas dan unsur Muspika se-kecamatan Manonjaya.

Kegiatan launching Modul Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku untuk Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 ditandai dengan penandatanganan modul serta pemberian media KIE untuk Satgas Covid-19 Kecamatan Manonjaya.

BACA JUGA:  Pameran Kesehatan Dinas Kesehatan Enrekang, Kenalkan Germas Hingga Imunisasi MR
Penandatanganan Modul Strakom Oleh Camat dan Kapus Manonjaya

“Untuk pencegahan penanggulangan Covid-19 diperlukan penyebaran informasi mengenai Covid-19 dengan menggunakan teknik komunikasi yang baik, yang mudah dipahami oleh masyarakat dan bisa diaplikasikan di masyarakat”, ujar Dadan Hamdani SKM M. Si, selaku Kabid Kesehatan Masyarakat.

dr. Reti Zia Dewi Kurnia, MARS, selaku Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat juga menyampaikan bahwa Modul Strakom ini disusun dengan tujuan agar masyarakat tahu, mau dan mampu dalam merubah perilaku ke arah yang lebih sehat dalam menghadapi Covid ini. Adapun pesan kunci yang disampaikan adalah disesuaikan dengan sasaran dan situasi kondisi dalam komunikasi kesehatan. Baru Korwil Tasik Barat saja yang sudah menyelesaikan penyusunan Modul Strategi Komunikasi ini dan sudah dilaunching serta ditandatangani langsung oleh perwakilan puskesmas, perwakilan kecamatan dan perwakilan tingkat kabupaten.

H. Ijang Budiana Nur, SKM, MKM, selaku Kepala Puskesmas Manonjaya menyampaikan “Selain ceremonial kegiatan launching ini, pihak puskesmas mengapresiasi kinerja Promkes di wilayah Tasik Barat karena telah menyusun suatu modul yang bisa dijadikan panduan dalam menyampaikan informasi kesehatan ke masyarakat”, ujar beliau.

BACA JUGA:  Forum Koordinasi Germas Enrekang, Kunjungi Rumah Warga Edukasi Pencegahan Covid-19
pemberian media KIE untuk Satgas Covid-19 Kecamatan Manonjaya

Perlu diketahui, untuk penyusunan modul dilaksanakan selama 3 bulan, disusun melalui diskusi secara virtual, maupun tatap muka. Draft modul diserahkan kepada Ibu Kasi Promosi dan PM dan dilakukan revisi sebanyak 3x sesuai dengan masukan, ide dan inovasi dari lintas program dan dari penanggungjawab wilayah. Dan ini merupakan pertama kali di tingkat Kabupaten.

Harapannya dengan adanya Modul Strakom ini, tugas tenaga Promkes dalam upaya promotif dan preventif akan lebih terarah, lebih terasah kemampuannya dan bisa mengaplikasikan strategi komunikasi di masyarakat khususnya sasaran dan pesan kunci yang dihadapi oleh Promkes.

(Visited 49 times, 1 visits today)

Sharing is caring!