Dinkes Kota Medan Launching Posbindu PTM Bagi Pelajar di Sekolah
Dinkes Kota Medan melaunching Posbindu PTM bagi pelajar di Madrasah Aliah Negeri 1 Medan, sebagai sekolah binaan Puskesmas Sering.
Spread the love

Dinkes Kota Medan melaunching Posbindu PTM bagi pelajar di Madrasah Aliah Negeri 1 Medan, sebagai sekolah binaan Puskesmas Sering.

Awal mula kami membuat Posbindu di sekolah ini, Madrasah Aliah Negeri 1 Medan, sekitar Juni 2015 lalu. Tapi dikarenakan masih kurangnya dukungan dari pihak sekolah, akhirnya kegiatan tersebut sempat meredup.

BACA JUGA:  Puluhan Petugas Puskesmas Jadi Korban Pungli Akreditasi Puskesmas

November 2015 kami juga sempat mengadakan pelatihan kader Posbindu PTM di masyarakat dan di sekolah, ternyata terlihat semangat dari temen-temen pelajar untuk lebih banyak belajar mengenal PTM. Dipilih sebagai kader yaitu siswa-siswi dari kelas X dan XI.

Untuk memberi semangat pada kader posbindu pelajar, kami dari pihak Puskesmas Sering mengajukan proposal ke kepala sekolah. Setelah disetujui diadakannya komitmen pembentukan Posbindu PTM di sekolah yg beliau pimpin, rutin kami konseling pada siswa yang mempunyai masalah kesehatan.

Dukungan lintas sektor terhadap posbindu sekolah

Dengan adanya Posbindu di sekolah, banyak sekali manfaat yang didapat. Terlebih dengan adanya kader di sekolah, siswa jadi tidak merasa takut untuk bercerita masalah kesehatannya dan setelah terjaring, kami dari Puskesmas yang akan memberikan konseling lebih lanjut.

BACA JUGA:  Pegawai Puskesmas Dilatih Wujudkan Tata Kelola Puskesmas yang Prima

Saat ini kami sedang proses komitmen dengan beberapa sekolah, terkait program Posbindu PTM juga. Harapannya dengan program ini  angka kesakitan dikalangan remaja menjadi turun, terdeteksinya penyakit PTM secara dini, dan para pelajar menjadi perpanjangan tangan (kader kesehatan) petugas kesehatan pada umumnya dan Puskesmas Sering pada khususnya.

Kader posbindu PTM lg foto dengan narasumber dari dinkes kota medan

Sharing is caring!

(Visited 593 times, 1 visits today)