Dinkes Pinrang Lakukan Penguatan Pengurus Pangkalan SBH & Kampanye Pakai Masker

Dinkes Pinrang Lakukan Penguatan Pengurus Pangkalan SBH & Kampanye Pakai Masker

Pinrang – Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Pinrang melaksanakan Pertemuan Pengurus Pangkalan Saka Bakti Husada (SBH) yang berlangsung di Hotel MS, Sabtu (14/11/2020). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pengurus pangkalan SBH Puskesmas, utusan Kwarcab dan Kwarran serta Dewan Saka Bakti Husada Pinrang berjumlah 30 orang peserta.

Hadir sebagai narasumber drg. Burhanuddin,SKG Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan PM Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dan Tim, Baharmani, SP, MP, LSGT dari Kwarcab Pinrang dan Barnabea Keliky, SKM, M.Kes Kasi P2 Dinas Kesehatan Kab. Pinrang.

Penguatan Pengurus Pangkalan SBH Kab Pinrang

Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kab. Pinrang, Hj. Kasmawati, SKM,M.Kes selaku Ketua Pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa output kegiatan ini agar mendorong terbentuknya pangkalan di puskesmas yang dibuktikan dengan keaktifan pangkalan dalam melakukan perekrutan dan pembinaan anggota SBH yang berasal dari Gugus Depan diwilayah kerja masing-masing.

Tim dari Dinkes Provinsi Sul-Sel diwakili oleh Siti Khadijah, SKM, M.Kes selaku narasumber menyampaikan bahwa SBH harus bisa mengambil peran dalam pembangunan kesehatan antara lain Penurunan Stunting dan Germas.

Menurut Ibu Siti Khadijah, anggota SBH harus menjadi contoh dan pelopor hidup sehat bagi generasi muda dan masyarakat sekitarnya, hal ini dapat diwujudkan dengan senantiasa berprilaku sehat mis. tidak merokok, tidak minum minuman keras, menjauhi narkoba dll.

Pembagian Masker oleh SBH Pinrang

Sebelum kegiatan pertemuan dilaksanakan diawali dengan digelarnya Kampanye Memakai Masker, berlokasi di perempatan Jl. Sukawati. Kegiatan yang bertemakan “Jangan Kendor, Disiplin Pakai Masker” diikuti oleh Pinsaka Bakti Husada Pinrang, beberapa petugas Promosi Kesehatan Puskesmas dan anggota Saka Bakti Husada Pinrang. Selain melakukan edukasi memakai masker juga dilakukan pembagian masker terhadap pengguna jalan yang melintas di lokasi tersebut.

“Kami mengharapkan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan 3M, mengunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan,” kata Herman, SKM dari Promosi Kesehatan PKM Lampa dalam orasi kampanyenya .

Dalam aksi tersebut ditemui masih banyak masyarakat pengguna jalan yang tidak memakai masker. Anggota SBH pun mengedukasi kepada masyarakat tersebut tentang pentingnya memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan. (mrpnrg)


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis