Dokter Kecil Sebagai Kader Kesehatan di Sekolah

Kegiatan pelatihan Dokter Kecil sebagai wadah pembinaan anak usia sekolah. Selain itu juga kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dalam 1 tahun rencana kegiatan oleh Puskesmas Kelayan Timur dengan mengunjungi beberapa sekolah dasar yang ada di wilayah kerja Puskesmas Kelayan Timur.

Kegiatan pelatihan dokter kecil ini menjadikan 20 siswa dan siswi sekolah dasar sebagai perwakilan yang nantinya akan dibekali tentang P3K, PHBS (Cuci tangan pakai sabun), menimbang dan mengukur tinggi badan serta mengisi KMS (Kartu Menuju Sehat) dan Jajanan Sehat, kegiatan ini merupakan kegiatan lintas program yang materinya diisi oleh program gizi, kesehatan lingkungan, perawat dan juga kesehatan masyarakat.

Dokter Kecil Puskesmas Kelayan Timur

Pelatihan dokter kecil ini dilaksanakan dalam waktu 1 hari ini, selama kegiatan pelatihan dokter kecil ini siswa/i diberikan materi sekaligus juga diajarkan prakter mulai dari bagaimana melakukan pertolongan pertama pada korban, mengukur dan menimbang berat badan setelah itu hasil dari pengukurannya dimasukkan dalam kartu KMS tujuannya agar siswa/i mampu mengetahui kondisi tubuh mereka apakah masuk dalam kategori kurus, gemuk atau obesitas.

Materi PHBS (Cuci tangan pakai sabun) agar menanamkan rasa peduli terhadap kebersihan kesehatan di mulai dari diri sendiri dengan cara melakukakan Cuci tangan pakai sabun sebelum makan dan selesai beraktivitas atau buang air besar.

Puskesmas Kelayan Timur Beri Pelatihan Dokter Kecil

Siswa/i perlu diberikan pengetahuan tentang jajanan sehat dikarenakan anak – anak sering jajan sembarangan tanpa mengetahui kandungan dari makanan tersebut dan apakah makanan tersebut sehat bagi mareka maka dari itu materi jajanan sehat perlu diberikan kepada siswa/i.

Harapan dari kegiatan pelatihan dokter kecil ini adalah agar siswa/i yang sudah dillatih dapat menjadi virus positif yang selalu menularkan hal – hal yang baik tentang kesehatan dan juga mereka diharapkan menjadi kader – kader kesehatan sebaya yang mengajak siswa/i lain untuk selalu menerapkan pentingnya menjaga kesehatan serta berprilakuk hidup bersih dan sehat (PHBS)

Sharing is caring!

(Visited 59 times, 1 visits today)