Dosen Kesmas STIKes Kuningan Terpilih Jadi Fasilitator Project Financial Life Skill USAID

Sebagai upaya peningkatan kemampuan soft skill mahasiswa dan literasi mahasiswa dalam bidang keuangan, maka USAID menggadeng STIKKU untuk implementasi Program YEP (Youth Win Through Economic Participation).

Sebagai upaya peningkatan kemampuan soft skill mahasiswa dan literasi mahasiswa dalam bidang keuangan, maka USAID menggadeng STIKKU untuk implementasi Program YEP (Youth Win Through Economic Participation) dengan mengadakan pelatihan Financial Life Skill (FLS) bagi mahasiwa yang pada akhirnya mahasiswa akan dimagangkan pada perusahaan tertentu untuk meningkatkan keterampilan dan literasi keuangan.

BACA JUGA:  Kompetensi Ahli Kesmas Pratama Jadi Modal Utama Daya Saing Hadapi Kompetisi Era Disruptif

Untuk dapat melatih mahasiswa maka dilakukan dulu pelatihan kepada fasilitator yaitu TOT (Training of Trainer) dengan mengirimkan 2 orang fasilitator Nissa Noor Annashr, SKM.,MKM dan Fitri Kurniarahim, SKM.,MPHM. ToT ini dilaksanakan selama 7 hari pada tangal 22-28 Juli 2018 di Jakarta.

Ns. Heri Hermansyah, MKM selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni STIKKU menyampaikan bahwa pihaknya sangat berterima kasih kepada pihak USAID lembaga donor dari Luar Negeri ini yang telah memilih STIKKU dari hampir 400-an PTS di Jabar. Sehingga menjadi mitra untuk realisasi program peningkatan kemampuan literasi keuangan pada mahasiswa, sebagai bentuk brideging antara kampus dengan dunia industri atau intitusi penyedia lapangan kerja. Tentu ini akan bermanfaat bagi mahasiswa yang menjadi peserta magang tersebut sebagai latihan bagaimana pada saat di dunia kerja khususnya terkait keterampilan dalam mengelola keuangan.

BACA JUGA:  Bincang Ringan Bersama Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat STIKes Kuningan

Pasca ToT, Tim Fasilitator Ibu Nissa dan Ibu Fitri akan segera melaksanakan pelatihan kepada mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat agar dapat merealisasikannya pada bulan September mendatang.

Selain itu menurut Ketua STIKKU Abdal Rohim, S.Kp.,MH menyampaikan bahwa upaya menjalin kemitraan dengan berbagai lembaga luar negeri memang baru pertama kita lakukan, namun untuk lembaga nasional sudah kita jalin sejak setahun terkahir diantaranya dengan Pengurus Pusat Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU), salah satu bemtuk realisasinya yaitu program Penanggulangan TBC dengan pelibatan Dosen STIKKU sebagai Tim Fasilitator Nasional untuk pelatihan fasilitator Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Sharing is caring!

(Visited 54 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *