Fakultas Farmasi UNPAD Adakan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Puskesmas Krangkeng

Kamis, 27 Agustus 2020, tim PPM Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran melakukan kegiatan pemeriksaan gratis dan penyuluhan kesehatan bersama seluruh karyawan UPTD Puskesmas Krangkeng sebagai salah satu upaya untuk mengendalikan risiko PTM yaitu dengan cek kesehatan dan penyuluhan kesehatan tentang hipertensi, kolestrol, diabetes, asam urat dan kanker.

Penyakit Tidak Menular menjadi penyebab kematian terbesar di dunia, bahkan Indonesia. Pada tahun 1990 persentase penyakit tidak menular di Indonesia adalah sebanyak 37%, dan naik menjadi 58% pada tahun 2010. penyakit tidak menular (PTM) adalah penyakit yang tidak dapat menularkan dari orang ke orang, PTM muncul sebagai penyakit pada individu di sebabkan oleh gaya hidup yg buruk dan faktor keturunan. Beberapa jenis PTM antara lain, hipertensi, kolestrol, diabetes, asam urat, kanker dan beberapa penyakit lainnya .

CERDIK, kependekan dari Cek kesehatan rutin, Enyahkan rokok, Rajin aktifitas fisik, Diet sehat dengan kalori seimbang, Istirahat cukupdan  dan Kelola stres. CERDIK merupakan slogan kesehatan dalam upaya mengendalikan  Penyakit Tidak Menular. Dengan sadarnya masyarakat untuk melakukan CERDIK dapat mengurangi resiko penyakit tidak menular semakin memburuk khususnya pada masyarakat lanjut usia.

Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Puskesmas Krangkeng

Kegiatan ini diselenggarakan di ruang terbuka halaman Puskesmas Krangkeng, dihadiri oleh lintas sektor dan masyarakat wilayah kerja Puskesmas krangkeng. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelayanan berupa pemeriksaan kesehatan gratis dan penyuluhan kesehatan guna memberikan solusi mengenai masalah kesehatan yang dialami. Acara berlangsung selama 3 jam, dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Masyarakat hadir dengan menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan.

Mayarakat sangat antusias dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis dan penyuluhan kesehatan yang diberikan oleh tim PPM fakultas farmasi UNPAD, ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang hadir yaitu lebih dari 80 orang dan peserta yang aktif bertanya pada saat sesi tanya jawab.

Fakultas Farmasi UNPAD Adakan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Harapan dari terselenggaranya kegiatan ini adalah masyarakat sadar dan mampu untuk melakukan pencegahan Penyakit tidak menular salahsatunya adalah dengan mengatur pola makan sehari-hari dan rutin mengecek kesehatannya sehingga tingkat keparahan penyakit dapat di minimalisir.

Sharing is caring!

(Visited 30 times, 1 visits today)