FKM Undip Perkuat Kemitraan dengan Perguruan Tinggi Australia

FKM Undip Perkuat Kemitraan dengan Perguruan Tinggi Australia

Semarang – FKM Undip menerima dosen tamu selama dua hari Selasa-Rabu (24-25/10) guna memperkuat kemitraan dengan perguruan tinggi di Australia.

Kedua perguruan tinggi tersebut diantaranya University of New South Wales Sydney dan University of Technolgy Sydney yang mempresentasikan mengenai School of Public Health dan Faculty of Health kepada mahasiswa S2 dan S3 semua prodi di FKM yang dilaksanakan pada Selasa, 24 Oktober 2017 bertempat di Ruang Sidang Gedung C.

Kunjungan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut dikemas dengan rangkaian perkenalan fakultas pada hari pertama dan kuliah umum pada hari kedua.

Tiga tamu yang datang dari Australia tersebut diantaranya Jerico Pardosi SKM MPH PhD dan Maria Agaliotis BSos Sci BNurs MPH PhD dari UNSW serta Reece Hinchcliff BA (Hon 1) dari UTS.

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Hanifa M Denny SKM MPH PhD menyampaikan apresiasinya terhadap kedatangan tiga tamu Australia tersebut. Beliau berharap kemitraan tersebut akan dilanjutkan pada tahap berikutnya.

“Saya sangat mengapresiasi kedatangan ketiga mitra dari Australia. Kemitraan ini bukan sekedar kolaborasi yang prospektif antara FKM Undip dengan UNSW dan UTS, tetapi mereka juga menyampaikan kuliah umum mengenai systematic review. Saya harap selanjutnya FKM Undip juga dapat melanjutkan kolaborasi ini dengan adanya kerjasama penelitian, pertukaran mahasiswa dan fakultas serta kerjasama dalam pengabdian masyarakat,” tutur Hanifa.

Hanifa melanjutkan selain adanya kerjasama dalam pertukaran mahasiswa FKM dapat berkolaborasi dalam kegiatan kuliah lapangan dan pertukaran dosen.

“Setelah kegiatan ini, yakni presentasi fakultas dari Autralia maupun FKM sendiri yang berjudul  A Brief Profile of Faculty of Public Health of Diponegoro University (24/10)dan kuliah umum mengenai  Writing a good systematic review for publication (25/10), selanjutnya akan dilaksanakan penyusunan rencana tindak lanjut untuk beberapa kegiatan lanjutan seperti perihal mengenai pertukaran mahasiswa, kuliah lapangan secara bergantian di Undip, UNSW dan UTS serta pertukaran dosen untuk saling memberikan program kuliah tamu bagi dosen Undip, UNSW dan UTS,” lanjutnya.

FKM yang menyabet prestasi akademik dalam pengabdian masyarakat di bidang pengembangan kesehatan masyarakat telah memiliki akreditasi A untuk prodi S1 versi BAN BT serta menjadi pelopor perolehan akreditasi AUN bagi prodi S1 Kesmas di Indonesia.

Melalui kerjasama yang telah dicanangkan dan prestasi tersebut diharapkan FKM dapat mengelevasi kompetensi kualitas fakultas melalui berbagai produk prestatif lainnya.

Sumber


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu FKM UI FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyakit Tidak Menular Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis