FKM Universitas Sam Ratulangi Unsrat, Perdossi dan Dinkes Tomohon Sukses Gelar Seminar Kesehatan
FKM Universitas Sam Ratulangi dan Perdossi Manado bersama Dinkes Tomohon, menggelar seminar terkait Penyakit Parkinson di OFG Kota Tomohon, Rabu (03/05).

Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (Perdossi) Manado bersama Dinas Kesehatan Sosial (Dinkes) Tomohon, sukses menggelar seminar terkait Aspek Kesehatan Masyarakat Penyakit Parkinson, yang berlangsung di OFG Kota Tomohon, Rabu (03/05).

Tampak Hadir sebagai pembicara: Prof Dr dr Grace D Kandou, Ketua Perdossi Sulut dr Rizal Tumewah, dr Finny Warouw MKes, dr Nancy Malonda MPH.

BACA JUGA:  Penyuluh Kesehatan Kunci Sukses Tercapainya Program Pembangunan Kesehatan

Sebagaimana diketahui, kegiatan yang berlangsung sukses ini, merupakan wujud dari Dies Natalis ke-8 FKM Unsrat. Seperti dikatakan dr Sekplin Sekeon selaku Ketua Panitia (Ketupat) Pelaksana Semposium sekaligus Ketupat Dies Natalis ke-8 FKM Unsrat, bahwa dipilihnya tempat pelaksanaan seminar di Tomohon karena berdasarkan data epidemiologi bahwa kejadian penyakit degeneratif PTM (Penyakit Tidak Menular) seperti Obesitas, sangat tinggi di Kota Tomohon.

“Kami laksanakan seminar di sini (Tomohon) karena melihat akan kebutuhan masyarakat setempat. Seminar ini pun dilaksnakan dalam rangkaian kegiatan dies ke-8 FKM yang bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (Perdossi) Manado, dan Dinkes Kota Tomohon. ujar Sekeon.

Lanjut dikatakannya, biasanya simposium kedoktefan tentang penyakit kebanyakan hanya membahas secara klinisnya. Tapi, lanjutnya, saat ini dilaksnakan mulai dari sisi Epidemiologi Promotif Preventif Kuratif dan Rehabilitatif.

BACA JUGA:  Ratusan Mahasiswa FKM Univ Sam Ratulangi Jadi Anggota ISMKMI

“Secara terpadu komprehensif membahas tuntas tentang Penyakit Parkinson yang merupakan penyakit degenerasi otak terbanyak kedua setelah penyakit Alzheimer(Demensia/Kepikunan),” tutur Sekeon.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan dan Sosial Kota Tomohon dr Desje Lijuw mengapresiasi atas kegiatan yang dibuat ini. Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat membantu masyarakat Kota Tomohon. “Saya sangat senang dan menyambut dengan gembira dilaksanakan seminar ini di Tomohon,” pungkasnya.

SUMBER

Sharing is caring!

(Visited 250 times, 1 visits today)