Forum Kesehatan Desa, Jadi Gerbang Komunikasi Efektif Puskesmas Dengan Masyarakat

FKD (Forum Kesehatan Desa) yang terbentuk di Kecamatan Pakis Aji merupakan salah satu bentuk kepedulian masyarakat akan kondisi kesehatan masyarakat yang ada di lingkungannya.

FKD bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Fungsi FKD adalah mengembangkan sistem kesehatan desa yang meliputi kegiatan gotong royong masyarakat, upaya kesehatan, pengamatan dan pemantauan kesehatan (surveling), dan perencanaan pembiayan kesehatan, juga sebagai wadah untuk merumuskan dan memecahkan masalah kesehatan di desa.

FKD di Kecamatan Pakis Aji Jepara sendiri juga sudah mampu dan mandiri melaksanakan SMD (Survey Mawas Diri) dan MMD (Musyawarah Masyarakat Desa).

FKD Puskesmas Pakis Aji

Pada tanggal 26 Februari 2019 baru saja selesai dilaksanakannya pertemuan kemitraan FKD Inovatif dan terpadu. Dalam kegiatan tersebut dihadiri MUSPIKA (Musyawarah Pimpinan Kecamatan), Camat Pakis AJi, KaSie Sosial dan KaSie PMD (Pemerintah Desa), dari Kecamatan Pakis Aji, Kepala Desa dari 8 Desa Binaan Puskesmas (Desa Lebak. Desa Mambak, Desa Suwawal Timur, Desa Slagi, Desa Kawak, Desa Tanjung dan Desa Plajan), Ketua FKD, Seketaris FKD, Bendahara FKD, Ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa), serta Bidan Desa.

Sedangkan dari Puskesmas sendiri dihadiri oleh Kepala Puskesmas Pakis AJi dr. Anjar Ernaning Karuniawati, M.M., dr. Diny Noor Khayati, serta 5 Program esensial Puskesmas (PROMKES: Anggit Sastrawati, SKM, Agustina Ziyadatus Sa’adah, SKM), Program P2PTM: Jamal Udin, SKM, Program Gizi: Risa Arisanti, AMG, Program KIA: Martha Sukarti, S.SiT, M.Kes, Program Kesehatan Lingkungan: Setyawan, AMKL, Adni Lestari Ambarwati, SKM).

Puskesmas Pakis Aji, Forum Kesehatan Desa

Kegiatan kali ini antara lain membahas tentang:

  1. Isu dan masalah kesehatan terkini yang disampaikan oleh dr. Diny Noor Khayati.
  2. Inovasi program kesehatan terbaru dari Puskesmas yang disampaikan oleh masing – masing program salah satu diantaranya adalah Kelas SABUSI (Kelas Sayang Ibu Hamil Anemi dan Ibu Menyusui) yang diperuntukkan untuk ibu hamil anemi dan ibu menyusui serta untuk pendampingnya. Program Pembentukan desa SIDORA (Siaga Donor Darah).
  3. Sharing masalah kesehatan yang dihadapi FKD dan Pemerintah Desa.
  4. Sharing program kesehatan serta anggaran kesehatan yang di programkan oleh FKD.

Program Kemitraan FKD ini merupakan salah satu gerbang komunikasi antara Puskesmas dengan masyarakat karena dalam kegiatan ini Puskemas dapat menyampaikan rencana program –program kesehatan kepada para MUSPIKA, Pemerintah Desa, BPD dan TIM FKD masing – masing desa. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah sharing informasi masalah dan program kesehatan serta anggaran kesehatan yang direncanakan oleh FKD masing – masing desa.

FKD merupakan mitra penting Puskesmas dalam menyampaikan segala macam informasi kesehatan dari Puskesmas, karena FKD merupakan ujung tombak kemajuan kesehatan di masing – masing desa. Sehingga tujuan akhirnya diharapkan masyarakat hidup sehat dan mandiri.

Yuk Share Postingan Ini:

Comments

2 responses to “Forum Kesehatan Desa, Jadi Gerbang Komunikasi Efektif Puskesmas Dengan Masyarakat”

  1. terimakasih atas infonya

  2. terima kasih tas informasi tentang kesehatan yang sangat berguna..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Topik Populer


Akreditasi Puskesmas BPJS Kesehatan Dana Desa DBD Dinkes Kab Enrekang Dinkes Kab Indramayu Dinkes Kab Tasikmalaya FKM Unand FKM Undip FKM Unhas Germas Gizi Buruk Hipertensi Imunisasi Imunisasi MR Kader Posyandu Kemenkes Kemenkes RI Kesehatan Lingkungan Kesehatan Masyarakat Kesehatan Remaja Kesehatan Reproduksi Mahasiswa Kesmas Nusantara Sehat PBL Pencerah Nusantara Pengabdian Masyarakat Penyuluhan Kesehatan PHBS Posyandu Posyandu Remaja Prodi Kesehatan Masyarakat Prodi Kesmas Promkes Promosi Kesehatan Puskesmas Puskesmas Krangkeng Seminar Kesehatan Seminar Nasional STBM STIKes Kuningan Stunting TBC Tenaga Kesehatan Tuberkulosis