Forum

Akreditasi Puskesmas Visitasi Ulang, Apa yang Harus Disiapkan?  

  RSS

Prihatin Natalinawati, Amd.Keb
(@natalinawati)
New Member
Joined: 8 months  ago
Posts: 1
26/02/2018 11:15 pm  

Assallamu'alaikum, Saya Lina, PJ UKM di Puskesmas Sumberlawang Sragen. Puskesmas kami sudah melalui penilaian akreditasi di Oktober 2016 dengan status terakreditasi dasar. ☺InsyaAlloh visitasi lagi di tahun 2019. Untuk persiapan itu, apa saja yang harus kami siapkan untuk visitasi ya? Apakah sama dengan yang kita lalui kemarin, atau ke telusur PDCA? Terimakasih..


ReplyQuote
Gede Krisna Udiana, SKM
(@krisna)
Active Member
Joined: 8 months  ago
Posts: 17
26/02/2018 11:34 pm  

Selamat Siang Lina,

Terimakasih untuk pertanyaannya, bli coba jawab yah..

Selama proses survey akreditasi dijalankan, bli berasumsi bahwa seluruh staf di Puskesmas Sumberlawang terlibat tanpa terkecuali. Untuk itu bli yakin semua staf sudah terpapar proses perbaikan manajemen seperti apa yang diharapkan melalui kegiatan akreditasi, sesuai arahan dari Tim Surveyor yang hadir.

Dari kegiatan tersebut dapat kita simpulkan bahwa tidak satupun perbaikan tata kelola Puskesmas yang disarankan dalam akreditasi bersifat “Pekerjaan Tambahan”.  Persepsi ini yang harus dijaga oleh seluruh staf di Puskesmas, dengan kepemimpinan yang baik dari setiap pihak (bukan hanya Kepala Puskesmas saja), Puskesmas sejatinya merencanakan perbaikan strategis dari koreksi dan binaan yang diberikan oleh Tim Surveyor di masing-masing Pokja.

Kepala Puskesmas wajib mengkordinir masing-masing Penanggug Jawab (Admen/Ka.TU, PJ UKM Esensial, PJ UK Pengembangan, PJ UKP, PJ Jejaring dan Jaringan, PJ Mutu dan Keselaatan Pasien) untuk membuat daftar masukan dan rencana tindak lanjut yang diperoleh pada saat survey, berikut detail tenggat waktu yang disepakati untuk menyelesaikannya.

Harus ada kesepakatan terkait tehnik komunikasi dan kordinasi linprog linsek terkait membangun pemahaman baru untuk menunjang jalannya sistem manajemen yang baru melalui berbagai media komunikasi dan koordinasi yang diselenggarakan secara rutin, baik onsite maupun online.

Lakukan evaluasi berkala terkait pelaksanaan perbaikan strategis itu, apakah sudah berjalan sesuai rencana, apakah efektfif, dan tindak lanjuti hasil evaluasi tersebut dengan memperhatikan key factors yang terkait dalam prosesnya.

Ingat yang harus kita tekankan adalah perbaikan sistem manajemen, berbicara masalah komponen sistem, tidak bisa kita lihat dari 1 faktor saja (ingat 6M Management Factors). Selalu tekankan No Blaming Culture dalam proses ini.

Jadi, secara ringkas bisa bli simpulkan, yang harus dilakukan adalah: Susun PPS (Perencanaan Perbaikan Strategis, Lakukan, Evaluasi, Susun RTL-nya* untuk mencapai perbaikan yang diharapkan).

Secara umum bisa bli sampaikan seperti itu, silahkan bli buka kesempatan untuk mendalami lagi jika dirasa belum jelas.

*Siklus PDCA


ReplyQuote
Share:
(Visited 12,349 times, 7 visits today)
  
Working

Please Login or Register