Forum

Teman-teman Lebih Suka Copy SK dan SOP, Gimana Cara Ajak Mereka Biar Mau Paham Akreditasi?  

  RSS

Retno Andari D
(@retno)
New Member
Joined:6 months  ago
Posts: 1
27/02/2018 12:05 am  

Kami sudah melewati penilaian akreditasi. Kami ingin mengajak Puskesmas lain yang akan akreditasi tahun ini untuk memahami akreditasi kok sulit sekali ya? Teman-teman lebih suka copy SK dan SOP terus. Bagaimana cara kami bisa mengajak mereka untuk memahami akreditasi puskesmas ini?


ReplyQuote
PN Sumbawa Barat
(@pnsumbawabarat)
New Member
Joined:6 months  ago
Posts: 3
27/02/2018 9:35 am  
  1. Persamaan persepsi bahwa akreditasi ialah proses perbaikan dan pelaksanaan akreditasi ialah untuk seluruh staff Puskesmas, semua berperan penting didalamnya
  2. Terus menerus saling mengingatkan bahwa Jika kita copas belum tentu sumber kondisinya sama dengan kita. Dan dikhawatirkan nanti petugas PKM tidak mampu menjawab dengan sempurna karena tidak biasa melakukan hal tersebut sehingga ujung-ujungnya pemahaman SOP bersifat hapalan. Jika Sperti ini dikhawatirkan surveyor tahu bahwa semua SOP Copaste dan sangat berpengaruh pada penilaian
  3. SOP juga akan berkaitan erat dengan SK. Biasanya kalau di referensi dicantumkan SK a,b,c pedoman a,b,c maka SK atau pedoman tsb juga akan ditanyakan. Bahkan diminta menunjukkan dibagian mananya yang dimaksud dalam SOP
  4. Salah satu dari kami juga merupakan pendamping akreditasi Kabupaten dan berperan dalam memotivasi puskesmas lain dengan mengingatkan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya akreditasi

ReplyQuote
Gede Krisna Udiana, SKM
(@krisna)
Active Member
Joined:6 months  ago
Posts: 17
27/02/2018 11:22 am  

Bli tambahkan juga, seperti yang bli share barusan di pertanyaan member lainnya, format RWODS memungkinkan surveyor menguji apakah dokumen yang teridentifikasi pada saat survey dilakukan memang benar-benar adalah regulasi dan bukti pelaksanaan kegiatan pelayanan di puskesmas melalui wawancara staf terkait, simulasi kegiatan dan observasi keselarasan bukti implementasi dari regulasi yang dicetak tersebut.

Sangat besar kemungkinan pada saat dokumen yang ditunjukkan pada saat telusur dokumen hari pertama adalah hasil CoPas, maka pemahaman staf tidak akan menunjang/membuktikan keutuhan sistem ternilai.

Jjadi tipsnya, galang komitmen dengan berbagai tehnik semisal outbond, dinamika kelompok, penting juga untuk kapus menerapkan kebijakan sistem reward and punishment terkait capaian kinerja staf puskesmas dalam proses persiapan akreditasi (perbaikan manajemen pusk melalui proses persiapan akreditasi).

Perbanyak sharing berita ttg kasus yang akan "menggerakkan" staf dalam memperbaiki sistem pelayanan.. kasus-kasus terkait keselamatan pasien dan keluhan sasaran kegiatan pastinya sangat banyak jika ditelusuri lebih lanjut, dimana semakin tinggi harapan dan intelektualitas sasaran, maka tingkat kekritisan terkait kualitas kegiatan akan semakin tinggi.

Download File RWODS disini


ReplyQuote
Laila Khifdiyah Dwi Yuniar
(@laila)
New Member
Joined:6 months  ago
Posts: 2
27/02/2018 1:07 pm  

Bagaimana bentuk monitoring kegiatan UKM itu sendiri bli? Terkait di Puskesmas masih jarang melakukan monitoring kegiatan dan capaian itu sendiri. Mungkin ada tips dan format selain Jadwal RPK semua kegiatan.

Apakah membuat buku bantu atau seperti apa? Dan bagaimana yang harus dilakukan pemegang program lain menyerahkan laporan hasil kegiatan masing-masing untuk dievalusi apa bagaimana? Terima kasih


ReplyQuote
Gede Krisna Udiana, SKM
(@krisna)
Active Member
Joined:6 months  ago
Posts: 17
27/02/2018 2:54 pm  

Untuk Monev kegiatan UKM sesuai instrumen mewajibkan kita untuk memfokuskan pada aspek ketepatan kegiatan, sasaran kegiatan, jadwal kegiatan, metode pelaksanaan kegiatan, kesesuaian hasil/ capaian dengan target yang ditetapkan dan peranan linsek terkait. Untuk membuktikan proses itu, masing-masing pelaksana kegiatan program bisa menyusun form pencatatan hasil pelaksanaan kegiatan yang mencantumkan detail informasi spesifik terkait pelaksanaan kegiatan dengan memperhatikan aspek-aspek yang ada.

Tidak sedikit panduan-panduan pelaksaaan program di Puskesmas yang diterbitkan oleh KemKes sudah dilengkapi dengan format monev tersebut, tinggal disadur dari sana sesuai dengan format kegiatan yang ditetapkan dalam KAK di Puskesmas.

Berikutnya untuk keseluruhan proses, baik Kapus dan PJ UKM juga bisa melakukan monev dengan memperhatikan hal yang sama (enerapan prinsip audit internal juga bisa dilakukan disini).

Contoh Form, Silahkan Download:

Untuk Laila, sesuai format Kegiatan P3 dalam Manajemen Puskesmas, seluruh komponen dalam struktur organisasi Puskesmas harus dilibatkan dalam monev dan pengendalian kegiatan. Mulai dari penyusunan kebijakan terkait "bagaimana monev dilakukan" "siapa yang melakukan kepada siapa" "kapan dilakukan" dicatat dengan cara apa" atau menggunakan pendekatan "input-proses-output" sesuai yang dibahas dalam PMK no.44 tentang Manajemen Puskesmas


ReplyQuote
Laila Khifdiyah Dwi Yuniar
(@laila)
New Member
Joined:6 months  ago
Posts: 2
27/02/2018 3:02 pm  

Berarti ini Puskesmas harus membuat kebijakan internal terkait monev ini ya Bli?


ReplyQuote
Share:
(Visited 7,939 times, 24 visits today)
  
Working

Please Login or Register