Forum

Peran Lintas Sektor Dalam Pembentukan Posyandu Remaja  

  RSS

phraz_tieo
(@phraz_tieo)
New Member
Joined:3 months  ago
Posts: 2
06/05/2018 9:46 am  

Bagaimana peran lintas sektor dalam pembentukan Posyandu Remaja ini? Mohon penjelasan lebih detail agar memudahkan dalam aplikasi dilapangan trimakasih.


ReplyQuote
Ilham Rusting
(@ilhamrusting)
Active Member
Joined:3 months  ago
Posts: 7
06/05/2018 9:49 am  

Dalam melaksanakan kegiatan Posyandu Remaja, sebenarnya tidak hanya peran lintas sektor, namun peran Lintas Program juga menjadi kunci utama keberhasilan program tersebut.

Berikut saya jabarkan pihak-pihak yang dilibatkan dalam kegiatan Posyandu Remaja.

Sebelumnya saya jelaskan bahwa Posyandu remaja  merupakan salah satu wadah yang dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan pada remaja di wilayah kerja Puskesmas Entikong.

Agar program “Posyandu Remaja” dapat terlaksana dengan efktif, ini dibutuhkan kerjasama Lintas Sektoral dan Lintas Program. Kerjasama ini mencakup:

  1. Tenaga kesehatan khususnya Pemegang Program Upaya Kesehatan Sekolah sebagai penanggung jawab kegiatan UKS yang dapat mendukung pengembangan kegiatan UKS di sekolah.
  2. Tim Posyandu Remaja lainnya yang terdiri dari Dokter, Paramedis (Bidan dan Perawat), Petugas Penyuluhan, Petugas Gizi, dll. Mereka bertugas membantu dalam menjalankan konsep pembinaan pada remaja.
  3. Dinas Pendidikan diharapkan dapat mengadvokasi pihak sekolah untul mendukung pelaksanaan kegiatan Posyandu Remaja di sekolah.
  4. Sekolah diharapkan dapat mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan di sekolah.
  5. Kader Posyandu Remaja bertugas sebagai pelaksana dan pengelola kegiatan Posyandu Remaja dan sekaligus sebagai perpanjangan tangan pihak Puskesmas dalam menemukan masalah-masalah kesehatan pada remaja lain.

saya rasa demikian penjelasannya Pak, terima kasih


ReplyQuote
phraz_tieo
(@phraz_tieo)
New Member
Joined:3 months  ago
Posts: 2
06/05/2018 9:53 am  

Karena Posyandu Remaja merupakan program inovasi dan baru, jadi Puskesmas selaku leading sektor perlu mmberikan penjelasan peran masing-masing, Lintas Program dan Lintas Sektor. Terimakasih banyak Pak Ilham


ReplyQuote
Share:
(Visited 7,939 times, 24 visits today)
  
Working

Please Login or Register