Forum

Posyandu Remaja boleh dilakukan di Sekolah?  

  RSS

edipoenya_serly
(@edipoenya_serly)
New Member
Joined: 7 months ago
Posts: 1
06/05/2018 4:48 pm  

Mohon diberikan penjelasan, apakah Posyandu Remaja boleh dilakukan di Sekolah? Sedangkan Posrem berbasis masyarakat? Jika tidak boleh bagaimana cara mengumpulkan remaja-remaja untuk diikutkan di Posyandu Remaja sedangkan mereka Fullday di sekolah.


ReplyQuote
Siti Khumaidah, SKM
(@idakhumaidah)
Active Member
Joined: 1 year ago
Posts: 12
06/05/2018 4:50 pm  

Posyandu Remaja adalah wadah dan model kegiatan pelayanan kesehatan dan pemberdayaan remaja. Apakah boleh disekolah? Sangat boleh.

Hanya saja, Juknis yang dibuat oleh Kemenkes adalah Posrem yang berbasis masyarakat. Harapannya yang di sekolah sudah bisa di handle oleh UKS. Akan tetapi dalam pelaksanaannya UKS sangat boleh menggunakan model Posrem ini dalam menjalankan perannya.

Posyandu remaja ini dibuat untuk memberikan pelayanan kesehatan remaja secara menyeluruh kepada setiap remaja tanpa diskriminasi tanpa kritesia eksklusi, dan kita sadar bahwa remaja 10-18 tahun yang putus sekolah, jumlahnya sangat banyak di negeri kita ini (bisa lihat slide hal 2 yang saya share) Posrem hadir untuk menjadi sambung tangan pemerintah dalam hal pemerataan pelayanan kesehatan di Masyarakat.

Dan perlu di garis bawahi adalah, Posrem adalah model kegiatan, boleh namanya ganti karena nggak suka dengan nama Posyandu Remaja jadi namanya Cafetaria Remaja, atau yang lain, tapi modelnya dan langkahnya sama, itu sangat boleh.

Dan harapannya model Posrem di masyarakat bukan lagi milik Puskesmas saja tetapi milik masyarakat karena merupakan UKBM. Dan harapannya Model posyandu remaja ini bisa di aplikasikan diseluruh plosok tanah air.


ReplyQuote
Share:
(Visited 17,817 times, 71 visits today)
  
Working

Please Login or Register