Gerakan Gigi Sehat Tanpa Lubang Dimulai Sejak Dini
Edy Prasetiyo

Kegiatan pengabdian masyarakat mahasiswa STIKIM tentang edukasi dini mengenai kebiasaan menyikat gigi yang baik dan benar dengan metode yang menarik dilaksanakan di Raudhatul Athfal Masirotul Awliya Cipayung Depok pada Senin, 2 Maret 2020 dari pukul 09.00 s.d 11.00 WIB.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh 5 Mahasiswa STIKIM dalam rangka praktek mata kuliah Fasilitasi Kesehatan, dengan Ketua Pelaksana, Edy Prasetiyo.

Noura Putri bertugas menggali pengetahuan anak – anak terkait sikat gigi dan memandu games/permainan seputar cara membersihkan gigi dan memilih makanan yang baik untuk kesehatan gigi.

Yunita bertugas memandu jalannya acara dan membantu kegiatan games sedangkan Sri Ulan dan Silvi bertugas untuk memandu anak – anak menyanyikan lagu tentang sikat gigi.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 24 anak – anak, dan juga dibantu oleh para guru Raudhatul Athfal Masirotul Awliya.

Raudhatul Athfal Masirotul Awliya Cipayung Depok

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh pemandu acara kemudian sambutan dari perwakilan Guru dan dilanjutkan sambutan dari ketua pelaksanan sekaligus mewakili Dosen mata kuliah Fasilitasi Kesehatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju (STIKIM) Jakarta.

Acara dilanjutkan dengan menggali pengetahuan anak – anak tentang sikat gigi, kemudian penyampaian materi terkait sikat gigi yang baik dan benar serta pemilihan makanan yang sehat untuk gigi.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan menyanyi bersama lagu tentang mari menyikat gigi yang dibuat oleh mahasiswi. Games dilaksanakan dengan cara anak – anak dibagi menjadi 4 kelompok dan kemudian dibantu oleh para mahasiswi dan guru untuk beradu cepat membersihkan kuman di gigi buatan yang telah disiapkan serta beradu cepat memilih dan menempel makanan yang baik dan tidak baik untuk gigi.

Ada hal menarik saat anak – anak mengikuti games/permainan, mereka begitu antusias untuk mencoba membersihkan gigi buatan yang ditempel dengan playdough yang dianggap sebagai kuman yang ada di gigi. Begitu semangatnya sampai ada yang membersihkannya dengan jari langsung bukannya menggunakan sikat gigi yang sudah disediakan.

Kegiatan ini dilakukan di Raudhatul Athfal Masirotul Awliya Cipayung Depok karena saat observasi lapangan atau kunjungan ke tempat tersebut beberapa guru juga sependapat dengan hasil temuan para mahasiswa/i yang masih melihat beberapa anak pernah mengalami sakit gigi dan memiliki kondisi gigi yang berlubang akibat belum rutinnya dalam melakukan sikat gigi setiap hari.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu mengubah kebiasaan mengenai cara menyikat gigi dan rutin menyikat gigi 2 kali sehari, serta mereka memilih makanan – makanan atau jajanan yang baik untuk kesehatan gigi mereka serta merawat dengan baik kondisi gigi mereka dimulai sejak dini. Diharapkan juga para guru selalu mengingatkan kembali terkait pentingnya menyikat gigi bagi anak – anak.

pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa stikim

Sharing is caring!

(Visited 54 times, 1 visits today)