GERMAS, Puskesmas Sanur Ajak Masyarakat Makan Buah & Sayur di Posbindu
Kegiatan makan buah di pelayanan Posbindu PTM adalah sarana promosi kesehatan agar masyarakat makan buah dan sayur setiap hari.

Gerakan masyarakat sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistimatis dan terencana yang dilakukan secara bersama- sama oleh seluruh komponen masyarakat dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Pelaksanaan Germas dimulai dari diri kita sendiri, keluarga dan masyarakat umum tentunya untuk mencapai hidup yang sehat tanpa faktor resiko penyakit tidak menular seperti hipertensi, jantung, diabetes melitus dan lainnya.

BACA JUGA:  Puskesmas Kalibening Sosialisasikan KTR Didukung Lintas Sektoral

GERMAS dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit/ hari, komsumsi buah dan sayur setiap hari, tidak merokok, tidak minum alkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur.

Germas Puskesmas Sanur

Puskesmas Sanur selalu melakukan edukasi kepada masyarakat Kecamatan Tulin Onsoi tentang hal tersebut diatas dan diimplementasikan ke masyarakat, salah satunya pelayanan Posbindu PTM (bagian GERMAS) setiap sebulan sekali di desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Sanur.

Selain itu yang kami terapkan di pelayanan Posbindu PTM adalah makan buah dan sayur berkat kerja sama dari pihak Pemerintah Desa yang selalu mendukung kegiatan Puskesmas Sanur dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat agar tercapai derajat kesehatan masyarakat yang sehat, baik dukungan secara moral maupun dukungan secara pendanaan pemerintah desa selalu mendukung.

BACA JUGA:  UKM SAFE BEM KM FKM Unand Ajak Masyarakat Nanggalo Steba Hidup Sehat
Makan Buah Bersama Posbindu Puskesmas Sanur

Seperti yang tampak pada kegiatan Posbindu kali ini, Rabu 23 Oktober 2019 Puskesmas Sanur melakukan pelayanan Posbindu PTM di Desa Tinampak 2.

Selain pemeriksaan kesehatan kader Posbindu menyiapkan buah-buahan untuk masyarakat yang datang melakukan pemeriksaan kesehatan PTM yang dianggarkan setiap bulan oleh desa.

Kegiatan makan buah di pelayanan Posbindu PTM adalah sarana promosi kesehatan agar masyarakat makan buah dan sayur setiap hari. Makan buah dan sayur setiap bulan di pelanayanan Posbindu PTM sudah di laksanakan 4 Posbindu dari 12 Posbindu PTM yang ada di wilayah kerja Puskesmas Sanur yaitu posbindu PTM Desa Sanur, Posbindu Desa Makmur, Posbindu Desa Kalunsayan, Posbindu Tinampak 2.

BACA JUGA:  Ini 14 Point Kesepakatan FORUM Koordinasi GERMAS¬†di Enrekang Sulsel

Harapannya kedepan semua Posbindu yang ada di wilayah kerja Puskesmas bisa menerapkan hal yang sama. Dan jumlah kunjungan semangkin bertambah agar jumlah sasaran tercapai dan penderita hipertensi dan diabetes mendapat pelayanan sesuai dengan standar.

Posbindu Puskesmas Sanur

AYO DUKUNG GERMAS
BUDAYAKAN HIDUP CERDIK
CEGAH PTM SEJAK DINI
BERSAMA PUSKESMAS SANUR

Sharing is caring!

(Visited 55 times, 1 visits today)